Beragam Jenis Keju Khas Asia Terpopuler yang Kamu Harus Coba

Beragam Jenis Keju Khas Asia Terpopuler yang Kamu Harus Coba

Beragam Jenis Keju Khas Asia Terpopuler yang Kamu Harus Coba – Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan denga n bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet.

Hasil dari proses tersebut nantinya akan dikeringkan, diproses, dan diawetkan dengan berbagai macam cara. Dari sebuah susu dapat diproduksi berbagai variasi produk keju. Produk-produk keju bervariasi ditentukan dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetan.

Sebagian besar produsen keju di dunia memang terdapat di negara-negara di benua Eropa. Akan tetapi, benua Asia juga mempunyai beberapa idn poker mobile varian keju dengan kualitas tinggi yang berasal dari berbagai negara seperti Filipina, Israel dan masih banyak lagi. Kebanyakan produk keju khas Asia tersebut memiliki tampilan dan rasa yang lebih menarik serta dijual di rentang harga yang relatif terjangkau.

1. Akkawi
5 Jenis Keju Khas Asia yang Paling Populer, Cocok buat Dessert!

Akkawi merupakan keju tradisional yang berasal dari wilayah Acre, Israel. Keju ini dapat dibuat dengan menggunakan berbagai jenis susu di antaranya susu sapi, kambing dan domba.

Dari segi tekstur dan rasa, akkawi mempunyai tekstur yang lembut dan kenyal yang mirip dengan mozarella serta rasa asin yang sangat mendominasi. Hal inilah yang membuat jenis keju ini tidak cocok untuk dilelehkan.

Biasanya keju akkawi dioleskan pada roti pipih khas Timur Tengah atau dimakan bersama berbagai jenis buah-buahan pada saat makan malam.

2. Kesong puti
5 Jenis Keju Khas Asia yang Paling Populer, Cocok buat Dessert!

Bahan pembuatan dari kesong puti terbilang sangat berbeda jika dibandingkan dengan keju pada umumnya.

Kesong puti terbuat dari susu kerbau yang dicampur garam dan cuka putih. Keju ini memiliki rasa asin dan aroma yang cukup menyengat. Akan tetapi kesong puti mengandung protein yang sangat tinggi yang setara dengan lima kali kandungan protein dari susu sapi.

Kesong puti berasal dari negara Filipina tepatnya dari wilayah Cebu. Biasanya masyarakat setempat sering mengonsumsi keju ini pada saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

3. Dil
5 Jenis Keju Khas Asia yang Paling Populer, Cocok buat Dessert!Dikenal akan rasanya yang lezat dengan perpaduan rasa manis dan asin membuat keju dil menjadi bahan sarapan pagi favorit oleh sebagian besar masyarakat Turki. Keju ini terbuat dari jenis susu sapi serta mempunyai tekstur yang lembut dan berserat seperti mozarella.

Dari segi tampilan, keju dil memiliki warna putih segar dan sering dijual dalam bentuk potongan balok persegi panjang.

Dil merupakan keju tradisional yang berasal dari wilayah Bilecik, Turki.

4. Halloumi
5 Jenis Keju Khas Asia yang Paling Populer, Cocok buat Dessert!

Resep dari pembuatan keju halloumi diyakini telah ada sejak ratusan tahun lamanya. Halloumi merupakan salah satu keju tertua di negara Lebanon yang berasal dari wilayah Nicossia dan Lanarca.

Keju ini terbuat dari susu domba atau kambing yang diolah dengan teknik khusus dan menggunakan peralatan yang masih tradisional. Keju ini memiliki rasa seperti mint karena dalam proses pembuatannya memakai daun mint. Akan tetapi, halloumi memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga tidak cocok dikonsumsi bagi kamu yang mempunyai masalah dengan berat badan.

5. Chhena
5 Jenis Keju Khas Asia yang Paling Populer, Cocok buat Dessert!

Mengunjungi Bangladesh jangan lupa untuk mencicipi keju khas negara tersebut yang bernama chhena. Keju ini terbuat dari susu sapi dan memiliki proses pembuatan mirip keju ricotta asal Italia.

Dari segi tekstur dan rasa, chhena mempunyai tekstur yang lembut serta rasa manis yang membuatnya sangat cocok diolah menjadi hidangan pencuci mulut yang menggugah selera seperti rasgulla dan semolina. Selain itu, keju ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau.

Nah, itulah beberapa jenis keju khas Asia yang paling populer di kalangan  cheese lovers. Memang sih, kelima keju di atas didominasi tampilan luar berwarna putih dengan cita rasa autentik. Umumnya, hewan yang dijadikan sumber air susu adalah sapi. Air susu unta, kambing, domba, kuda, atau kerbau digunakan pada beberapa tipe keju lokal.

Makanan ini dikenal di seluruh dunia, tetapi diduga pertama kali dikenal di daerah sekitar Timur Tengah. Meskipun tidak dapat dipastikan kapan keju pertama kali ditemukan, menurut legenda keju pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pengembara dari Arab.