Turis Asing di Tiongkok Akan Diizinkan Gunakan Yuan Digital

Turis Asing di Tiongkok Akan Diizinkan Gunakan Yuan Digital

Turis Asing di Tiongkok Akan Diizinkan Gunakan Yuan Digital – Yuan digital adalah cara efektif bagi bank sentral di China untuk mendigitalkan uang kertas dan koin yang umumnya beredar dan dijadikan alat transaksi konvensional. Hal ini dilatarbelakangi oleh perkembangan pasar China yang memang sudah sangat maju dalam rutinitas pembayaran non tunai.

Yuan digital akan menjadi cara untuk mempercepat proses itu secara menyeluruh. Pemerintah Tiongkok terus membuat kemajuan dalam sektor keuangan negara. Dalam sebuah makalah yang diterbitkan pada Jumat (16/7/2021), bank sentral negara itu People’s Bank of China (PBoC) mengatakan akan memungkinkan turis asing yang berkunjung untuk menggunakan yuan digital yang dikembangkan pemerintah tanpa rekening bank lokal.

Hal ini merupakan kabar baik bagi para wisatawan mengingat hal itu akan memudahkan mereka dalam bertransaksi di idn poker mobile Tiongkok, di mana pembayaran seluler telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Di sisi lain, para pedagang kini lebih memilih untuk tidak menerima uang tunai, dan penggunaan kartu kredit di Tiongkok juga tidak memiliki aturan yang sama seperti di negara lain.

1. Wartawan asing sudah bisa menggunakan yuan digital
Tiongkok Bakal Izinkan Turis Asing Gunakan Yuan Digital

Meski merupakan kemajuan yang besar, belum jelas kapan fitur yuan digital tanpa bank akan tersedia.

Namun, CNBC melaporkan bahwa seorang reporter asing sudah dapat mengakses yuan digital melalui rekening bank domestiknya.

2. Upaya PBoC kembangkan yuan digital

Mau Ada Uji Coba Yuan Digital Tahap 3, Kali Ini Siapa Ya Sasarannya? |  Republika Online

People’s Bank of China telah bekerja mengembangkan versi digital yuan, yang dikenal sebagai e-CNY, sejak 2014.

Pada Jumat, PBoC merilis sebuah makalah dalam bahasa Inggris dan Tiongkok, tentang kemajuan penelitian itu.

“Penduduk asing yang bepergian sementara di China dapat membuka dompet e-CNY untuk memenuhi kebutuhan pembayaran harian tanpa membuka rekening bank domestik,” kata laporan itu.

3. Jaminan keamanan data

Yuan Digital Akan Diujicoba Lagi di Hong Kong —

PBoC mengklaim sistem e-CNY mengumpulkan lebih sedikit informasi transaksi daripada pembayaran elektronik tradisional. Bank juga mengatakan bahwa secara internal, PBoC menyimpan informasi yang terkait dengan yuan digital terpisah dari departemen lain.

Menurut laporan itu, per akhir Juni, setelah sekitar satu tahun pengujian e-CNY di seluruh negeri, lebih dari 20,87 juta dompet pribadi dan lebih dari 3,51 juta dompet perusahaan telah dibuka. Di mana nilai transaksinya mencapai sekitar 34,5 miliar yuan (5,39 miliar dolar Amerika Serikat).

Sebelumnya orang asing umumnya tidak dapat berpartisipasi dalam penggunaan yuan digital atau tes lainnya yang diselenggarakan oleh negara karena dibatasi hanya pada penduduk asli Tiongkok daratan, Hong Kong atau Makau.

Fan Yifei, Wakil Gubernur Bank Rakyat China (PBOC), mengatakan tahun lalu bahwa ada “kebutuhan mendesak untuk mendigitalkan uang tunai dan koin, karena produksi dan penyimpanannya saat ini memiliki biaya yang tinggi.

Dalam sebuah artikel yang dipublikasi Yicai Global, Fan mengatakan uang tunai dan koin tidak mudah digunakan, mudah dipalsukan, dan karena anonimitasnya, dapat digunakan untuk tujuan terlarang.

Sementara Bank Rakyat China melihat sejumlah manfaat dari yuan digital. Fan menguraikan bagaimana yuan digital dapat membuat pembayaran lebih efisien dan meningkatkan transmisi kebijakan moneter.