Hidangan Olahan Daging Bercita Rasa Lezat Khas Tiongkok

Hidangan Olahan Daging Bercita Rasa Lezat Khas Tiongkok

Hidangan Olahan Daging Bercita Rasa Lezat Khas Tiongkok – Masakan Tionghoa adalah kuliner yang dihasilkan oleh orang Tionghoa, baik yang ada di Tiongkok, maupun yang ada di perantauan, termasuk di Indonesia. Istilah masakan Tionghoa di Tiongkok daratan juga mengacu kepada variasi dari seluruh suku bangsa, agama dan tradisi yang berkembang di negara tersebut.

Namun, masakan Tionghoa yang diperkenalkan kepada banyak bangsa di dunia mayoritas merupakan masakan etnis Han. Pengaruh masakan etnis Han ada di setiap kuliner negara-negara timur dan menyebar di luar komunitas-komunitasnya di seluruh dunia. Penyiapan masakan Tionghoa untuk sehari-hari dapat singkat dan mudah, tetapi untuk acara formal bisa menjadi hidangan yang beragam dan meriah.

Filosofi masakan Tionghoa adalah makanan harus memuaskan selera dan melengkapi rasa, meskipun sederhana bahan-bahannya. Salah satu negara yang mempunyai hidangan Apk Poker 77 yang berbahan daging yang terkenal menggoyang lidah adalah Tiongkok. Beberapa olahan dagingnya juga menawarkan kenikmatian tersendiri.

1. Ayam Kung Pao
5 Kreasi Olahan Daging Khas Tiongkok yang Kaya Rasa  

Ayam kung pao adalah makanan yang berasal dari Sichuan. Makanan ini merupakan hidangan tumis pedas yang dibuat dengan ayam potong dadu, sayuran, kacang tanah, dan merica Sichuan.

Makanan ini menjadi lauk pauk favorit bagi penduduk Tiongkok dan juga wisatawan asing yang berkunjung.

2. Bebek Peking
5 Kreasi Olahan Daging Khas Tiongkok yang Kaya Rasa  

Bebek peking tak hanya populer di Tiongkok, namun di Indonesia juga banyak tempat makan yang menjualnya. Cara memasak makanan ini adalah bebek dimasak hingga kulitnya berwarna keemasan dan garing. Kemudian proses memasak tersebut akan menghasilkan daging yang empuk, sedikit manis, dan lembab.

Daging dan kulitnya kemudian dilipat menjadi pancake tipis atau roti kukus putih.

3. Hong Shao Rou
5 Kreasi Olahan Daging Khas Tiongkok yang Kaya Rasa  

Hong shao rou menjadi salah satu hidangan klasik Tiongkok yang berasal dari perut babi yang direbus. Cara pembuatannya yaitu daging tersebut direbus dan disiram dengan campuran rice wine, gula, dan kecap.

Makanan ini berasal dari provinsi Hunan di Tiongkok, tetapi sekarang secara tradisional dikaitkan dengan Shanghai.

4. Orange Chicken
5 Kreasi Olahan Daging Khas Tiongkok yang Kaya Rasa  

Orange chicken merupakan salah satu hidangan yang berasal dari wilayah Hunan. Makanan ini adalah hidangan yang terdiri dari ayam yang digoreng dengan jeruk asam manis dan saus cabai.

Dalam pembuatannya, hidangan ini memerlukan ayam, telur, tepung jagung, jeruk, gula, cuka beras, bawang putih, kecap, jahe, dan serpihan cabai merah.

5. Siu Yuk
5 Kreasi Olahan Daging Khas Tiongkok yang Kaya Rasa  

Siu yuk merupakan makanan berat yang kebanyakan dikonsumsi dalam jumlah kecil. Makanan ini dibuat dengan memanggang babi utuh yang dibumbui dalam tungku arang pada suhu yang sangat tinggi. Proses tersebut menghasilkan daging yang lezat dan empuk serta kulinya menjadi renyah.

Secara tradisional, makanan ini akan dihidangkan apa adanya, namun juga terkadang disertai dengan saus hoisin atau kecap untuk menambah cita rasa.

Olahan daging asal negara ini terlihat menggugah selera dari visualnya saja. Jika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mencicipinya ya.

Sama seperti bangsa lain, sejak zaman primitif, orang Tionghoa bergantung pada hasil buruan dan tangkapan dari laut atau sungai. Seiring berjalannya waktu, baik produk daging hewan dan pertanian menjadi sajian dalam konsumsi sehari-hari.

Pada waktu tertentu ada kecenderungan kuat pada konsumsi makanan berbasis sayur-sayuran, menyusul pengenalan agama Buddha yang melarang membunuh hewan. Kebiasaan ini meningkat pada zaman Dinasti Tang dan Song di mana populasi bertambah banyak dan agama Buddha banyak dianut.