Tempat Wisata di The Bund Shanghai

Tempat Wisata di The Bund Shanghai – The Bund Shanghai merupakan suatu kawasan perairan atau dermaga yang sangat terkenal sepanjang Sungai Huangpu, di pusat Kota Shanghai. Tempat ini selalu ramai pengunjung, baik lokal maupun turis asing. Hanya dengan jalan-jalan di The Bund, anda akan menikmati indahnya Sungai Huangpu beserta deretan bangunan tinggi.

Tempat Wisata di The Bund Shanghai

Di seberang Sungai Huangpu, terdapat beberapa landmark Shanghai seperti Menara Shanghai, Shanghai World Finacial Center, Menara TV Oriental Pearl atau yang biasa disebut Oriental Pearl Tower dan Menara Jinmao, yang merupakan salah satu bangunan paling terkenal di China.

Shanghai Oriental Pearl Tower atau Oriental Pearl Radio TV Tower merupakan tempat wisata di Shanghai berupa menara penyiaran dengan ketinggian 468 meter. Oriental Pearl Tower merupakan gedung tertinggi ke-3 di Tiongkok yang sebelumnya menyandang predikat sebagai gedung tertinggi pertama di tahun 2008.

Sejak 1943, Bund juga dikenal sebagai Jalan Zhong Shan Dong Yi. Panjang totalnya sekitar 1,5 km. The Bund dimulai ke selatan dari Yan’an East Road, utara ke White Bridge di Sungai Suzhou, timur menghadap Sungai Huangpu, barat memiliki 52 bangunan kebangkitan klasik yang berbeda dalam gaya Gotik, Romanesque, Baroque, China dan barat yang merupakan pusat keuangan Shanghai lama dan zona konsentrasi agen perdagangan luar negeri.

Sejarah The Bund Shanghai

Setelah 1840, sebagai salah satu dari lima pelabuhan perjanjian, Shanghai, dibuka untuk umum. Pada tahun 1845, penjajah Inggris merebut Bund dan mendirikan konsesi Inggris. Pada tahun 1849, penjajah Prancis juga merebut Bund dan mendirikan Konsesi Prancis. Hingga awal 1940-an, Bund telah ditempati oleh konsesi Inggris dan Konsesi Prancis, dan dikenal sebagai “Bund Konsesi Inggris” dan “Bund Prancis”.

Kekuatan barat mengoperasikan, mengelola dan membangun konsesi dengan cara mereka, oleh karena itu, Bund menjadi tempat paling awal dibangun dan paling ramai di konsesi tersebut. Bund awal adalah pusat perdagangan luar negeri, di sini, ada perusahaan asing dan perdagangan yang makmur. Dari akhir abad ke-19, banyak bank asing dan China didirikan di Bund, di sini menjadi “Jalan Keuangan” Shanghai, tetapi juga dikenal sebagai “Jalan Dinding Oriental”.

Selain deretan gedung tinggi dan panorama Kota Shanghai, terdapat pula beberapa patung di sepanjang The Bund. Salah satunya adalah patung Banteng Emas (The Bund Financial Bull) yang sekilas, hampir sama dengan Charging Bull di Wall Street, AS. Ada pula patung besar Chen Yi, Walikota pertama Shanghai yang seorang komunis.

Pemandangan jalan-jalan yang dibentuk oleh permukaan sungai, pantai yang panjang, jalur hijau dan bangunan-bangunan indah merupakan pemandangan yang paling khas. Di pagi hari, Bund adalah tempat berolahraga. Pada siang hari, ini merupakan objek wisata yang ramai. Di malam hari, ini adalah dunia untuk para pecinta. Kapanpun malam tiba, gedung-gedung yang dibanjiri cahaya di Bund, seperti Crystal Palace, membuat takjub pengunjung lokal maupun mancanegara.

Apabila anda berkunjung ke Kota Shanghai, The Bund merupakan destinasi Wisata Wajib yang harus anda datangi di malam hari. Pada pukul 22.00 waktu setempat, lampu Oriental Pearl Tower akan dipadamkan sehingga kilau cahayanya tak bisa diabadikan dalam kamera.