Ragam Jenis Saus yang Berperan Penting Pada Masakan Tiongkok

Ragam Jenis Saus yang Berperan Penting Pada Masakan Tiongkok

Ragam Jenis Saus yang Berperan Penting Pada Masakan Tiongkok -Saus  adalah cairan yang digunakan sewaktu memasak atau yang dihidangkan bersama-sama makanan sebagai penyedap atau penambah cita rasa.

Sambal  dan kecap manis merupakan saus utama pada sebagian besar masakan Indonesia.  Kata “saus” berasal dari bahasa Prancis (sauce) yang diambil dari bahasa Latin salsus yang berarti “digarami.” Saus menjadi salah satu komponen penting dalam masakan Tiongkok.

Terdapat banyak hidangan khas yang menggunakan saus sebagai bumbunya. Mulai dari idn poker mobile olahan daging, olahan ikan, mi, hingga pangsit menjadi lebih nikmat dengan penambahan saus. Apa saja lima jenis saus yang memegang peran penting pada hidangan Tiongkok?

1. Saus mala
5 Ragam Saus yang Digunakan dalam Masakan Tiongkok, Bikin Lebih Sedap!

Saus mala merupakan saus pedas yang terbuat dari merica Sichuan, cabai, minyak, dan beberapa rempah-rempah. Saus lezat ini dianggap sebagai salah satu saus paling populer dengan banyak variasi yang tersebar di daerah-daerah Tiongkok.

Saus ini dapat ditambahkan ke berbagai menu hidangan seperti mi kuah, ayam, hingga dimsum.

2. Saus plum
5 Ragam Saus yang Digunakan dalam Masakan Tiongkok, Bikin Lebih Sedap!

Saus plum merupakan saus sedap yang terbuat dari buah plum manis, cuka, jahe, cabai, bawang putih, gula, dan garam. Saus bisa ditambahkan ke berbagai makanan seperti  bebek panggang, lumpia, dan mi. Saus ini juga dapat dioleskan pada unggas atau iga sebelum mereka dipanggang.

Buah aprikot dapat ditambahkan ke dalam pembuatan saus ini agar saus lebih kental.

3. Saus hoisin
5 Ragam Saus yang Digunakan dalam Masakan Tiongkok, Bikin Lebih Sedap!

Saus hoisin menjadi saus umum yang digunakan di banyak makanan-makanan Asia. Saus ini memerlukan bahan seperti ubi jalar, gandum atau beras, kedelai fermentasi, pasta wijen, bawang putih, cuka beras, cabai merah, dan gula merah dalam pembuatannya.

Bahan-bahan tersebut menghasilkan perpaduan rasa yang seimbang antara asin, manis, dan pedas. Hidangan seperti telur gulung, tahu panggang, bebek Peking, hingga babi moo shu biasanya menggunakan saus ini untuk menambah cita rasa.

4. Sepen
5 Ragam Saus yang Digunakan dalam Masakan Tiongkok, Bikin Lebih Sedap!

Sepen merupakan saus yang sangat pedas. Saus ini terbuat dari bahan-bahan yang mencakup cabai merah, bawang merah, tomat, daun bawang, bawang putih, seledri, ketumbar, garam, dan minyak.

Semua bahan dicincang dengan menggunakan tangan. Kemudian digoreng dengan minyak sampai matang merata. Saus ini biasanya dihidangkan bersama dengan pangsit momo atau laping.

5. Guaiwei
5 Ragam Saus yang Digunakan dalam Masakan Tiongkok, Bikin Lebih Sedap!

Guaiwei merupakan saus yang berasal dari kombinasi rempah-rempah khas Sichuan. Saus ini biasanya menjadi bumbu untuk makanan laut dan daging. Bahan-bahan pembuatan saus antara lain bumbu mala dan saus yuxiang.

Kemudian bahan tersebut dicampur dengan tambahan gula, biji wijen atau minyak, cuka beras, kecap, dan merica Sichuan. Bahan yang tercampur dengan merata menciptakan rasa yang gurih, asin, manis, dan asam.

Saus bisa berupa buatan pabrik seperti kecap atau saus yang dibuat juru masak sebelum makanan dihidangkan seperti saus asam manis. Salsa adalah sebutan untuk saus dalam bahasa Spanyol. Saus untuk selada disebut dressing.

Gravy adalah sebutan untuk saus tradisional yang digunakan pada masakan yang dipanggang, seperti kentang panggang, daging panggang, atau sayuran rebus dengan tambahan puding. Saus apel digunakan untuk masakan daging babi sedangkan saus beraroma daun mint digunakan untuk masakan daging domba. Salad cream digunakan untuk hidangan salad.

Saus tomat dan brown sauce digunakan untuk makanan siap saji. Saus Worcestershire adalah sejenis kecap Inggris dengan rasa mustard Inggris yang kuat. Custard adalah saus manis dari telur dan gula yang digunakan sebagai saus makanan penutup.