Berikut Beberapa Rumah Sakit Terbaik yang Ada di Asia

Berikut Beberapa Rumah Sakit Terbaik yang Ada di Asia

Berikut Beberapa Rumah Sakit Terbaik yang Ada di Asia – Rumah Sakit adalah lembaga pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan dan gawat darurat yang pelayanannya disediakan oleh dokter, perawat dan tenaga ahli kesehatan lainnya. Dalam beberapa tahun terakhir, ilmu kedokteran berkembang sangat signifikan.

Perbandingan antara jumlah tempat tidur rumah sakit dengan jumlah penduduk Indonesia masih sangat rendah. Untuk 10 ribu penduduk cuma tersedia 6 ranjang rumah sakit. Teknologi yang lebih canggih membantu pasien bertahan hidup lebih lama. Ini ditunjang dengan dokter spesialis yang berpengalaman dan sepenuh hati dalam melayani pasien.

Semua itu bisa didapatkan di beberapa rumah sakit terbaik di Asia berikut ini. Apa saja fasilitas yang mereka tawarkan? Check this out!

1. Asan Medical Center (AMC), Seoul, Korea Selatan
7 Rumah Sakit Terbaik di Asia, Teknologinya Canggih

Rumah sakit ini didirikan pada tahun 1989 di tanah seluas 4 juta kaki persegi (371.612 meter persegi). Terdapat sekitar 3.000 tempat tidur, 67 kamar operasi, dan 3.000 perawat, dilansir Fair Reporters.

Departemennya berkembang dengan baik dan memiliki teknologi mutakhir. Mulai dari pusat kanker, pusat transplantasi organ, pusat jantung, hingga fasilitas gigi. Tak heran, AMC pernah menjadi “rumah sakit yang paling dikagumi” selama lima tahun berturut-turut!

2. Prince Court Medical Centre (PCMC), Kuala Lumpur, Malaysia
7 Rumah Sakit Terbaik di Asia, Teknologinya Canggih

Di tahun 2013, Prince Court Medical Centre (dinobatkan sebagai rumah sakit terbaik oleh Medical Travel Quality Alliance. Yang membuatnya unggul adalah fasilitas jantung, ilmu saraf, pusat perawatan luka bakar, departemen kesuburan in vitro, unit pemantauan janin, dan masih banyak lagi.

PCMC sendiri merupakan rumah sakit swasta dengan 270 tempat tidur yang terletak di pusat Kuala Lumpur. Mereka menjanjikan perawatan medis yang komprehensif dengan standar internasional, baik dari segi fasilitas, teknologi, dan layanan, mengutip Micurae.

3. Bumrungrad International Hospital, Bangkok, Thailand
7 Rumah Sakit Terbaik di Asia, Teknologinya Canggih

Bumrungrad International Hospital melayani lebih dari satu juta pasien per tahun. Para pasien ini berasal dari 190 negara di dunia. Berdasarkan data dari website resmi rumah sakit tersebut, 40 persen pasien adalah ekspatriat, turis, atau pelancong.

Dalam bahasa Thailand, “Bumrungrad” artinya adalah “peduli pada orang-orang”. Rumah sakit ini mempunyai sekitar 554 tempat tidur dan 30 pusat medis. Mereka melayani transplantasi hati, sumsum tulang, operasi kanker paru, prosedur pembesaran payudara, dan lainnya.

4. Gleneagles Hospital, Singapura
7 Rumah Sakit Terbaik di Asia, Teknologinya Canggih

Gleneagles Hospital dekat dengan Singapore Botanic Garden. Mereka menyediakan layanan diagnostik, pencitraan (imaging), dan spesialis yang lengkap. Rumah sakit ini didirikan sekitar 50 tahun yang lalu dan awalnya hanya mempunyai 50 tempat tidur.

Kini, jumlahnya bertambah menjadi 270 tempat tidur dengan lebih dari 300 spesialis yang bekerja siang-malam untuk menyembuhkan pasien. Layanan unggulannya adalah onkologi, kardiologi, gastroenterologi, bedah ortopedi, kebidanan dan ginekologi, hingga transplantasi hati, dilansir World’s Best Hospitals.

5. Taichung Tzu Chi Hospital, Taiwan
7 Rumah Sakit Terbaik di Asia, Teknologinya Canggih

Taichung Tzu Chi Hospital diresmikan pada 23 Januari 2007. Rumah sakit ini berada di bawah naungan Buddhist Tzu Chi Medical Foundation yang didirikan pada tahun 1986. Pasiennya berasal dari negara lain seperti Vietnam, Filipina, Malaysia, Sri Lanka, dan lainnya.

Spesialisasi rumah sakit ini adalah transplantasi organ, bedah kosmetik laser, pengobatan stroke dan tumor ganas, bedah ortopedi, hingga penelitian sel induk (stem cell research). Berkat inovasi dan dedikasinya, Taichung Tzu Chi Hospital memenangkan National Healthcare Quality Award di Taiwan pada tahun 2020.

6. National Hospital Organization Nagara Medical Center, Gifu, Jepang
7 Rumah Sakit Terbaik di Asia, Teknologinya Canggih

Didirikan pada tahun 2005, ini adalah penggabungan (merger) dua rumah sakit, yaitu National Hospital Organization Nagara dan National Hospital Organization Gifu. Yang membuatnya beda, rumah sakit ini mempunyai fasilitas khusus untuk pasien difabel.

Terdapat sekitar 470 tempat tidur di mana 120 di antaranya disediakan khusus untuk anak-anak dengan disabilitas berat, 80 untuk pasien distrofi otot, dan 52 untuk pasien tuberkulosis, mengutip Fair Reporters.

7. Hong Kong Sanatorium and Hospital
7 Rumah Sakit Terbaik di Asia, Teknologinya Canggih

Awalnya, tempat ini bernama Yeung Wo Nursing Home yang didirikan pada tahun 1922. Bermula dari 28 tempat tidur, kini menjadi 500 tempat tidur dengan lebih dari 30 pusat spesialis, dilansir Micurae.

Menyediakan unit cuci darah, bedah jantung, saraf, penyakit dalam, ortopedi, oftalmologi, bedah plastik, radiologi, fertilisasi in vitro, pediatri, kebidanan dan ginekologi, penyakit geriatri, kateterisasi jantung, diagnosis ultrasound, angiografi sinar-X, dan masih banyak lagi.