Berbagai Hidangan Ikonik Berbahan Cumi-cumi yang Ada di Asia

Berbagai Hidangan Ikonik Berbahan Cumi-cumi yang Ada di Asia

Berbagai Hidangan Ikonik Berbahan Cumi-cumi yang Ada di Asia – Hidangan Berbahan Dasar Cumi-cumi Biasanya disantap dalam berbagai hidangan; dalam bahasa Inggris, nama kuliner calamari sering dipakai untuk hidangan -hidangan cumi-cumi selain juga dipakai untuk beberapa hidangan gurita, terutama cumi-cumi/gurita goreng (calamari goreng).

Terdapat berbagai cara untuk menyiapkan dan memasak cumi-cumi, dengan setiap negara dan wilayah memiliki resepnya sendiri. Cumi-cumi goreng terdapat dalam hidangan Mediterania. Di Lebanon, Suriah dan Armenia, hidangan tersebut disajikan dengan saus tarator. Di Selandia Baru, Australia dan Afrika Selatan, hidangan tersebut dijual dalam toko-toko ikan dan kentang goreng.

Cumi merupakan salah satu seafood yang paling banyak ditemukan di  berbagai Apk Poker 77 negara. Hidangan cumi di tiap negara pun bervariasi. Ada yang diolah menjadi hidangan berkuah atau digoreng bersama tepung. Beberapa negara di Asia juga memiliki hidangan cumi yang popular dengan rasa yang nikmat banget lho.

1. Ikayaki (Jepang)
5 Hidangan Berbahan Cumi di Negara Asia, Sudah Pernah Coba?

Menjadi salah satu jajanan asal Jepang, ikayaki biasanya menggunakan cumi utuh yang ditusuk untuk dinikmati. Tentakel dari cumi tak digunakan dan bagian utuh cumi akan dimarinasi terlebih dulu.

Marinasi cumi ini menggunakan kombinasi kecap, jahe, pasta miso dan anggur beras. Setelah dimarinasi, cumi dipanggang sebentar sehingga hasil dagingnya lebih lembut dan kenyal.

2. Kalamar Tava (Turki)
5 Hidangan Berbahan Cumi di Negara Asia, Sudah Pernah Coba?

Kalamar tava adalah cumi goreng yang diiris tipis menyerupai bentuk cincin. Sebelum digoreng, cumi direndam ke dalam susu lalu dibalut dengan campuran adonan.

Adonannya sendiri terbuat dari tepung, baking soda dan garam, namun juga bisa ditambahkan bumbu lain seperti bubuk cabai. Kalamar tava lalu dinikmati bersama dengan saus tartar atau irisan lemon sebagai pelengkap.

3. Ojingeo Chae Bokkeum (Korea Selatan)
5 Hidangan Berbahan Cumi di Negara Asia, Sudah Pernah Coba?

Menu satu ini merupakan camilan pedas favorit Korea yang terbuat dari cumi kering. Rasa pedasnya berasal dari pasta cabai gochujang yang ditumis bersama dengan bawang putih, kecap, dan anggur beras.

Biasanya, ojingeo chae bokkeum disajikan di mangkuk kecil dan ditaburi wijen di atasnya. Orang Korea sering menikmatinya bersama dengan nasi atau sebagai camilan saat minum bir.

4. Muc mot nang (Vietnam)
5 Hidangan Berbahan Cumi di Negara Asia, Sudah Pernah Coba?

Mut moc nang atau yang dikenal cumi kering Vietnam ini merupakan hidangan tradisional asal daerah Phan Thiet. Terbuat dari cumi berukuran besar yang dikeringkan selama seharian baru kemudian dipanggang menggunakan arang.

Mut moc nang dikenal memiliki aroma lezat dan warna kuning cumi yang menggoda. Saat disajikan, cumi akan disuwir lalu dinikmati bersama saus ikan dan cabai serta segelas bir dingin.

5. Pla Muek Yang (Thailand)
5 Hidangan Berbahan Cumi di Negara Asia, Sudah Pernah Coba?

Pla muek yang adalah cumi bakar khas Thai yang dibalur dengan saus asam manis. Saus ini merupakan kombinasi dari saus ikan, cabai, bawang putih, gula dan air jeruk nipis.

Setelah dipanggang, cumi akan dinikmati sebagai appetizer atau sering dikombinasikan dengan salad. Pla muek yang sering disajikan dengan taburan kacang dan daun sup. Menu satu ini mudah ditemukan di warung-warung pinggir jalan di Thailand.

Berikut adalah komposisi kandungan gizi cumi-cumi yang dihitung per 100 gram, di antaranya adalah:

  • Kalori: 75
  • Air: 82.2 gram
  • Protein: 16.1 gram
  • Kalsium: 32 mg
  • Natrium: 37 mg
  • Fosfor: 200 mg
  • Kalium: 204.1 mg
  • Beta karoten: 20 mcg
  • Vitamin B12: 1.3 mcg
  • Vitamin E: 1.2 mcg