Inilah Hidangan Olahan Nasi Khas Tiongkok Bercita Rasa Lezat

Inilah Hidangan Olahan Nasi Khas Tiongkok Bercita Rasa Lezat

Inilah Hidangan Olahan Nasi Khas Tiongkok Bercita Rasa Lezat – Masakan Tionghoa adalah kuliner yang dihasilkan oleh orang Tionghoa, baik yang ada di Tiongkok, maupun yang ada di perantauan, termasuk di Indonesia. Istilah masakan Tionghoa di Tiongkok daratan juga mengacu kepada variasi dari seluruh suku bangsa, agama dan tradisi yang berkembang di negara tersebut.

Namun, masakan Tionghoa yang diperkenalkan kepada banyak bangsa di dunia mayoritas merupakan masakan etnis Han. Pengaruh masakan etnis Han ada di setiap kuliner negara-negara timur dan menyebar di luar komunitas-komunitasnya di seluruh dunia.

Tiongkok terkenal dengan variasi makanannya yang lezat dan menggoyang lidah. Banyak di antaranya bahkan telah mendunia dan mudah ditemukan di Apk Poker 77 berbagai negara. Salah satu menu andalan dari negara ini adalah olahan nasinya. Terdapat beberapa olahan nasi yang sukses menarik perhatian banyak wisatawan. Rasa dan aromanya pun sangat menggugah selera.

1. Nasi Goreng Yuanyang (鸳鸯炒饭)

Nasi goreng Yuanyang atau Yin Yang merupakan hidangan tradisional yang berasal dari Hong Kong. Biasanya terdiri dari sepiring nasi goreng dengan bebek, sambal kecap, bawang bombay, udang, kacang polong, dan putih telur. Nama “yuanyang”, yang mengacu pada bebek mandarin, merupakan simbol cinta suami-istri dalam budaya Tionghoa, karena burung tersebut biasanya muncul berpasangan, namun jantan dan betinanya terlihat sangat berbeda. Konotasi yang sama dari “pasangan” yang terlihat sangat berbeda ini kemudian digunakan untuk menamai nasi ini. Dikarenakan terdapat makna cinta, sajian ini kerap muncul dalam acara makan malam pernikahan atau perayaan serupa.

2. Nasi Goreng Hokkien (福建炒饭)

Nasi goreng Hokkien adalah hidangan nasi Tiongkok populer yang berasal dari Provinsi Fujian. Untuk menyiapkannya, nasi dan telur terlebih dahulu digoreng bersama, lalu di atasnya diberi kuah kental yang terbuat dari ayam, jamur kering, seafood, dan sayuran.

3. Sizzling Rice in Tomato Sauce (番茄酱炒饭)

Sizzling Rice in Tomato Sauce adalah hidangan tradisional Hangzhou yang terdiri dari saus tomat panas yang dituangkan di atas guoba panas (kerak nasi). Aroma yang mengundang menciptakan suara desis yang khas, sesuai dengan namanya. Hidangan lezat ini biasanya dipadukan dengan ayam suwir dan udang goreng atau jenis makanan laut lainnya.

4. Nasi Daun Teratai (荷叶饭)

Nasi daun teratai adalah masakan Tiongkok klasik yang terdiri dari ketan dibungkus dan dikukus dengan daun teratai. Nasi biasanya direndam, dibumbui dengan berbagai bumbu, dan dicampur dengan bahan tambahan seperti ayam, jamur, udang, daun bawang, serta telur asin. Saat dikukus, nasi akan tercampur dengan bumbu dan keharuman lembut dari daun teratai.

5. Nasi Goreng Yangzhou (扬州炒饭)

Nasi goreng Yangzhou terdiri dari nasi, telur, wortel, jamur, kacang polong, udang, daging, daun bawang, dan ham Tiongkok. Versi tradisional sering kali memasukkan teripang, daging kepiting, dan rebung. Saat ini, ada banyak versi hidangan yang dibumbui dengan kecap, saus merah, atau anggur beras Shaoxing.

Diyakini bahwa hidangan tersebut berasal dari Jenderal Yang Su dari Dinasti Sui. Karena itu adalah salah satu hidangan favoritnya, dia memperkenalkannya ke budaya Yangzhou ketika berpatroli di Jiangdu dengan Kaisar Yangdi. Awalnya, ini adalah makanan petani yang disiapkan dengan nasi sisa yang dikombinasikan dengan potongan kecil daging dan sayuran.

Penyiapan masakan Tionghoa untuk sehari-hari dapat singkat dan mudah, tetapi untuk acara formal bisa menjadi hidangan yang beragam dan meriah. Filosofi masakan Tionghoa adalah makanan harus memuaskan selera dan melengkapi rasa, meskipun sederhana bahan-bahannya.