Daftar Macam Makanan Roti Paling Populer di Filipina

Daftar Macam Makanan Roti Paling Populer di Filipina

Daftar Macam Makanan Roti Paling Populer di Filipina – Filipina atau Republik Filipina adalah sebuah negara republik di Asia Tenggara, sebelah utara Indonesia, dan timur laut Sabah. Filipina merupakan sebuah negara kepulauan yang terletak di Lingkar Pasifik Barat, Filipina memiliki segudang makanan enak yang bisa dicicipi sebagai kreasi baru di dalam menu masakan sehari-hari.

Selama ribuan tahun, warga kepulauan Filipina, dan pekerja keras ini telah mengembangkan sistem cocok tanam padi yang sangat maju, yang menyediakan makanan pokok bagi masyarakatnya. Tak cuma aneka hidangan utama yang bercita rasa gurih, melainkan ada juga yang datang dari keluarga roti.

Negara tersebut ternyata memiliki macam-macam roti populer yang sangat cocok untuk dimasak sebagai stok hidangan di rumah, nih. Bahkan isian dan bahan yang digunakan pun cukup beragam. Yuk, cari tahu lima daftar makanan tersebut berikut ini.

1. Pandesal
5 Macam Roti Menarik dari Filipina, Kaya Rasa dengan Bahan Unik!

Pandesal merupakan salah satu jenis roti gulung yang cukup diminati di Filipina dan negara sekitarnya. Sekilas, tiada beda antara roti ini dengan yang lain. Namun dalam variasinya, ada bahan baku yang bikin unik, yakni ube pandesal.

Ube dapat pula diartikan sebagai ubi. Namun, jenis yang digunakan adalah ubi ungu. Bahan tersebut akan dicampur dengan tepung, ragi, mentega, sampai telur. Kemudian masih ada isian enak yang dibikin menggunakan keju, sehingga rasanya benar-benar luar biasa.

2. Kalihim
5 Macam Roti Menarik dari Filipina, Kaya Rasa dengan Bahan Unik!

Berpindah ke roti selanjutnya, Filipina memang tidak pernah habis kejutan untuk menciptakan sensasi makanan unik. Salah satunya dalam kreasi roti bernama kalihim ini. Terdapat semburat warna merah sebagai filling yang dibuat dari puding.

Menariknya, adonan puding tersebut dibuat menggunkan potongan roti, pewarna makanan, susu, gula, telur, dan juga mentega. Sedangkan adonan utamanya tentu saja dibuat memakai tepung terigu, gula, air hangat, susu, mentega, sampai gula beserta garam untuk perasa.

3. Ensaymada
5 Macam Roti Menarik dari Filipina, Kaya Rasa dengan Bahan Unik!

Jika kamu adalah pencinta roti empuk dengan cita rasa mentega yang kuat, maka Filipina menawarkan ensaymada untuk dicicipi. Hidangan tersebut masuk ke dalam kategori roti gulung tanpa isi, tapi ada topping melimpah yang bikin rasanya jadi maksimal.

Bahan pembuatan rotinya sendiri tidak jauh-jauh dari penggunaan tepung terigu, ragi, susu, kuning telur, maupun butter. Kemudian ketika roti sudah siap, tinggal sisipkan campuran mentega, gula putih, dan parutan keju untuk ditaruh sebagai penghias makanan ini.

4. Monay
5 Macam Roti Menarik dari Filipina, Kaya Rasa dengan Bahan Unik!ilustrasi monay (pexels.com/Karolina Grabowska)

Monay menjadi pilihan bagi kamu yang ingin menikmati roti polosan, tapi rasa dan teksturnya tetap tidak kalah juara. Makanan klasik ala Filipina ini biasanya disantap bersama selai buah sebagai sumber penambah rasa yang pas.

Sementara itu, untuk adonan utama pembuatan monay bread, tersusun atas tepung terigu, ragi, air hangat, susu, telur, mentega, gula, garam, serta ekstra susu bubuk. Ini supaya rasanya juga semakin nikmat ketika disajikan selepas keluar dari panggangan.

5. Filipina spanish bread
5 Macam Roti Menarik dari Filipina, Kaya Rasa dengan Bahan Unik!

Menyandang nama unik, membuat Filipino spanish bread ini menjadi sorotan banyak orang. Padahal dikatakan bahwa kesamaan roti ini dengan roti asal Spanyol terletak sebatas pada bentuknya yang sama-sama digulung.

Meski begitu, Filipino spanish bread tersebut memiliki isian yang membuat roti manis ini semakin disukai. Filling tersebut pun dibuat dari perpaduan gula cokelat, mentega, vanila, serta bread crumbs yang membuat teksturnya jadi berwarna.