Lima Perayaan Unik Hari Kemerdekaan Negara Asia yang Menarik

Lima Perayaan Unik Hari Kemerdekaan Negara Asia yang Menarik

Lima Perayaan Unik Hari Kemerdekaan Negara Asia yang Menarik – Kemerdekaan merupakan keadaan suatu bangsa atau negara yang pemerintahannya diatur oleh bangsanya sendiri tanpa intervensi pihak asing. Indonesia akan memasuki Hari Raya Kemerdekaan yang ke-76. Setiap 17 Agustus, terdapat 2 negara yang merayakan hari raya kemerdekaan, yaitu Indonesia dan Gabon.

Kemerdekaan suatu negara erat kaitannya dengan kedaulatan terhadap wilayah teritorial negara. Tahun ini merupakan tahun kedua perayaan hari kemerdekaan di masa pandemi COVID-19. Pastinya perayaan pada tahun ini tak semeriah seperti perayaan pada tahun-tahun sebelum pandemi.

Berbicara tentang perayaan hari kemerdekaan, terdapat beberapa negara yang diketahui memiliki perayaan hari kemerdekaan yang unik, lho. Berikut 5 perayaan unik hari kemerdekaan negara Asia yang menarik untuk diketahui.

1. Malaysia – 31 Agustus
Perayaan Hari Kemerdekaan di 5 Negara Asia yang Wajib Kamu Tahu

Di Malaysia, sebutan untuk hari kemerdekaan ialah Hari Merdeka. Malaysia meraih kemerdekaan pada 31 Agustus 1957 setelah sebelumnya diduduki oleh Britania Raya. Seperti perayaan hari kemerdekaan di berbagai negara lainnya, pastinya terdapat parade yang dapat diikuti oleh masyarakat umum.

Parade tersebut ialah Parade Merdeka. Seluruh elemen masyarakat akan turun ke jalan untuk mengibarkan bendera “Jalur Gumilang”, baik dari elemen tentara, guru, pegawai pemerintah, polisi, maupun masyarakat sipil. Di bulan Agustus juga terdapat berbagai kompetisi dengan tema Hari Merdeka seperti lomba puisi hingga fotografi.

2. India – 15 Agustus
Perayaan Hari Kemerdekaan di 5 Negara Asia yang Wajib Kamu Tahu

India baru saja merayakan hari kemerdekaannya pada 15 Agustus 2021 lalu. Seluruh 32 atlet peraih medali Olimpiade Tokyo, 240 atlet dan staf lainnya di Olimpiade, dan tenaga kesehatan diberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi pada Hari Kemerdekaan India. Adapun tema kemerdekaan pada tahun ini ialah ‘Nation First, Always First’.

Biasanya, ada pula pelepasan layang-layang yang berwarna-warni sebagai simbol kemerdekaan negara India. Adapula makanan khas kemerdekaan India, yaitu tricolour burfi yang diwarnai hijau, putih, dan emas secara alami yang menggambarkan bendera India.

3. Bahrain – 15 Agustus
Perayaan Hari Kemerdekaan di 5 Negara Asia yang Wajib Kamu Tahu

Selain India, ada juga Bahrain yang merayakan hari kemerdekaan setiap tanggal 15 Agustus. Layaknya perayaan kemerdekaan di negara lainnya, akan ada festival, pesta kembang api, dan parade jalanan. Selain itu, pohon-pohon yang ada di jalanan akan didekorasi semenarik mungkin dengan warna merah dan biru muda.

Adapula berbagai macam perlombaan seperti balap kuda, olahraga air, hingga terjun payung. Adapula festival yang memperkenalkan berbagai kerajinan tangan asli Bahrain hingga pertunjukan budaya khas setempat. Perlombaan menghias wajah juga tak kalah seru sebagai perayaan kemerdekaan di negara tersebut.

4. Korea Selatan – 15 Agustus
Perayaan Hari Kemerdekaan di 5 Negara Asia yang Wajib Kamu Tahu

Korea Selatan juga merupakan negara yang memperingati hari raya kemerdekaan pada 15 Agustus. Hari kemerdekaan Korea Selatan biasanya disebut dengan Gwangbokjeol. Beberapa hari menjelang 15 Agustus, bendera Korea Selatan akan dipasang di jalanan dan gedung-gedung, baik milik pemerintah maupun swasta.

Layaknya di negara lainnya, setelah Presiden Korea Selatan memberikan pidato kebangsaan, akan ada upacara simbolis untuk pemberian pengampunan bagi beberapa tahanan terpilih. Setelah itu, akan ada parade atau festival jalanan yang memperkenalkan kekayaan budaya negara setempat.

5. Filipina – 2 Juni
Perayaan Hari Kemerdekaan di 5 Negara Asia yang Wajib Kamu Tahu

Filipina merayakan hari raya kemerdekaannya setiap tanggal 12 Juni. Dalam sejarahnya, Filipina diduduki oleh Spanyol selama lebih dari 250 tahun hingga tahun 1830. Saat perayaan kemerdekaan, terdapat sebuah parade yang diikuti bersama oleh berbagai elemen masyarakat, mulai dari pemerintah, pelajar, hingga pegawai.

Pada umumnya, perayaan kemerdekaan di Filipina digunakan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Selain itu, di sebagian daerah juga ada festival yang mempertunjukkan budaya lokal dan santapan asli masing-masing daerah. Di perkotaan, perayaan kemerdekaan Filipina kerap dilakukan masyarakat setempat di taman dan mal.