Lima Olahan Nasi Khas Tiongkok yang Rasanya Tiada Lawan

Lima Olahan Nasi Khas Tiongkok yang Rasanya Tiada Lawan

Lima Olahan Nasi Khas Tiongkok yang Rasanya Tiada Lawan – Tiongkok, atau nama lengkapnya Republik Rakyat Tiongkok atau Republik Rakyat Cina adalah sebuah negara yang terletak di Asia Timur yang beribu kota di Beijing Negara ini memiliki jumlah penduduk terbanyak di dunia. Tiongkok terkenal dengan variasi makanannya yang lezat dan menggoyang lidah.

Banyak di antaranya bahkan telah mendunia dan mudah ditemukan di berbagai negara. Salah satu menu andalan dari negara ini adalah olahan nasinya.

Terdapat beberapa olahan nasi yang sukses menarik perhatian banyak wisatawan. Rasa dan aromanya pun sangat menggugah selera. Dilansir dari Aplikasi IDN Poker77 Berikut lima olahan nasi khas Tiongkok yang nikmatnya tiada tara

1. Nasi Goreng Yangzhou
5 Olahan Nasi Khas Tiongkok yang Nikmatnya Tiada Tara!

Nasi goreng Yangzhou adalah hidangan nasi goreng wajan gaya Cina yang populer di banyak restoran Cina di seluruh dunia. Biasanya dijual di Inggris sebagai nasi goreng spesial dan di AS sebagai nasi goreng spesial rumahan. Tambahan bahan lainnya termasuk udang, daging, daun bawang, dan ham Tiongkok untuk memperkaya rasa.

Terdapat pula versi tradisionalnya yang sering kali menggabungkan teripang, daging kepiting, dan rebung.

2. Nasi Goreng Hokkian
5 Olahan Nasi Khas Tiongkok yang Nikmatnya Tiada Tara!

Nasi goreng hokkian merupakan hidangan nasi Tiongkok populer yang berasal dari Provinsi Fujian. Cara penyajiannya yaitu, nasi dan telur pertama-tama digoreng bersama. Kemudian di atasnya diberi kuah kental yang terbuat dari ayam, jamur kering, makanan laut, dan sayuran.

Disarankan untuk menggoreng bahan dengan api besar, karena jika wajan tidak cukup panas, maka akan mendapatkan nasi goreng yang encer.

3. Lo Mai Fan
5 Olahan Nasi Khas Tiongkok yang Nikmatnya Tiada Tara!

Lo mai fan merupakan hidangan nasi tradisional yang sering disajikan sebagai bagian dari makanan dim sum. Cara pembuatan makanan ini adalah ketan Tiongkok dibuat dengan kombinasi beras ketan, jamur shiitake, udang, kecap, sosis Tiongkok, daun bawang, garam, merica, gula, dan minyak wijen.

Kombinasi bahan-bahan tersebut biasanya digoreng dalam wajan besar hingga nasi menjadi lembut, dan sedikit kenyal. Setelah siap, nasi ditaburi dengan daun bawang cincang, lalu disajikan dalam keadaan panas atau suhu ruangan.

4. Nasi Daun Teratai
5 Olahan Nasi Khas Tiongkok yang Nikmatnya Tiada Tara!

Nasi daun teratai atau disebut juga lo mai gai atau nor mai gai merupakan makanan Tiongkok yang klasik. Hidangan ini terdiri dari ketan yang dibungkus dan dikukus dalam daun teratai. Nasi goreng teratai ini diberi campuran topping berupa udang, ayam, dan sosis. Rasa nasi gorengnya gurih dan sedikit manis. Rasanya lebih manis dari nasi goreng biasa karena adanya penggunaan beras ketan. Daun teratai digunakan sebagai pembungkus nasi goreng.

Kemudian nasi dicampur dengan bahan tambahan seperti ayam, jamur, udang, daun bawang, dan telur asin. Saat dikukus, nasinya benar-benar meresap dengan bumbu dan aroma lembut daun teratai.

5. Nasi Goreng Yin Yang
5 Olahan Nasi Khas Tiongkok yang Nikmatnya Tiada Tara!

Nasi goreng yin yang merupakan hidangan yang terdiri dari sepiring nasi goreng yang disertai dengan ayam, saus kecap, bawang dan udang yang berada di sisi merah. Sedangkan sisi putih terdiri dari kacang polong, dan putih telur.

Hidangan ini sering menjadi makanan pokok di pesta pernikahan atau acara perayaan serupa.

Berkreasi dengan berbagai olahan nasi asal Tiongkok ini akan membuat kamu semakin meningkatkan skill memasak. Yuk, coba buat di rumah!