Lima Hidangan Khas Kota Cebu-Filipina yang Terkenal Nikmat

Lima Hidangan Khas Kota Cebu-Filipina yang Terkenal Nikmat

Lima Hidangan Khas Kota Cebu-Filipina yang Terkenal Nikmat – Cebu City atau Cebú merupakan ibu kota Provinsi Cebú di Filipina. Kota ini terletak di Pulau Cebú di bagian timur. Pada tahun 2009, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 822.628 jiwa. Kota Cebu yang berada di Filipina tak hanya unggul dalam destinasi wisatanya.

Kota ini memiliki luas wilayah 315,0 km² dengan memiliki angka kepadatan penduduk sebanyak 2.611 jiwa/km². Banyak turis yang datang ke sini karena ingin mencoba berbagai hidangan khasnya yang terkenal lezat dan berhasil menggoyang lidah.

Tak hanya nikmat, hidangan ini juga terbuat dari bumbu pilihan yang menghasilkan aroma sedap yang menggoda iman. Apa saja hidangan khas Cebu yang bikin penasaran ini? Yuk, Dilansir dari idn poker baca artikel ini hingga selesai.

1. Daing na bangus
5 Hidangan Khas Kota Cebu-Filipina yang Rasanya Bikin Lupa Diri! 

Bagi pencinta olahan ikan, maka daing na bangus bisa menjadi menu baru yang memanjakan lidah. Makanan ini dibuat dengan bandeng berbumbu mentega yang digoreng sampai mempunyai tekstur yang renyah dan gurih.

Untuk membuatnya makin kaya rasa, maka ikan diberi dengan bumbu yang terdiri dari cuka, bawang putih, dan berbagai bumbu. Ikan tidak dipotong-potong, melainkan disiapkan dengan kulit utuh sehingga menghasilkan tekstur yang lebih renyah. Makanan ini biasanya menjadi menu sarapan atau makan siang yang cukup memuaskan perut.

Umumnya hidangan ini disantap bersamaan dengan nasi goreng bawang putih, telur goreng, terong goreng, acar sayur, dan cuka pedas.

2. Taho
5 Hidangan Khas Kota Cebu-Filipina yang Rasanya Bikin Lupa Diri! 

Dessert menjadi salah satu kewajiban bagi sebagian orang. Jika menyukainya, maka taho bisa menjadi pilihan yang sempurna.

Makanan manis ini dibuat dengan tahu lembut segar yang disiram dengan sirup arnibal dan diberi taburan yang berupa mutiara sagu yang montok yang membuatnya makin menggoda.

Makana ini tak hanya populer di Thailand, namun juga dapat dijumpai di banyak negara Asia. Sebagian besar pembuatan sajian ini menggunakan jenis tahu paling lembut yang sering disebut sebagai tahu sutra.

3. Lechon
5 Hidangan Khas Kota Cebu-Filipina yang Rasanya Bikin Lupa Diri! 

Lechon adalah makanan yang berupa babi panggang. Hidangan ini memperoleh ketenaran yang luar biasa di Filipina.

Babi guling yang dipanggang perlahan umumnya diberi isian yang berupa serai, asam, bawang putih, bawang merah, dan daun bawang. Selanjutnya dipanggang di atas bambu besar yang diletakkan di atas api terbuka.

Makanan ini bisa disajikan dalam bentuk tusukan atau sate atau dipotong-potong sebesar gigitan.

4. Dinuguan
5 Hidangan Khas Kota Cebu-Filipina yang Rasanya Bikin Lupa Diri! 

Dinuguan adalah semur yang bahan-bahan pembuatannya berupa beberapa organ dalam hewan yang direbus dengan menggunakan darah, cuka, bawang putih, dan cabai. Saat ini, makanan ini bisa menggunakan ayam atau sapi dan mengkombinasikannya dengan beragam bahan dan rempah-rempah.

Semur ini umumnya dinikmati bersamaan dengan nasi atau kue beras. Makanan ini biasanya menggunakan cabe hijau utuh sebagai hiasannya. Dinuguan juga dapat menjadi menu sarapan yang bergizi, makan siang, atau makan malam yang menggoyang lidah.

5. Utan
5 Hidangan Khas Kota Cebu-Filipina yang Rasanya Bikin Lupa Diri! 

Makanan sehat bisa menjadi buruan wisatawan yang ingin tetap makan enak namun juga baik untuk kesehatan.

Utan adalah salah satu makanan yang memenuhi syarat tersebut. Makanan ini adalah sejenis sup khas Filipina yang berasal dari Kepulauan Visayan. Sup sayuran bening ini terbuat dari okra, terong, jahe, daun bawang, tomat, bayam, labu, kacang panjang, dan garam.

Untuk menambah rasa, maka bisa ditambahkan dengan potongan daging atau potongan ikan goreng. Makanan ini dianggap sebagai sup sangat sehat sehingga umum dikonsumsi masyarakat Filipina.