Berikut Lima Jenis Telur Buatan ala Filipina yang Unik

Berikut Lima Jenis Telur Buatan ala Filipina yang Unik

Berikut Lima Jenis Telur Buatan ala Filipina yang Unik – Telur adalah salah satu bahan makanan hewani yang dikonsumsi selain daging, ikan dan susu. Umumnya telur yang dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam, bebek, dan angsa, akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan. Telur menjadi salah satu bahan makanan kaya manfaat yang mudah dijumpai di berbagai negara.

Harganya lebih bersahabat dan memiliki rasa yang tidak kalah enak dibandingkan daging atau komoditi serupa. Telur yang disterilkan dapat pula dipesan dan dimakan sebagaimana telur-telur yang tidak disterilkan, dengan sedikit perbedaan kandungan nutrisi.

Nah, dalam mengolah telur biasanya kita menggunakan dua cara paling umum, yaitu goreng langsung atau dijadikan telur dadar. Akan tetapi bila kamu bosan dengan sajian telur yang sama setiap saat, Dilansir dari Aplikasi IDN Poker77 berikut ini terdapat lima olahan telur ala Filipina yang unik dan pastinya menggugah selera.

1. Tortang talong
5 Ragam Olahan Telur ala Filipina yang Unik dan Mudah

Tortang talong, juga dikenal sebagai omelet terong, adalah potongan dari masakan Filipina yang dibuat dengan menggoreng terong utuh panggang yang dicelupkan ke dalam campuran telur. Ini adalah sarapan dan makan siang yang populer di Filipina.

Terung tersebut terlebih dahulu dimasak dengan cara dipanggang atau dibakar. Setelah itu barulah sayuran yang satu ini dilumuri menggunakan kocokan telur dan digoreng sampai matang.

2. Tortang sardinas
5 Ragam Olahan Telur ala Filipina yang Unik dan Mudah

Tortang sardinas artinya sarden dengan telur. Olahan ini merupakan salah satu lauk ekonomis dari telur yang banyak dimasak oleh masyarakat setempat. Sarden yang digunakan pun merupakan sarden kalengan yang siap diolah.

Selain itu, adapula yang memisahkan ikan dari saus dalam kaleng sarden untuk dicampur dengan telur lalu adonan akan diolah dengan cara terpisah. Setelah itu, saus sarden kemudian dimasak dan masukan ke dalam hidangan ikan yang telah digoreng bersama telur.

3. Tokneneng
5 Ragam Olahan Telur ala Filipina yang Unik dan Mudah

Tokneneng adalah salah satu sajian yang datang dari street food Filipina. Hidangan ini diproses menggunakan satu butir telur ayam utuh dan sudah melewati proses perebusan terlebih dahulu.

Masakan yang satu ini tidak cuma diolah dengan cara direbus saja, melainkan dicelupkan ke dalam adonan tepung berwarna kemerahan. Kemudian adonan tadi digoreng sampai tepung matang.

Uniknya, warna kemerahan tersebut tidak didapat dengan memakai pewarna buatan. Warna kemerahan tadi berasal dari biji annatto, yaitu sejenis bumbu yang berasal dari pohon archae, yang memang berfungsi menambahkan warna pada sebuah makanan.

4. Sipo egg
5 Ragam Olahan Telur ala Filipina yang Unik dan Mudah

Sipo egg merupakan hidangan berkuah yang memiliki konsentrasi cukup kental. Olahan satu ini terdiri dari telur, udang, serta sayuran pilihan. Di Filipina, olahan ini kerap muncul di acara khusus atau perayaan tertentu sebagai makanan pendamping.

Berbeda dari hidangan sebelumnya, sipo egg biasanya diproses menggunakan telur puyuh utuh yang sudah direbus. Selain itu, sayur yang dipakai biasanya terdiri dari wortel dan kacang-kacangan yang dipilih sesuai selera.

5. Tortang giniling
5 Ragam Olahan Telur ala Filipina yang Unik dan Mudah

Masih satu rumpun dengan keluarga omelette, kali ini telur dadar disebut dengan tortang giniling. Berbeda dari tortang talong, kali ini telur dadar diproses menggunakan daging cincang yang biasanya terdiri dari daging babi atau diganti memakai daging sapi.

Perbedaan olahan yang satu ini dengan telur biasa adalah pada proses pemasakan daging. Daging akan dimasak terlebih dahulu bersama dengan green peas dan paprika. Setengah matang, barulah dicampur dengan kocokan telur dan sedikit tepung.

Di negeri asalnya sendiri, tortang giniling biasa disajikan dengan nasi goreng atau saus tertentu. Bentuknya pun akan jadi lebih padat dan berisi karena penggunaan tepung terigu tadi.

Nah, itulah kelima olahan telur asal Filipina yang bisa menjadi inspirasi menu masakan di rumah. Selain memiliki proses pemasakan yang unik dan bahan baku menarik, rasa yang dihasilkan pun tidak kalah nikmat dari olahan telur biasa, lho.