Lima Street Food Tusuk Khas Filipina Buat anda Ketagihan

Lima Street Food Tusuk Khas Filipina Buat anda Ketagihan

Lima Street Food Tusuk Khas Filipina Buat anda Ketagihan – Jajanan jalanan atau makanan jalanan adalah makanan atau minuman siap santap yang dijual oleh penjaja jalanan, pedagang asongan, warung, atau kedai di tempat umum, misalnya di tepi jalan umum, pasar, pasar malam, atau pekan raya.

Jajanan jalanan biasanya dijajakan di kios makanan, gerobak makanan, atau truk makanan dan dimaksudkan sebagai makanan segera dikonsumsi. Keberadaan tusukan pada makanan tak lain untuk memudahkan para penikmatnya untuk menyantap makanan tersebut tanpa harus kontak langsung dengan jari-jari.

Jika di Indonesia ada cimol, cilok, sempol ayam, dan masih ada banyak lainnya, Dilansir dari Aplikasi IDN Poker77 berikut ini ada lima street food  tusuk khas Filipina yang sederhana namun bikin lidah tidak mau berhenti mengunyah. Mau tahu apa saja? Yuk, icip!

1. Banana cue
5 Street Food Tusuk Khas Filipina yang Sederhana Namun Bikin Ketagihan

Banana cue atau bananacue adalah makanan ringan atau jajanan pinggir jalan yang populer di Filipina. Ini adalah portmanteau dari pisang dan barbekyu, yang dalam bahasa Inggris Filipina mengacu pada daging yang dimasak dengan gaya yang mirip dengan sate. Banana cue nikmat disantap dalam keadaan dingin karena gula karamelnya mengeras di permukaan pisang yang menambah sensasi makan menjadi menyenangkan.

Selain menjadi street food yang memanjakan lidah, banana cue dipilih pula sebagai camilan akhir pekan yang dikonsumsi keluarga di Filipina.

2. Camote cue
5 Street Food Tusuk Khas Filipina yang Sederhana Namun Bikin Ketagihan

Camote cue atau camotona adalah makanan ringan yang populer di Filipina yang terbuat dari camote. Irisan camote dilapisi dengan gula merah dan kemudian digoreng untuk memasak kentang dan untuk mengaramelkan gula.

Cara membuat camote cue sama halnya dengan banana cue. Perbedaannya terletak pada bahan pembuatannya yang mana camote cue berbahan dasar ubi yang diiris tipis-tipis.

Camote cue menjadi alternatif camilan tusuk nan manis ketika lidah bosan dengan pisang.

3. Ginanggang
5 Street Food Tusuk Khas Filipina yang Sederhana Namun Bikin Ketagihan

Ginanggang, guinanggang, atau ginang-gang adalah makanan ringan berupa pisang bakar yang ditusuk dengan margarin dan ditaburi gula. Ini berasal dari pulau Mindanao di Filipina.

Lain hal dengan banana cue, ginanggang merupakan street food tusuk yang terbuat dari pisang dipanggang.

Bukan dengan kucuran gula merah atau susu kental manis, ginanggang yang telah matang, ditaburi dengan lembutnya gula bubuk.

4. Isaw
5 Street Food Tusuk Khas Filipina yang Sederhana Namun Bikin Ketagihan

Isaw adalah makanan jalanan populer dari Filipina, terbuat dari usus babi atau ayam panggang. Ini adalah jenis inihaw. Usus dibersihkan, dibalik, dan dibersihkan lagi, mengulangi proses tersebut beberapa kali; mereka kemudian direbus, kemudian dipanggang, atau langsung dipanggang di atas batang kayu.

Sudah gak asing dong dengan isaw? Ya, sate khas Filipina ini berbahan utama usus ayam atau usus babi yang dipanggang dengan bumbu dan kecap manis.

Kini, street food tusuk ini punya varian lain yang terbuat dari jamur. Kehadirannya pun amat disukai oleh para vegetarian.

5. Proben
5 Street Food Tusuk Khas Filipina yang Sederhana Namun Bikin Ketagihan

Proben atau terbukti, kadang-kadang juga disebut “ayam proben”, adalah jenis makanan jalanan yang populer di beberapa daerah di Filipina. Ini terdiri dari proventriculus ayam, dicelupkan dalam tepung jagung atau tepung, dan digoreng.

Proben adalah sate daging ayam yang digoreng dengan menggunakan tepung terigu. Punya rasa gurih, proben biasanya dinikmati dengan dua saus yang terdiri dari saus cuka dan saus pedas manis.

Itu tadi lima street food tusuk khas Filipina yang sederhana namun lezatnya bikin lidah ketagihan. Jangan lupa untuk mencicipinya ketika main ke Filipina.