Berikut Lima Kuliner Asia Berbahan Daikon Wajib Kamu Coba

Berikut Lima Kuliner Asia Berbahan Daikon Wajib Kamu Coba

Berikut Lima Kuliner Asia Berbahan Daikon Wajib Kamu Coba – Lobak putih adalah sebuah lobak musim dingin yang beraroma ringan yang biasanya ditandai dengan daun yang tumbuh cepat dan akar yang panjang, putih, berbentuk serbuk. Daikon memiliki nama latin Raphanus sativus dan merupakan sayur-sayuran.

Daikon juga dirujuk sebagai lobak putih, lobak putih panjang, lobak oriental, hingga lobak musim dingin. Awalnya asli ke benua Asia Timur, lobak putih dipanen dan dikonsumsi di seluruh wilayah, serta di Asia Selatan, dan sekarang tersedia secara internasional.

Lobak yang satu ini rupanya lazim digunakan dalam dunia kuliner Asia. Kreasi olahannya pun beragam antar negara. Dilansir dari Aplikasi IDN Poker77 Berikut 5 kuliner Asia berbahan daikon yang mungkin pernah kamu coba sebelumnya.

1. Dongchimi, Korea Selatan
5 Kuliner Asia Berbahan Daikon, Sudah Pernah Coba yang Mana?

Dongchimi adalah kimchi yang dibuat dari daikon, sawi, daun bawang, cabai hijau, jahe, bae, dan air asin. Kimchi jenis ini berair karena direndam di dalam air asin.

Keunikan dari kimchi yang satu ini adalah penggunaan kuah. Dongchimi umum disajikan saat musim dingin dan dijadikan sebagai banchan (hidangan pendamping).

2. Chai tow kway, China
5 Kuliner Asia Berbahan Daikon, Sudah Pernah Coba yang Mana?

Chai tow kway adalah hidangan umum atau dim sum dari masakan Teochew di Chaoshan, China. Ini juga populer di Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Taiwan dan Vietnam, terdiri dari kubus tumis kue lobak.

Chai tow kway pun memiliki dua versi yakni putih yang khas dengan tambahan telur, dan hitam yang menggunakan kecap manis.

3. Daikon no nimono, Jepang
5 Kuliner Asia Berbahan Daikon, Sudah Pernah Coba yang Mana?

Daikon no nimono juga dirujuk dengan sebutan simmered daikon radish. Pasalnya, teknik memasak yang digunakan untuk mengolah hidangan ini memang adalah simmering.

Pada simmering, air yang dipakai (untuk merebus bahan masakan) berjumlah relatif sedikit dan dimasak dengan api kecil hingga benar matang.

4. Đồ chua, Vietnam
5 Kuliner Asia Berbahan Daikon, Sudah Pernah Coba yang Mana?

Pengawetan adalah proses pengawetan atau perpanjangan umur simpan makanan baik dengan fermentasi anaerobik dalam air garam atau perendaman dalam cuka. Prosedur pengawetan biasanya memengaruhi tekstur dan rasa makanan.

Acar yang satu ini umum dilahap oleh masyarakat Vietnam. Đồ chua dapat dijadikan bahan campuran bagia masakan lain maupun disantap langsung.

5. Huah chai bpoh, Thailand
5 Kuliner Asia Berbahan Daikon, Sudah Pernah Coba yang Mana?

Huah chai bpoh adalah acar yang sering digunakan sebagai campuran makanan Thailand. Terbuat dari lobak yang difermentasi, Huah chai bpoh memiliki rasa manis dan asin yang membuat rasa masakan Thailan menjadi unik.

Di Thailand, daikon juga diolah menjadi acar. Acar tersebut bernama hua chai bpoh. Untuk cita rasanya, hua chai bpoh menyuguhkan sensasi manis yang berpadu asin.

Hidangan dari daikon fermentasi ini lazim ditambahkan ke dalam masakan utama. Salah satu yang paling umum adalah untuk pad thai.

Itulah 5 kreasi masakan asal benua Asia yang menggunakan daikon sebagai bahan dasarnya. Kalau kamu, sudah pernah mencoba yang mana, nih?