Tempat Wisata di Longhua Temple Shanghai

Longhua Temple adalah sebuah kuil yang pertama kali di bangun pada 242 M di kala pemerintahan Zaman The Three Kingdom. Hampir sebagian besar dari Arsitektur bangunan komplek Longhua Temple masih seperti masa pemerintahan Kaisar Tongzhi dan Kaisar Guangxu pada Dinasti Qing.

Longhua Temple merupakan kuil terluas di Shanghai dengan luas 5 hektar yang disetiap bangunannya seluas 5.000 m². Pada lintasan Sepanjang 194 meter pengunjung dapat menjumpai Maitreya Hall, Devajara Hall, Four Heavenly Kings Hall, Three Sages Hall, Abbot’s Hall dan Sutras Keeping Hall.

Didalam Longhua Temple juga banyak terdapat lonceng. Anda akan di sambut oleh suara merdu dari lonceng yang tertium angin saat mengunjungi destinasi Wisata di Shanghai ini.

  • Jam Buka Tutup The Lingshan Grand Buddha 07.00 – 16.30.
  • Harga Tiket The Lingshan Grand Buddha 10 CNY.

Tempat Wisata di Longhua Temple Shanghai

Bagian luar Pagoda Longhua

Kuil Longhua menempati area seluas lebih dari 20.000 meter persegi (215.000 kaki persegi) dan sumbu utama kompleks tersebut memiliki panjang 194 meter (636 kaki). Struktur tertinggi adalah Pagoda Longhua yang berdiri setinggi 40,4 meter (132 kaki 7 inci).

Letak kuil ini mirip dengan biara dinasti Song dari sekte Chan Buddha, yang dikenal sebagai Gaya Lima Aula Sangharama. Lima ruang utama diatur di sepanjang sumbu penunjuk utara-selatan tengah. Dari pintu masuk atau Shanmen, bangunan tersebut adalah:

Maitreya Hall

Maitreya Hall menampung patung Buddha Maitreya dan satu lagi dalam manifestasinya sebagai “Budai”, atau Biksu Tas Kain.

Four Heavenly Kings Hall

Four Heavenly Kings Hall menampung patung-patung Empat Raja Surgawi.

Mahavira Hall

Mahavira Hall adalah aula utama, menampung patung-patung Buddha bersejarah (Shakyamuni) dan dua murid. Di bagian belakang aula terdapat pahatan relief, termasuk penggambaran Guanyin, atau Bodhisattva Avalokiteśvara dalam manifestasi wanitanya. Di sekitar bagian depan diatur dua puluh Penjaga Hukum Buddha, dan di belakang enam belas arhat utama. Aula ini juga dilengkapi lonceng kuno yang dibuat pada tahun 1586, selama era Wanli dari Dinasti Ming.

Three Sages Hall

Three Sages Hall menampung patung Buddha Amitabha, dan Bodhisattva Avalokiteśvara (bentuk laki-laki) dan Mahāsthāmaprāpta.

Abbot’s Hall

Abbot’s Hall adalah tempat untuk ceramah dan pertemuan formal.

Bell tower and Drum tower

Bell tower and Drum tower diatur dari poros tengah. Menara Lonceng memiliki lonceng tembaga yang dibuat pada tahun 1382, lonceng tersebut memiliki tinggi 2 meter (6 kaki 7 inci), memiliki diameter maksimum 1,3 meter (4 kaki 3 inci), dan berat 5.000 kilogram (11.000 lb). Lonceng tersebut digunakan dalam Upacara Memukul Lonceng Malam yang dilakukan pada Malam Tahun Baru. Juga terletak di luar poros utama adalah kuil untuk Ksitigarbha (Dizang Raja Bodhisattva).

Buddhist Texts Library

Buddhist Texts Library atau Perpustakaan Teks Buddha menampung berbagai versi sutra dan karya Buddha lainnya, serta instrumen upacara, barang antik, dan artefak.

Karya seni di kuil ini antara lain patung Buddha Maitreya dalam bentuk Bodhisattva dan dalam inkarnasi Biksu Tas Kain, patung Delapan Belas Arahat dan 20 Penjaga Hukum Buddha, serta patung 500 arhat.

Pagoda Longhua

Pagoda Longhua paling terkenal dari 16 pagoda bersejarah yang masih berdiri di dalam kotamadya Shanghai. Ini memiliki tata letak lantai segi delapan. Ukuran tujuh lantai berkurang dari bawah ke atas. Pagoda tersebut terdiri dari inti bata berlubang berbentuk tabung yang dikelilingi oleh tangga kayu. Di luar, didekorasi dengan balkon, pegangan tangga, dan atap yang menjulang. Dekorasi luar ini telah direkonstruksi sesuai dengan gaya aslinya.

Meskipun pagoda sebelumnya ada di situs yang sama, dasar bata dan badan pagoda saat ini dibangun pada tahun 977 di bawah kubah raja Wuyue (907–978), dengan renovasi terus menerus dari komponen kayu yang lebih rapuh di bagian luar. Karena usianya, pagoda tersebut rapuh dan tidak dibuka untuk umum.