Deretan film Asia yang Sangat Menginspirasi Dalam Kehidupan

Deretan film Asia yang Sangat Menginspirasi Dalam Kehidupan

Deretan film Asia yang Sangat Menginspirasi Dalam Kehidupan – Film, juga dikenal sebagai movie, gambar hidup, film teater atau foto bergerak, merupakan serangkaian gambar diam, yang ketika ditampilkan pada layar akan menciptakan ilusi gambar bergerak karena efek fenomena phi. Ilusi optik ini memaksa penonton untuk melihat gerakan berkelanjutan antar objek yang berbeda secara cepat dan berturut-turut. Menonton Film adalah salah satu pilihan tepat untuk mengisi akhir pekan maupun waktu luang.

Ada banyak pilihan genre ataupun tema film yang tersedia, salah satunya adalah film yang mengangkat tema keluarga dan kehidupan. Topik tersebut selalu menjadi favorit para pecinta film, sebab kisahnya yang selalu dirasa relatable dan benar-benar menggambarkan kehidupan nyata.

Sederet film Asia ini juga berhasil mengangkat topik keluarga dan kehidupan yang dikemas begitu menarik, sehingga benar-benar membuat penonton merasakan perasaan campur aduk. Dan berikut ini adalah rekomendasi film Asia bertema keluarga dan kehidupan yang akan menginspirasi, tentunya sangat menghibur untuk ditonton!

1. The Farewell (2019)
5 Film Asia tentang Keluarga dan Kehidupan, Menyentuh Hati!

The Farewell adalah salah satu film yang berasal dari negeri China. Film ini menggambarkan kisah mengharukan dari sebuah keluarga yang merasa kehilangan akan orang yang mereka cintai.

Diperankan Awkwafina sebagai Billi, seorang calon penulis di New York, yang menuju ke China setelah mengetahui bahwa neneknya Nai Nai (Zhao Shuzhen) hanya memiliki beberapa bulan untuk hidup.

Dalam film ini, kita diberikan beberapa pemahaman baru karena turut menyajikan perbedaan budaya antara Timur dan Barat. Bergenre komedi dan tragedi, film ini akan membuatmu tertawa sekaligus merasa sedih dengan kisah yang akan terungkap.

2. House of Hummingbird (2020)
5 Film Asia tentang Keluarga dan Kehidupan, Menyentuh Hati!

Film yang berasal dari Korea Selatan ini rilis pada tahun 2020. House of Hummingbird berkisah tentang seorang remaja yang terlantar, Eun Hee (Park Ji Hu), yang berjuang untuk menemukan jati dirinya sendiri. Dia selalu merasa kesepian karena orangtuanya yang telah berpisah dan kakaknya yang selalu berperilaku kasar kepadanya.

Eun Hee tidak terlalu mahir dalam studinya, tetapi dia memiliki bakat menggambar. Dia selalu mencari makna kehidupan dari berbagai orang yang datang ke dalam hidupnya.

Film ini berhasil membawakan kisah yang sensitif dan realistis tentang kehidupan masa remaja yang tidak selalu menyenangkan, didukung oleh akting menyentuh oleh Park Ji Hu yang memerankan karakter Eun Hee dengan sangat baik.

3. Certain Up! (2020)
5 Film Asia tentang Keluarga dan Kehidupan, Menyentuh Hati!

Certain Up! adalah film dokumenter inspiratif yang berfokus pada sekelompok anak klub teater sekolah dasar di Chinatown, New York. Film ini memberikan gambaran sekilas kepada penonton tentang proses produksi musik dan menunjukkan manfaat teater bagi anak-anak.

Film ini juga menyoroti tantangan tumbuh sebagai anak-anak Asia-Amerika dan menimbulkan pertanyaan tentang identitas budaya, stereotip, harapan keluarga, dan ketidakpastian pasca-kelulusan.

Anak-anak yang pandai berbicara dalam film ini selalu jujur terhadap mimpi dan ketakutan. Mereka sangat menyadari rintangan di depan, namun mereka tidak malu untuk terus mengejar impian mereka.

4. Hang in There Kids! (2016)
5 Film Asia tentang Keluarga dan Kehidupan, Menyentuh Hati!

Film ini berkisah tentang tiga anak laki-laki dari suku Sqoyaw, Taiwan asli yang tinggal di pegunungan pedesaan.

Meskipun kehidupan di luar kota tampak sederhana, karakternya tidak terbebas dari kesulitan hidup. Watan (Buya Watan) yang lucu, yang dibesarkan oleh neneknya, sangat senang dengan kembalinya saudara laki-lakinya yang putus sekolah. Ayah Lin Shan (Suyan Pito) ingin menjadi penyanyi, tetapi dia selalu mabuk untuk mengalihkan perhatiannya dari kehidupan. Sementara Chen Hao (Watan Silan) memiliki hubungan cinta dengan ayahnya, dia merindukan ibunya yang pindah ke kota setelah perceraian mereka.

Film ini dengan indah menangkap kesederhanaan dan kegembiraan hidup, bahkan selama masa-masa sulit. Ketiga anak laki-laki dewasa sebelum waktunya dan persahabatan mereka yang indah sungguh menyentuh, sekaligus menyenangkan untuk ditonton.

5. Minari (2020)
5 Film Asia tentang Keluarga dan Kehidupan, Menyentuh Hati!

Disutradarai oleh Lee Isaac Chung, Minari mencetak enam nominasi di Academy Awards 2021, dengan aktris Youn Yuh Jung membuat sejarah dengan menjadi pemain Korea pertama yang memenangkan Academy Award.

Film ini menggambarkan sebagian besar permasalahan keluarga dan mimpi pasangan imigran Korea Selatan, Jacob (Steven Yeun) dan Monica (Yeri Han), yang telah memutuskan untuk memindahkan anak-anak mereka yang lahir di Amerika, menuju ke luar kota untuk tinggal di sebuah kota kecil di Arkansas.

Akhir pekan akan semakin asyik, ketika dihabiskan dengan nonton film bareng keluarga, nih. Apalagi kalau filmnya kamu pilih dari deretan di atas, jaminan bagus dan penuh makna!

Proses pembuatan film merupakan gabungan dari seni dan industri. Sebuah film dapat dibuat dengan memotret adegan sungguhan dengan kamera film; memotret gambar atau model “miniatur” menggunakan teknik animasi  tradisional; dengan CGI dan animasi komputer; atau dengan kombinasi beberapa teknik yang ada dan efek visual lainnya.