Inilah Beragam Kopi Terfavorite & Terkenal yang Ada di Asia

Inilah Beragam Kopi Terfavorite & Terkenal yang Ada di Asia

Inilah Beragam Kopi Terfavorite & Terkenal yang Ada di Asia – Wilayah Asia Tenggara tercatat sebagai salah satu kawasan penghasil kopi paling besar di dunia. Negara penghasil kopi terbesar di Asia Tenggara salah satunya adalah Indonesia. “Iklim dan lokasi geografis Asia Tenggara ideal untuk budidaya kopi.

Budaya dan kemampuan produksi kopi di Asia Tenggara juga berkontribusi pada pesatnya industri kopi di wilayah ini,” tulis ASEAN Briefing dilihat detikcom pada Rabu (10/2/2021). Asean Briefing mencatat tiga wilayah yang menjadi penghuni tetap negara penghasil kopi terbesar di Asia Tenggara, serta satu wilayah yang terus memaksimalkan potensinya.

Kopi menjadi salah satu minuman wajib bagi sebagian orang, terutama orang-orang yang berada di negara-negara Asia. Hal tersebut menciptakan beragam variasi idn poker mobile kopi yang terkenal nikmat. Tak hanya kopi yang disajikan panas, kopi-kopi ini juga tetap enak saat disajikan dingin dengan berbagai campuran bahan. Berikut enam ragam kopi paling populer di Asia, ada kopi luwak lho!

1. Kopi Turki
6 Ragam Kopi Paling Populer di Asia, Ada Kopi Luwak Lho!

Kopi Turki merupakan kopi yang terbuat dari biji kopi sangrai yang ditumbuk halus dan dicampur dengan air dingin ke dalam teko kopi tradisional yang disebut cezve atau ibrik. Kemudian kopi diseduh dengan api kecil hingga berbusa dan hampir mendidih. Hal tersebut akan menghasilkan kopi yang kuat dan unik.

Teknik khusus dalam menyeduh kopi inilah yang membedakan kopi ini dari jenis kopi lainnya. Saat disiapkan dengan benar, kopi Turki ditandai dengan warna gelap, busa tebal di permukaan, konsistensi homogen, dan rasa yang kuat dengan nada pahit.

2. Kopi Luwak
6 Ragam Kopi Paling Populer di Asia, Ada Kopi Luwak Lho!

Kopi luwak Indonesia sering disebut-sebut sebagai kopi termahal di dunia. Kopi jenis ini terbuat dari biji kopi yang dicerna dan dikeluarkan oleh luwak, yang merupakan mamalia mirip kucing yang berasal dari Asia Tenggara. Selanjutnya dicuci, digiling, dan dipanggang.

Dipercaya bahwa ketika biji kopi melewati saluran pencernaan hewan, mereka kehilangan astringennya, yang membuat kopi lebih lembut, halus, dan tidak terlalu pahit.

3. Es Kopi Vietnam
6 Ragam Kopi Paling Populer di Asia, Ada Kopi Luwak Lho!

Es Kopi Vietnam merupakan minuman yang mengkombinasikan kopi kental, susu kental, dan es. Kopi jenis ini secara tradisional dibuat dengan kopi Vietnam yang ditumbuk sedang atau kasar. Biasanya menggunakan variasi robusta, yang diseduh menggunakan filter drip phin, di mana kopi diseduh dan kemudian perlahan-lahan diteteskan ke dalam cangkir.

Kopi selanjutnya dituangkan di atas es dan dicampur dengan susu kental. Biasanya disajikan dalam gelas tinggi.

4. Kopi Vietnam
6 Ragam Kopi Paling Populer di Asia, Ada Kopi Luwak Lho!

Budaya meminum kopi adalah bagian penting dari kehidupan sehari-hari bagi penduduk Vietnam. Saat ini, negara ini menjadi salah satu produsen kopi terbesar dan pengekspor varietas kopi robusta terkemuka. Robusta juga merupakan variasi yang paling umum digunakan di Vietnam.

Kopi Vietnam adalah salah satu kopi yang paling populer di negara ini. Kopi ini mampu mencapai rasa yang cukup kuat dan tekstur yang tebal karena proses pemanggangan yang lambat dan panjang. Kadang-kadang, kacang juga dipanggang dengan mentega dan gula. Terkadang juga menambahkan kakao dan vanila selama pemanggangan.

5. Dalgona
6 Ragam Kopi Paling Populer di Asia, Ada Kopi Luwak Lho!

Dalgona merupakan kopi kocok berbusa yang disajikan di atas susu. Walaupun kopi jenis ini telah dikenal secara internasional sebagai minuman Korea Selatan, versi serupa umumnya juga ada di negara-negara Asia lainnya. Versi dasar kopi ini dibuat dengan bagian yang sama dari kopi instan, gula, dan air.

Kombinasi tersebut selanjutnya dikocok hingga menghasilkan warna seperti karamel dan tekstur berbusa. Kemudian secara tradisional disendok di atas susu.

6. Kopi Arab
6 Ragam Kopi Paling Populer di Asia, Ada Kopi Luwak Lho!

Kopi Arab adalah kopi yang dibuat dengan menyeduh biji kopi arabika. Kopi ini adalah minuman tradisional asal Timur Tengah. Kopi ini juga telah memainkan peran penting dalam kehidupan sosial Arab sejak abad ke-15. Minuman ini dicirikan oleh warnanya yang gelap dan rasa serta baunya yang kuat dan pahit.

Walaupun umumnya disajikan polos, tanpa gula, kapulaga sering ditambahkan untuk memberikan rasa kopi yang lebih ringan.

Variasi kopi khas negara-negara Asia ini tentu saja patut untuk dicoba. Selain nikmat, aromanya juga menggoda.

Bagi sebagian besar orang, kopi adalah minuman favorit yang bisa dinikmati tak hanya ketika bekerja, melainkan juga saat kumpul bersama teman-teman di kafe atau sebagai pelengkap rutinitas pagi hari, semisal membaca koran.