Pembangunan Pabrik Kaca Terbesar Se-Asia Tenggara di Batang

Pembangunan Pabrik Kaca Terbesar Se-Asia Tenggara di Batang

Pembangunan Pabrik Kaca Terbesar Se-Asia Tenggara di Batang – Kaca berasal dari bahan yang bersifat cair namun memiliki kepadatan tinggi, dan struktur amorf. Atom-atom di dalamnya tidak membentuk suatu jalinan yang beraturan, seperti kristal, atau biasa disebut gelas.

Kaca kebanyakan dibuat dari silika (SiO2), campuran batu pasir dengan fluks yang menghasilkan kekentalan dan tilik leleh yang tidak terlalu tinggi, untuk kemudian dicampur lagi dengan bahan stabilisator supaya kuat. Presiden Joko “Jokowi” Widodo meninjau lokasi pengembangan kawasan industri Batang, Jawa Tengah.

Beliau menjelaskan kawasan industri Club388 Indonesia itu akan memiliki luas 4.300 hektare. Namun, pengerjaan kawasan industri Batang saat ini masih pada tahap seluas 450 hektare. “Sekarang telah disiapkan dan hampir selesai ini 450 hektare, yang akan dipakai untuk investasi-investasi, terutama berkaitan dengan teknologi,” kata Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden

1. Pabrik kaca terbesar di Asia Tenggara akan dibangun di kawasan industri Batang
Jokowi: Pabrik Kaca Terbesar di Asia Tenggara Bakal Dibangun di Batang

Jokowi mengatakan, pada bulan Mei 2021, kawasan idustri Batang akan diisi pabrik kaca terbesar di Asia Tenggara. Setelah itu, menyusul dengan dibangunnya industri-industri lainnya di kawasan tersebut.

“Di bulan Mei akan ada groundbreaking, peletakan batu pertama, untuk industri kaca. Mungkin akan menjadi industri kaca yang terbesar di di Asia Tenggara, dan setelah itu juga ada lagi industri katoda yang akan juga dibangun di bulan Juli InsyaAllah, dan seterusnya,” ujar Jokowi.

2. Jokowi perintahkan jajarannya siapkan lahan untuk pembangunan industri
Jokowi: Pabrik Kaca Terbesar di Asia Tenggara Bakal Dibangun di Batang

Mengenai pembangunan industri, orang nomor satu di Indonesia ini memerintahkan jajarannya untuk menyiapkan lahan yang akan dibangun. Keberadaan industri di Tanah Air akan sangat menguntungkan, salah satunya dapat menciptakan lapangan kerja.

“Kita harapkan ini akan menyerap tenaga kerja yang sebanyak-banyaknya, memberikan peluang pekerjaan yang sebanyak-banyaknya, seluas-luasnya, dan juga ada arus modal masuk, ada capital inflow ke negara kita, yang ini akan bisa menggerakan pertumbuhan ekonomi nasional kita,” ucap dia.

3. Jokowi bakal rutin cek pengembangan kawasan industri Batang
Jokowi: Pabrik Kaca Terbesar di Asia Tenggara Bakal Dibangun di Batang

Terkait pengembangan kawasan industri di Batang, Jokowi menyebut akan mengeceknya secara rutin. Sebab, kawasan industri di Batang ini merupakan kawasan yang sangat besar dan memiliki daya saing baik.

“Inilah yang akan kita jadikan sebagai contoh untuk nanti kawasan-kawasan industri yang lain, yang berada di provinsi-provinsi, baik di Jawa maupun di luar Jawa,” tutur Jokowi.