Inilah Teknik Memasak Dari China yang Unik & Kaya Rasa

Inilah Teknik Memasak Dari China yang Unik & Kaya Rasa

Inilah Teknik Memasak Dari China yang Unik & Kaya Rasa – Teknik memasak yang menghasilkan ‘wok hei’ merupakan cara yang kerap dilakukan saat menyajikan hidangan ala chinese. Berbagai lauk-pauk, tumisan, hingga nasi goreng khas chinese yang autentik dimasak dalam penggorengan cekung atau wajan, yang disebut wok. Cara menghasilkan wok hei pada nasi goreng autentik chinese ternyata tidak sesederhana yang dibayangkan. “Wok (wajan) merupakan esensi dari masakan China, khususnya di China Selatan.

Koki keturunan Cantonese merupakan ahli menggunakan api dan wajan,” ungkap Danny Yip, salah satu pendiri restoran Hong Kong The Chairman. Dalam budaya Cantonese, tolak ukur seberapa autentik sebuah restoran China jatuh pada wok hei. Seseorang, atau biasanya orang tua, akan mengomentari “gau wok hei” (cukup wok hei) atau “ng gau wok hei” (tidak cukup wok hei) saat makan di restoran tersebut. “Hei” merupakan Bahasa Cantonese yang berarti energi.

Walau kata ini populer di wilayah China atau Asia, para koki yang memasak menggunakan wajan awalnya tidak pernah fokus pada elemen “hei” yang dihasilkan wajan. Beberapa negara memiliki beragam teknik Apk Poker 77 memasak yang berbeda. Ini karena menyesuaikan dengan lidah masyarakatnya. Teknik memasak biasanya diciptakan untuk mendapatkan tekstur, rasa, dan wangi masakan berbeda dari cara masak biasa.

1. Shuizhu
5 Teknik Memasak Asal China yang Unik Banget, Sudah Tahu Semua?

Suizhu atau teknik yang disebut air rebus ini berasal dari daerah Sichuan. Teknik ini menghasilkan kaldu nikmat dari irisan daging atau ikan yang dicampur dengan bahan -bahan, seperti bawang bombai, jamur, tauge, bayam, dan seledri.

Selain bahan tersebut, poin penting untuk rasa kaldu adalah tambahan saus yang terbuat dari cabai kering dan merica Sichuan, kemudian diberi minyak secukupnya. Rasa yang dihasilkan teknik suizhu ini adalah rasa pedas nikmat yang tajam.

2. Sup slow-cooked cantonese
5 Teknik Memasak Asal China yang Unik Banget, Sudah Tahu Semua?

Teknik slow cooking untuk sup ini merebus bahan dengan api kecil dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Bahan yang digunakan pada teknik ini biasanya adalah daging tanpa lemak, ikan, sayuran, dan rempah segar.

Bahan-bahan yang digunakan pada teknik slow cooking sup ini biasanya disesuaikan dengan musimnya. Teknik ini juga diciptakan dan dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan dan banyak digunakan di wilayah Hong Kong.

3. Char siu
5 Teknik Memasak Asal China yang Unik Banget, Sudah Tahu Semua?

Char siu memiliki arti garpu panggang. Dinamakan demikian karena teknik aslinya menggunakan garpu panjang untuk dipanggang di atas api. Bahan dari teknik char siu pada umumnya menggunakan daging babi.

Namun yang membedakannya dari teknik barbeku biasa adalah marinasi daging yang menggunakan kecap, saus hoisin, anggur beras, dan adas. Saat disajikan, char siu biasanya diiris tipis, disuwir, atau dipotong dan dinikmati sebagai menu utama.

4. Red cooking
5 Teknik Memasak Asal China yang Unik Banget, Sudah Tahu Semua?

Red cooking atau yang dikenal rebusan merah ini menggunakan banyak bahan yang rasanya cukup seimbang. Bahan-bahan tersebut adalah kecap, gula karamel, anggur beras, dan lima bumbu rempah China, yaitu kapulaga hitam, adas bintang, biji adas, cassia, dan merica Szechuan.

Teknik ini memiliki dua jenis cara masak, yaitu lu yang menggunakan banyak campuran air dan bumbu yang dimasak selama berjam-jam. Sedangkan hong shao hanya menggunakan sedikit air dan dimasak beberapa jam. Teknik red cooking menghasilkan warna merah gelap apda makanan.

5. Hot pot
5 Teknik Memasak Asal China yang Unik Banget, Sudah Tahu Semua?

Teknik tradisional China ini hanya menyiapkan kuah kaldu yang dipanaskan dan mencampurkan beberapa bahan ke dalamnnya. Bahan yang digunakan biasanya adalah khas Asia Timur, seperti jamur, irisan daging, tahu, seafood, sayuran, udang, kentang, dan lainnya.

Teknik ini menggunakan wadah atau pot khusus yang dipanaskan di atas api dan kini memiliki beragam variasi. Hot pot memiliki beragam jenis dan biasanya dinikmati bersama dengan saus celup.

Dalam penelitiannya, ia juga menemukan trik koki yang sering kali memutar wajan dibanding mengangkat seluruh wajan —sebagai salah satu cara menghemat energi dan meningkatkan kecepatan memasak.
Rata-rata koki dalam penelitian Ko melempar wajan mereka dengan kecepatan 2,7 kali per detik. Inilah sebabnya mengapa banyak koki di China yang menderita cedera otot.