Lima Dessert Dingin yang Paling Disukai di Benua Asia

Lima Dessert Dingin yang Paling Disukai di Benua Asia

Lima Dessert Dingin yang Paling Disukai di Benua Asia – Hidangan penutup (dessert) adalah bagian hidangan yang pada umumnya disajikan pada akhir makan malam, biasanya terdiri atas makanan yang manis walaupun kadang-kadang berupa makanan yang memiliki rasa yang kuat seperti keju. Negara-negara di Benua Asia selain terkenal dengan hidangan berbahan nasi, juga memiliki banyak dessert yang bervariasi lho.

Kata hidangan penutup sendiri merupakan pengalihbahasaan dari kata dessert di bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Prancis Kuno desservir yang artinya “untuk membersihkan meja”. Tiap negara memiliki ciri khas dessert masing-masing yang rasanya sesuai selera masyarakat.

Tapi, beberapa dessert dingin berikut ini gak cuma digemari oleh masyarakatnya tapi juga dari negara lain di Benua Asia lho. Dilansir dari Aplikasi IDN Poker77 Langsung simak yuk dessert dingin paling popular di benua Asia ini!

1. Faloodeh – Iran
5 Dessert Dingin Paling Digemari di Benua Asia, Ada Patbingsu!

Faloodeh atau paloodeh adalah makanan penutup dingin tradisional Iran yang mirip dengan sorbet. Terdiri dari mie tipis seukuran bihun yang terbuat dari pati dalam sirup semi beku berisi gula dan air mawar.

Makanan ini terdiri dari sirup gula beku yang dicampur dengan air mawar dan mi vermicelli yang tipis. Saat disajikan, faloodeh biasa diberi air jeruk, sirup ceri, atau pistachio yang cocok banget dinikmati sebagai dessert musim panas.

2. Halo-Halo – Filipina
5 Dessert Dingin Paling Digemari di Benua Asia, Ada Patbingsu!

Halo-halo atau halu-halo adalah es campur dari Filipina. Setelah diserut, es dihidangkan di dalam mangkuk atau gelas tinggi dengan tambahan isi yang beraneka ragam, di antaranya: kolang-kaling, pisang, nata de coco, kelapa kopyor, pacar cina, dan kacang-kacangan dan umbi yang dimasak manis.

Untuk buah yang digunakan pada dessert nikmat ini beberapa adalah pisang, nangka, jagung manis, kelapa dan lainnya. Halo-halo dulunya sering dijual oleh pedagang Jepang dan dipercaya terinspirasi dari minuman musim panas Jepang bernama anmitsu. 

3. Kulfi – India
5 Dessert Dingin Paling Digemari di Benua Asia, Ada Patbingsu!

Kulfi atau Qulfi adalah makanan penutup susu beku yang berasal dari anak benua India pada abad ke-16. Hal ini sering digambarkan sebagai “es krim tradisional India”.

Kulfi juga memiliki beragam variasi yang biasanya diberi perisa seperti pistachio, air mawar, dan asa buah-buahan seperti ceri. Dessert dingin ini dipercaya saat era Kerajaan Mughal.

4. Patbingsu – Korea Selatan
5 Dessert Dingin Paling Digemari di Benua Asia, Ada Patbingsu!

Patbingsu atau patbingsoo adalah dessert khas Korea yang sangat digemari, terutama pada hari-hari musim panas yang terik. Dessert nikmat ini terdiri dari kombinasi es, pasta kacang merah, susu kental manis, dan topping yang beragam.

Biasanya topping yang dipilih sesuai dengan selera beberapa seperti tteok atau kue beras Korea, sereal dan berbagai buah-buahan. Sebelum dimakan, semua bahan patbingsu dicampur hingga seperti sup dingin dengan cita rasa creamy dan chewy. 

5. Dondurma – Turki
5 Dessert Dingin Paling Digemari di Benua Asia, Ada Patbingsu!

Dondurma (dalam bahasa Turki: Maraş dondurması, artinya “es krim dari kota Maraş”, juga disebut Dövme dondurma) adalah sebuah es krim mastic khas Turki. Hidangan tersebut mirip dengan hidangan penutup booza khas Suriah. Selain menggunakan bahan dasar es krim, dondurma juga menggunakan dua bahan rahasia yaitu damar wangi atau permen karet Arab dan salep.

Salep ini merupakan nama dari tepung yang terbuat dari akar anggrek ungu. Beberapa dondurma yang menggunakan salep lebih banyak biasanya disebut kesme dondurma yang berarti dondurma potong karena cara makannya harus menggunakan pisau dan garpu.

Nah, itulah beberapa dessert dingin paling popular di Benua Asia yang sering dinikmati saat musim panas. Kalian pernah coba yang mana nih?