Beberapa Spesies Kucing Asia yang Punya Penampilan Menarik

Beberapa Spesies Kucing Asia yang Punya Penampilan Menarik

Beberapa Spesies Kucing Asia yang Punya Penampilan Menarik -Kucing disebut juga kucing domestik atau kucing rumah (nama ilmiah: Felis silvestris catus atau Felis catus) adalah sejenis mamalia  karnivora dari keluarga Felidae. Kata “kucing” biasanya merujuk kepada “kucing” yang telah dijinakkan, tetapi bisa juga merujuk kepada “kucing besar” seperti singa dan  harimau.

Kucing telah berbaur dengan kehidupan manusia paling tidak sejak 6.000 tahun SM, dari kerangka kucing di Pulau Siprus. Orang Mesir Kuno dari 3.500 SM telah menggunakan kucing untuk menjauhkan tikus atau hewan pengerat lain dari lumbung yang menyimpan hasil panen. Setiap spesies kucing memiliki penyebaran di berbagai daerah tertentu mulai dari wilayah benua Eropa, Asia hingga Afrika.

Untuk benua Asia, banyak sekali macam spesies kucing yang mempunyai penampilan menarik seperti idn poker mobile bentuk bulu, warna bola mata hingga ukurannya yang beraneka ragam. Maka tidak heran jika spesies kucing dari Asia sangat populer di kalangan pencinta kucing. Memiliki tingkah yang menggemaskan yang membuatnya cocok untuk dijadikan sebagai hewan peliharaan.

1. Persian
5 Spesies Kucing dari Asia yang Paling Populer, Gemas!

Kucing persian memang sangat dikenal dengan penampilannya yang menawan di mana tubuh dari kucing ini ditutupi oleh bulu tebal dan lembut. Selain itu, kucing yang berasal dari wilayah Iran dan Turki tersebut memiliki karakter yang lucu, anggun serta rasa ingin tahu yang tinggi. Dilansir dari laman Petkeen, kucing persian juga dapat bertahan hidup lama dengan usia maksimal 17 tahun.

Mereka mempunyai beberapa variasi warna bulu yaitu putih, hitam, abu-abu, krem dan masih banyak lagi. Sedangkan berat kucing persian berkisar antara 4 hingga 6 kilogram.

2. Siamese
5 Spesies Kucing dari Asia yang Paling Populer, Gemas!

Kucing siamese masuk dalam daftar spesies kucing tertua yang berasal dari wilayah Asia. Dulunya kucing ini banyak dipelihara oleh kaum bangsawan di benua Eropa. Yang menjadi daya tarik dari kucing siamese adalah perpaduan warna bulunya yang mencolok ,mata berwarna biru terang, hidung panjang, tubuh ramping serta tengkorak kepala berbentuk segitiga.

Di samping itu, kucing siamese memiliki kepribadian yang cerdas, mudah dilatih dan penyayang. Dengan pergerakannya yang aktif membuat mereka tidak cocok untuk dikurung di dalam kandang.

3. Burmese
5 Spesies Kucing dari Asia yang Paling Populer, Gemas!

Sesuai namanya, kucing burmese berasal dari negara Burma atau lebih dikenal saat ini dengan nama Myanmar. Spesies kucing ini memiliki sejarah unik dalam penemuannya dimana dulunya seorang profesor asal Amerika membawa kucing yang bernama Wong Mau dari Burma ke Amerika.

Kemudian, kucing Wong Mau tersebutlah yang menjadi indukan utama dari spesies kucing burmese. Mereka dikenal dengan sifatnya yang penuh kasih sayang, cerdas dan selalu waspada yang membuatnya cocok dijadikan sebagai hewan penjaga.

4. Japanese bobtail
5 Spesies Kucing dari Asia yang Paling Populer, Gemas!

Japanese bobtail merupakan salah satu spesies kucing unik dari negara Jepang. Kucing kuno ini diyakini berasal dari kepulauan Kuril yang dibawa ke beberapa wilayah pantai di Jepang dengan menggunakan perahu.

Dilansir dari laman Animalwised, yang membuat japanese bobtail terlihat menarik dikarenakan mereka memiliki ukuran ekor yang sangat pendek dan bengkok. Selain itu, mereka memiliki otot-otot tubuh yang kuat serta kaki belakang yang lebih panjang.

5. Dragon li
5 Spesies Kucing dari Asia yang Paling Populer, Gemas!

Jika kamu memiliki banyak hewan peliharaan di rumah maka dragon li dapat dijadikan sebagai kucing peliharaan yang tepat. Hal ini dikarenakan karakter dari kucing ini yang ramah serta dapat bersosialisasi dengan binatang apa pun. Dragon li merupakan spesies kucing yang berasal dari wilayah pegunungan di Tiongkok.

Mereka mulai populer di kalangan pecinta kucing di seluruh dunia sejak tahun 2003. Untuk memeliharanya pastikan rumah kamu memiliki ruangan yang luas karena dragon li dikenal dengan pergerakannya yang aktif dan lincah. Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia.

Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, dan sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.

Saat ini, kucing adalah salah satu hewan peliharaan terpopuler di dunia.  Kucing yang garis keturunannya tercatat secara resmi sebagai kucing trah atau galur murni (pure breed), seperti persia, siam, manx, dan sphinx. Kucing seperti ini biasanya dibiakkan di tempat pemeliharaan hewan resmi. Jumlah kucing ras hanyalah 1% dari seluruh kucing di dunia, sisanya adalah kucing dengan keturunan campuran seperti kucing liar atau kucing kampung.