Shanghai Ocean Aquarium

Shanghai Ocean Aquarium terletak di Zona Keuangan dan Perdagangan Lujiazui di Distrik Pudong dan bersebelahan dengan Oriental Pearl Tower dan Jin Mao Tower yang terkenal. Salah satu akuarium laut terbesar di dunia, memiliki terowongan pengamatan kapal selam terpanjang di dunia berukuran panjang 155 meter (sekitar 170 yard).

Shanghai Ocean Aquarium

Shanghai Ocean Aquarium terdiri dari dua bangunan berbentuk piramida – bangunan utama dan paviliun. Shanghai Ocean Aquarium memiliki luas 20.500 m² (sekitar 263.910 kaki persegi). Selain area pameran yang besar, terdapat toko suvenir dan restoran yang dapat menampung 300 orang.

Shanghai Ocean Aquarium

Bangunan utama dibagi menjadi zona pameran yang berbeda: Zona China, Zona Amerika Selatan, Zona Australia, Zona Afrika, Zona Asia Tenggara, Zona Air Dingin, Zona Kutub, Laut dan Pesisir, Zona Laut Dalam, dan Pameran Khusus. Pameran tersebut mencakup lebih dari 300 jenis dan 15.000 makhluk air dan ikan langka, seperti katak panah beracun, ubur-ubur, ikan bulan, naga laut berdaun, dan penguin kaisar.

Saat ini, ini adalah satu-satunya akuarium di dunia yang memiliki Zona China. Zona ini mengkhususkan diri dalam memamerkan organisme akuatik dan ekologi lembah Yangtze serta beberapa spesies air yang terancam punah di Cina. Sebagian besar makhluk di zona ini berada di bawah perlindungan nasional seperti the Chinese sturgeon, mullet, Yangtze alligator and giant salamander.

Ocean Aquarium juga menampilkan geografi dan budaya tempat asalnya melalui gambar, suara, dll. Secara keseluruhan akuarium menyediakan pengunjung dengan tur yang meliputi lima benua dan empat samudera dunia.

Tips Kunjungan Shanghai Ocean Aquarium

Setelah membeli tiket di lantai pertama, pengunjung memulai tur gedung utama dengan naik ke lantai tiga, akhirnya turun ke ruang bawah tanah.

Lantai tiga memiliki tujuh area pameran, yaitu ruang VIP, ruang pendidikan sains, dan air terjun. Zona China, Amerika Selatan, Australia, dan Zona Pameran Khusus juga terletak di lantai ini.

Lantai dua memiliki Zona Afrika, Asia Tenggara, Air Dingin, dan Kutub. Pameran Sea and Shore juga terletak di sini.

Basement adalah bagian utama dari akuarium tempat Zona Laut Dalam berada. Terowongan pengamatan kapal selam memungkinkan pengunjung untuk melakukan tur yang indah di sini. Setelah berkeliling ruang bawah tanah, pengunjung dapat kembali ke lantai pertama untuk makan dan membeli suvenir dan hadiah.

Berbagai makhluk di sini diberi makan pada waktu-waktu tertentu ketika pengunjung dapat menikmati tontonan tersebut. Waktu diatur sebagai berikut:

Spotted Seals (Cold Water Zone)
09:45-09:55     14:15-14:25
Penguins (Polar Zone)
10:00-10:15     14:30-14:45
Wide Ocean (Deep Ocean Zone)
10:30-10:45     15:00-15:15
Shoals of Fish (Deep Ocean Zone)
10:50-11:00    15:20-15:30
Sharks (Deep Ocean Zone)
10:50-11:10     15:20-15:40