Resep Bebek Peking Panggang Enak Khas Tiongkok yang Terkenal

Resep Bebek Peking Panggang Enak Khas Tiongkok yang Terkenal

Resep Bebek Peking Panggang Enak Khas Tiongkok yang Terkenal – Bebek Peking adalah makanan tradisional di Tiongkok yang berasal dari Beijing. Makanan bebek Peking ini juga ditemui di Taiwan, dibawa oleh pemerintahan nasionalis Kuomintang yang kalah perang saudara dan mundur ke Taiwan tahun 1949.

Menemukan makanan khas Tiongkok di Indonesia bukan hal yang susah. Hampir setiap daerah punya tempat makan dengan beragam menu khas Tiongkok. Salah satu yang paling terkenal adalah bebek peking panggang.

Kelembutan daging bebek diimbangi dengan kulit yang renyah bikin siapa pun menyukainya. Sayangnya, harga bebek peking panggang cukup menguras kantong.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan
Resep Bebek Peking Panggang Khas Tiongkok yang Enak dan Gurih

Bahan utama:

  • 1 ekor bebek peking
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm kecap asin
  • 250 ml air

Bahan bumbu panggang:

  • 3 buah jeruk nipis
  • 3 sdm gula pasir
  • 1 sdm angkak
  • 1 sdt lada bubuk
  • Garam secukupnya
2. Bersihkan bebek, lalu potong-potong sesuai selera
Resep Bebek Peking Panggang Khas Tiongkok yang Enak dan Gurih

Bersihkan bebek di bawah air mengalir. Hilangkan semua bulu-bulu, beserta jeroannya. Kemudian, potong-potong bebek menjadi beberapa bagian, jangan terlalu kecil.

Setelah itu, letakkan potongan bebek ke dalam sebuah wadah. Berikan perasan air jeruk nipis ke dalamnya. Kemudian, aduk-aduk bebek hingga terlumuri dengan air jeruk nipis secara merata. Tujuannya supaya bau bebek tidak terlalu amis. Sisihkan sebentar.

3. Marinasi bebek dengan bumbu, diamkan sebentar
Resep Bebek Peking Panggang Khas Tiongkok yang Enak dan Gurih

Sambil menunggu bebek, buatlah bumbu marinasinya. Siapkan sebuah wadah, campurkan garam, gula pasir, lada bubuk, angkak, kecap asin, dan kecap manis ke dalamnya. Aduk-aduk semua bumbu hingga tercampur merata.

Kemudian, masukkan semua potongan bebek ke dalam bumbu kecap tersebut. Aduk-aduk sesekali hingga merata. Marinasi selama kurang lebih satu jam.

4. Panggang bebek hingga matang
Resep Bebek Peking Panggang Khas Tiongkok yang Enak dan Gurih

Siapkan loyang untuk memanggang bebek, letakkan beberapa potong bebek di atasnya. Kalau potongan bebek hanya sedikit, panggang saja dalam sekali sesi. Jika terlalu banyak, panggang beberapa potong dulu, supaya matangnya merata.

Masukkan loyang berisi bebek ke dalam oven yang bersuhu 180 derajat Celsius. Berikan olesan sisa bumbu kecap tadi, lalu panggang bebek hingga matang dan sedikit kering. Kalau sudah dirasa matang, keluarkan bebek peking panggang dari dalam oven. Sajikan dengan perasan jeruk nipis, biar makin lezat.

Bebek Peking dibuat menggunakan daging bebek khusus diternakkan untuk makanan ini. Bebek-bebek digemukkan dengan cara memberikan makanan bergizi, pada saat bebek-bebek kekenyangan, peternak-peternak mungkin saja memasukkan makanan ke dalam kerongkongan sang bebek secara paksa.

Ini yang kemudian menjadikan bebek Peking juga dikenal dengan nama bebek isi. Bebek tadi disajikan setelah dipanggang dengan kayu-kayu bakar khusus yang akan menambah wangi daging bebek yang dipanggang.