Sup Manis yang Lezat Khas Beberapa Negara di Asia Tenggara

Sup Manis yang Lezat Khas Beberapa Negara di Asia Tenggara

Sup Manis yang Lezat Khas Beberapa Negara di Asia Tenggara – Ada beragam menu menarik yang dapat dinikmati dari setiap negara, salah satunya adalah olahan sup.

Secara umum sup merupakan menu yang memiliki kuah dan biasanya rata-rata sup banyak menggunakan bahan kaldu yang membuat cita rasanya cenderung lebih gurih. Negara-negara di Asia Tenggara mempunyai beragam sup manis yang terkenal lezat.

Sup ini sebagian terbuat dari idn poker mobile buah-buahan, santan, atau biji kacang hijau.  Menu sup ini bisa menjadi hidangan penutup atau sekadar camilan untuk menemani waktu bersantai.

1. Cendol
6 Sup Manis asal Asia Tenggara yang Rasanya Ambyar di Mulut!

Cendol merupakan hidangan penutup tradisional Asia Tenggara yang muncul dalam berbagai variasi di seluruh Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Thailand, Vietnam, dan Myanmar.

Dalam bentuk dasarnya, cendol terdiri dari potongan tipis mi jeli yang biasanya diwarnai dan dibumbui dengan daun pandan. Selanjutnya disajikan dalam kombinasi manis santan, sirup gula aren, dan biasanya es serut.

2. Chè Trôi Nước
6 Sup Manis asal Asia Tenggara yang Rasanya Ambyar di Mulut!

Chè trôi nước merupakan hidangan penutup Vietnam yang menggabungkan sup rasa jahe manis dan bola nasi. Sup biasanya dimaniskan dengan gula aren. Sup juga terkadang ditambah dengan daun pandan.

Sementara itu, isian di dalam bola-bola ketan secara tradisional terdiri dari kombinasi santan dan pasta kacang hijau.

3. Chè Bưởi
6 Sup Manis asal Asia Tenggara yang Rasanya Ambyar di Mulut!

Chè bưởi merupakam sup pomelo tradisional Vietnam. Sup ini terbuat dari kombinasi jeruk bali, kacang hijau, dan kelapa. Cara pembuatannya, penutup pomelo hijau dikupas, dan bagian putihnya yang kenyal digunakan untuk hidangan. Mereka dipotong dadu, diasinkan, direndam dalam air, dibilas, direbus, dan dicampur dengan gula dan tepung tapioka.

Selanjutnya, adonan tersebut dicampur dengan kacang hijau kukus, air, santan, dan gula hingga adonan menjadi kental.

4. Chè Hạt Sen
6 Sup Manis asal Asia Tenggara yang Rasanya Ambyar di Mulut!

Chè hạt sen merupakan sup manis tradisional Vietnam yang berasal dari wilayah Hue. Sup ini berisi biji teratai dan serpihan nasi hijau dalam kaldu manis. Karena sifat pendinginan dari hidangan ini, penduduk setempat sering mengonsumsinya di musim panas untuk melawan panas.

5. Cheng Tng
6 Sup Manis asal Asia Tenggara yang Rasanya Ambyar di Mulut!

Cheng tng merupakan sup manis tradisional Singapura yang biasa dinikmati sebagai hidangan penutup. Sup ini umumnya dibuat dengan menggabungkan lengkeng kering, jamur putih, kacang gingko, kurma merah, jelai mutiara, mutiara sagu besar, biji teratai, dan manisan melon musim dingin.

Cara pembuatannya dengan merebus bahan-bahan tersebut ke dalam air dengan gula dan daun pandan sampai menjadi lunak. Setelah matang, sup biasanya ditambah dengan kesemek kering dan pang da hai. Sup dapat dikonsumsi hangat atau dingin.

6. Chè Đậu Xanh
6 Sup Manis asal Asia Tenggara yang Rasanya Ambyar di Mulut!

Chè đậu xanh merupakan sup yang berasal dari Vietnam. Sup ini biasanya disajikan sebagai dessert manis yang lezat. Sup ini menjadikan kacang hijau sebagai bahan utamanya. Selain kacang hijau, kuahnya juga mengandung air, gula, dan santan.

Cara pembuatannya, kacang direndam, ditiriskan, dibilas, lalu direbus perlahan dengan gula hingga empuk. Kemudian santan ditambahkan menjelang akhir memasak. Kemudian sup dibiarkan dingin.

Asia Tenggara adalah sebuah kawasan di benua Asia bagian tenggara. Kawasan ini mencakup Indochina dan Semenanjung Malaya serta kepulauan di sekitarnya. Asia Tenggara berbatasan dengan Republik Rakyat Tiongkok di sebelah utara, Samudra Pasifik di timur, Samudra Hindia di selatan, dan Samudra Hindia, Teluk Benggala, dan anak benua India di barat.