Enam Orang di Shanghai Terinfeksi Covid-19 Varian Delta

Enam Orang di Shanghai Terinfeksi Covid-19 Varian Delta

Enam Orang di Shanghai Terinfeksi Covid-19 Varian Delta – Senin, 7 Mei 2021, pemerintah pertama kali mendeteksi varian Delta yang dilaporkan akhir Mei 2021. Guangzhou, kota berpenduduk lebih dari 15 juta orang dan ibu kota provinsi, telah melaporkan 96 kasus infeksi varian Delta dari lebih dari 100 kasus dalam wabah terbaru ini.

Cina—tempat virus corona pertama kali diidentifikasi tahun lalu—dengan cepat mengendalikan epidemi dan memiliki sangat sedikit kasus selama 12 bulan terakhir. Namun, klaster telah muncul di beberapa bagian negara termasuk kota-kota besar seperti ibu kota Beijing dan pusat keuangan Shanghai.

Otoritas kesehatan Shanghai, Tiongkok, melaporkan enam kasus baru positif COVID-19 varian Delta baru-baru ini. Menurut keterangan otoritas setempat, pada Minggu (22/8/2021), kasus varian Delta itu ditemukan pada orang yang telah menerima vaksinasi COVID-19 dosis lengkap.

1. Data pasien yang terinfeksi
Sudah Vaksinasi Lengkap, 6 Orang di Shanghai Positif Varian Delta

Dikutip dari ANTARA, semua pasien itu terinfeksi pada hari yang berbeda dan bekerja di bidang yang berbeda juga.

Satu orang yang bekerja sebagai petugas medis di salah satu rumah sakit, terinfeksi pada Rabu (18/8/2021), sedangkan lima lainnya pekerja bagian logistik di Bandar Udara Internasional Pudong terinfeksi pada Jumat (20/8/2021) dan Sabtu (21/8/2021).

2. Dua dosis vaksin disebut mampu cegah varian Delta
Sudah Vaksinasi Lengkap, 6 Orang di Shanghai Positif Varian DeltaPetugas medis dengan pakaian pelindung menerima pasien di Pusat Konferensi dan Pameran Internasional Wuhan, yang diubah menjadi rumah sakit sementara bagi pasien dengan gejala ringan akibat virus corona, di Wuhan, provinsi Hubei, Tiongkok

Meskipun telah ada laporan pasien yang terinfeksi adalah yang telah divaksinasi lengkap, penelitian yang dilakukan tim yang dipimpin pakar terkemuka epidemiologi Prof Zhong Nanshan menyatakan suntikan dua dosis vaksin inaktif masih efektif mencegah infeksi Delta.

Sekitar 59 persen efikasinya mampu mencegah gejala Delta, seperti yang pernah terjadi di Guangzhou, Provinsi Guangdong.

Vaksin inaktif buatan Tiongkok 70,2 persen efektif mencegah gejala sedang dan 100 persen gejala serius, demikian hasil penelitian tersebut yang dipublikasikan di Jurnal Emerging Microbes & Infections pada 14 Agustus 2021.

3. Shanghai sudah vaksinasi 80 persen warganya
Sudah Vaksinasi Lengkap, 6 Orang di Shanghai Positif Varian Delta

Vaksinasi COVID-19 di Shanghai telah menjangkau 80 persen penduduk dewasa. Jumlah ini sama dengan angka vaksinasi di Beijing.

Kasus sporadis Delta di Tiongkok rata-rata berawal dari bandar udara internasional, seperti di Nanjing, Guangzhou dan Shanghai.