Beragam Jenis Teh Khas Tiongkok yang Bisa Merilekskan Tubuh

Beragam Jenis Teh Khas Tiongkok yang Bisa Merilekskan Tubuh

Beragam Jenis Teh Khas Tiongkok yang Bisa Merilekskan Tubuh – Teh adalah minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas. Teh yang berasal dari tanaman teh dibagi menjadi empat kelompok: teh hitam, teh oolong, teh hijau, dan teh putih.

Istilah “teh” juga digunakan untuk minuman yang dibuat dari buah, rempah-rempah atau tanaman obat lain yang diseduh, misalnya, teh rosehip, camomile, krisan dan jiaogulan. Teh yang tidak mengandung daun teh disebut teh herbal. Teh merupakan sumber alami kafeina, teofilin, dan  antioksidan dengan kadar lemak, karbohidrat atau protein mendekati nol persen. Cita rasa sedikit pahit dari teh merupakan kenikmatan tersendiri dari teh.

Teh merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Banyak variasi teh yang sangat kompleks dan beragam. Salah satu negara yang mempunyai beragam teh adalah Tiongkok. Negara ini mempunyai variasi Apk Poker 77 teh yang terkenal tak hanya di negaranya, namun sebagian juga terkenal di seluruh dunia.

1. Teh hitam
7 Ragam Teh Khas Tiongkok yang Bikin Tubuh Seketika Rileks

Teh hitam mempunyai kategori besar dan beragam dan yang membedakannya dari variasi teh lainnya adalah oksidasi berat dalam prosesnya. Ini karena daun teh dari tanaman Camellia sinensis mencapai warna gelap yang khas.

Ketika dalam proses penyeduhan, teh hitam umumnya akan memiliki rona kuning atau kecoklatan yang khas. Rasa serta aroma yang lebih kuat dapat berkisar dari gurih hingga manis.

2. Pu erh
7 Ragam Teh Khas Tiongkok yang Bikin Tubuh Seketika Rileks

Pu erh merupakan teh terkenal yang diproduksi secara eksklusif di provinsi Yunnan, Tiongkok. Teh ini mempunyai dua variasi utama.

Pertama, pu erh mentah yang tidak difermentasi yang disebut pu erh sheng. Kedua, pu erh yang sudah matang dan difermentasi atau yang lebih dikenal dengan pu erh shu.

Teh yang memiliki versi mentah mempunyai rasa nabati yang sangat segar dengan sedikit kepahitan dan rasa manis. Sementara yang matang, memiliki rasa ringan yang khas dan dapat dicapai melalui proses fermentasi.

3. Oolong
7 Ragam Teh Khas Tiongkok yang Bikin Tubuh Seketika Rileks

Oolong merupakan teh semi-teroksidasi yang dapat bervariasi tergantung pada gaya daun, tingkat oksidasi, warna, dan tingkat pemanggangan. Teh ini berada di antara teh hijau dan hitam.

Teh juga dapat memiliki warna yang bervariasi dari hijau pucat atau kuning hingga oranye tua. Sedangkan aromanya sering kali dapat seperti melon, aprikot, anggrek, atau rempah-rempah.

4. Bai mudan
7 Ragam Teh Khas Tiongkok yang Bikin Tubuh Seketika Rileks

Bai mudan merupakan sejenis teh putih Tiongkok yang mempunyai arti peony putih. Teh yang berasal dari Fujian ini umumnya dipetik pada saat musim semi.

Peony putih mempunyai dua variasi yang paling umum. Pertama, versi yang lebih ringan dan kurang fermentasi yag berasal dari Fuding. Kedua, variasi dari Zhenghe yang biasanya memiliki bentuk sedikit lebih berisi.

Kedua teh ini banyak menjadi favorit orang karena rasa manisnya yang halus dan menyegarkan.

5. Longjing
7 Ragam Teh Khas Tiongkok yang Bikin Tubuh Seketika Rileks

Longjing merupakan salah satu teh Tiongkok terbaik dan terpopuler. Teh ini mengalami proses pemanggangan. Setelah dipanggang, daunnya akan berwarna zamrud, lebar, rata, halus, dan rapuh.

Teh ini mempunyai rasa yang menyegarkan dan aroma vegetal yang lembut serta seringkali bernuansa butterytoasty, dan nutty.

Longjing berkualitas tinggi biasanya dipanen pada musim semi. Sementara teh yang  dipanen pada musim panas sebagian besar menghasilkan versi berkualitas rendah.

6. Sheng pu erh
7 Ragam Teh Khas Tiongkok yang Bikin Tubuh Seketika Rileks

Sheng pu erh merupakan salah satu teh paling populer di Tiongkok. Tak hanya menjadi favorit penduduk lokal, teh ini juga  kerapkali diburu oleh para wisatawan.

Teh yang dibuat di Yunnan ini memiliki proses produksi yang sederhana. Teh juga akan disimpan di tempat yang sejuk dan atau lembab.

7. Teh hitam keemun
7 Ragam Teh Khas Tiongkok yang Bikin Tubuh Seketika Rileks

Teh hitam keemun berasal dari Qimen di Provinsi Anhui. Teh ini menjadi salah satu teh hitam asal Tiongkok yang paling terkenal. Teh ini juga sering mendapat julukan sebagai teh burgundy.

Teh ini memiliki aroma yang harum. Ketika diseduh, teh akan memiliki warna seperti tembaga merah yang khas.

Teh menjadi minuman favorit banyak orang di seluruh dunia. Tiongkok mempunyai beragam teh yang bisa dicicipi dengan rasa yang khas dan tak ada duanya.

Teh bunga dengan campuran kuncup bunga melati yang disebut teh melati  atau teh wangi melati merupakan jenis teh yang paling populer di Indonesia. Konsumsi teh di Indonesia sebesar 0,8 kilogram per kapita per tahun, masih jauh di bawah negara-negara lain di dunia, walaupun Indonesia merupakan negara penghasil teh terbesar nomor lima di dunia.