15 Tempat Wisata Alam di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan dan perairan terbesar di Dunia yang terdiri dari 17.504 pulau. Dari Sabang sampai Merauke, tempat wisata di Indonesia bagai hamparan permadani dengan keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari kekayaan alam bawah laut sampai gugusan pegunungan.

Di Indonesia anda dapat melihat banyaknya budaya, suku, agama dan ras yang beragam. Setiap daerah banyak memiliki tempat wisata tersendiri. Namun tahukah anda apa saja Tempat Wisata Alam di Indonesia yang paling eksotis? Berikut ini adalah 15 Tempat Wisata Alam di Indonesia versi https://www.shanghaishiok.com/.

15 Tempat Wisata Alam di Indonesia

1. Pulau Komodo

Pulau Komodo

Pulau Komodo masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersama pulau-pulau lain di sekitar Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Komodo sejak tahun 1986 ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO. Tempat Wisata Alam di Indonesia ini dianggap sebagai habitat binatang komodo yang wajib dilindungi. Salah satu penghargaan tertinggi yang berhasil diraih adalah berhasil masuk dalam jajaran tujuh kejaiban alam di dunia atau yang lebih dikenal dengan New Seven Wonders of Nature di tahun 2011.

Tempat wisata ini menawarkan keindahan daratan dan alam bawah laut yang luar biasa. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini, mulai dari trekking, menyelam sampai snorkerling.

2. Trio Gili

Trio Gili

Trio Gili adalah 3 Pulau Cantik yang ada di Lombok. Ketiga pulau Tersebut diantaranya Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air. Ketiganya tak hanya dikenal oleh wisatawan domestik, tapi juga telah berhasil mengundang banyak wisatawan mancanegara untuk datang.

Diantara Trio Gili tersebut Gili Trawangan adalah yang paling populer. Selain karena ukurannya yang lebih luas dibanding kedua pulau lainnya, di sini juga telah berdiri banyak tempat hiburan seperti bar dan kafe. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini mulai dari berjemur, menyelam sampai snorkeling. Di Gili Trawangan anda juga dapat menyewa sepeda atau naik cidomo untuk berkeliling pulau.

Meski tidak sepopuler Gili Trawangan namun Gili Meno dan Gili Air tak kalah menarik. Kedua pulau tersebut juga memiliki keindahan pantai dan alam bawah laut yang menunggu untuk Anda jelajahi. Suasana keduanya relatif lebih sepi dan tenang sehingga cocok untuk Anda yang memang ingin lepas dari keramaian.

3. Raja Ampat

Raja Ampat

Raja Ampat adalah salah satu kepulauan yang tenang dan terpercil di Asia Tenggara yang terletak di Papua. Bagi pengunjung yang datang, pengunjung tidak akan terganggu suara yang ramai dan dapat bersantai dengan tenang.

Raja Ampat sendiri merupakan kumpulan dari pulau-pulau di ujung Papua. Ada empat pulau utama di sini, yaitu Waigeo, Misool, Salawati dan Batanta.

Kekayaan alam bawah laut Raja Ampat tak perlu diragukan lagi. Perairan di tempat wisata ini dikenal sebagai salah satu lokasi menyelam dan snorkeling terbaik di dunia. Bahkan The Nature Conservancy menyebut bahwa sekitar 75% biota laut dunia dapat ditemukan di perairan Raja Ampat.

Raja Ampat merupakan tempat yang sangat baik untuk dikunjungi bagi yang suka menyelam dengan airnya yang jernih dan terumbu karang yang masih asli. Lebih dari 200 tempat yang bagus untuk para penyelam dan penuh dengan spesies ikan yang berbeda-beda.

Jika pengunjung lebih menyukai aktivitas di darat, mereka bisa mendaki melewati hutan dan melihat Burung Cendrawasih serta berbagai macam hewan lainnya.

4. Danau Sentani

Danau Sentani

Danau Sentani dianggap sebagai Danau Terbesar di Papua karena luasnya sekitar 9.360 hektar dan berada di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut. Tempat wisata di Indonesia ini dihiasi dengan 21 pulau di sekitarnya yang menjadi perkampungan warga.

Hal menarik yang dapat anda lakukan di Danau Sentani seperti memancing, berenang atau berkeliling danau dengan perahu sewaan. Selain itu anda juga dapat mengunjungi rumah warga dan berbincang sambil menikmati kuliner khas Papua.

5. Bali

Bali

Bali merupakan tempat wisata yang paling banyak di kunjungi oleh wisatawan asing dan hampir sebagaian besar dari kota Bali adalah tempat wisata yang luar biasa. Bali memiliki banyak keindahan alam yang sangat indah mulai dari deretan pantainya, suasana pegunungannya sampai pura-pura sakralnya.

Dari sekian banyak tempat wisata menarik di Bali, yang paling populer di telinga wisatawan tentu saja Pantai Kuta, Pantai Legian, Pantai Seminyak, Pura Tanah Lot dan suasana pedesaan Ubud.

Bali menjadi bukti bahwa untuk bisa menari perhatian dunia internasional, budaya dan nilai kekhasan tak perlu dikorbankan. Dengan tetap menjaga budayanya, Bali justru mengundang banyak wisatawan asing untuk datang.

6. Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken

Tempat Wisata Alam di Indonesia yang ke-6 ialah Taman Laut Bunaken. Kekayaan dan Keragaman biota laut yang luar biasa seperti terumbu karang, rumput laut sampai spesies ikan yang ada membuatnya ditetapkan UNESCO sebagai situs warisan dunia pada tahun 2005.

Tempat wisata di Indonesia ini memiliki lebih dari 30 titik menyelam yang menjadi favorit banyak penyelam domestik maupun mancanegara. Selain menyelam dan bersentuhan langsung dengan ikan-ikan di sini, Anda juga bisa menyelam bersama kapal selam yang telah disediakan. Kapal ini memiliki dinding kaca transparan untuk memudahkan Anda melihat pemandangan bawah laut Taman Laut Bunaken tanpa terkena air dan basah.

7. Gunung Bromo

Gunung Bromo

Gunung Bromo selama ini memang menyimpan pemandangan alam yang sangat indah. Anda dapat menemukan pesona bukit seperti film teletubbies yang menawan, hamparan lautan pasir yang sempurna, dan beberapa kawah.

Di kawasan sekitar Gunung Bromo, kamu pun bisa berinteraksi dengan suku asli yang ada disana. Suku tersebut adalah Suku Tengger yang masih memiliki hubungan kerabat dengan kerajaan majapahit.

8. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Jika kamu sedang mencari tempat liburan di Indonesia yang berupa wisata alam terbaik di Indonesia dengan pesona ala Afrika yang kental, maka kamu bisa datang ke Taman Nasional Baluran. Di Taman Nasional Baluran ini kamu akan temukan padang savanna yang luas dengan aneka ragam satwa yang sulit kamu temukan di wilayah lain.

Berbagai spot wisata akan kamu temukan. Kamu pun bisa berfoto dengan satwa liar yang ada di Taman Nasional Baluran. Namun tetap kamu harus berhati – hati ketika berinteraksi dengan hewan liar yang ada di Taman Nasional Baluran.

Jika kamu suka dengan pemandangan laut, terdapat laut indah dengan terumbu karang alami yang cocok menjadi tempat terbaik diving di wilayah ini. Jangan lupa bawa kamera dan abadikan semua moment seru kamu selama berwisata di Taman Nasional Baluran.

9. Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya

Puncak Jayawijaya atau Puncak Carstensz adalah satu-satunya puncak gunung di Indonesia yang memiliki salju abadi. Puncak ini menjulang setinggi lebih dari 5.000 meter di atas permukaan laut. Gunung Jayawijaya masuk ke dalam daftar Seven Summits atau tujuh gunung dengan puncak tertinggi di dunia.

Hendrik Albert Lorentz adalah penakluk Puncak Jayawijaya ini pertama kali pada tahun 1909. Lorentz merupakan pendaki asal Belanda dan berhasil mendaki puncak bersalju ini bersama 6 orang suku Dayak Kenyah yang direkrutnya di Kalimantan. Setelah pendakian yang berhasil ini, mulai banyak pendaki yang mengikuti jejak Lorentz untuk menaklukan Puncak Jayawijaya.

Tempat Wisata Adat di Indonesia

10. Tana Toraja

Tana Toraja

Tidak dapat diragukan lagi jika Tana Toraja memiliki keindahan alam yang luar biasa mulai dari deretan pegunungan dan hijau perbukitannya. Tempat wisata di Indonesia ini juga kaya akan budaya leluhur yang masih dijaga sampai saat ini.

Banyak tradisi kuno yang masih dipertahankan, salah satunya adalah Rambu Solo’ yang merupakan upacara pemakaman di Tana Toraja. Tradisi ini merupakan satu-satunya upacara pemakaman termahal di Indonesia dan mungkin juga di dunia. Upacara ini dilakukan selama berhari-hari dengan biaya yang tak sedikit.

Salah satu ritual yang dilakukan adalah sembelih kerbau yang diperlukan cukup banyak sesuai kasta orang yang meninggal. Semakin tinggi kasta orang yang meninggal, maka semakin banyak kerbau yang dikorbankan.

Orang yang meninggal dianggap hanya sedang dalam kondisi sakit saja. Keluarga tetap memperlakukannya seperti orang yang masih hidup, mengajaknya mengobrol dan bercanda.

Tempat Wisata Sejarah di Indonesia

11. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan kompleks candi Buddha terbesar di dunia. Sehingga tidak heran jika Tempat Wisata Sejarah di Indonesia ini ditetapkan UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia pada tahun 1991. Candi Borobudur sempat terkubur abu vulkanik dari letusan Gunung Merapi, sampai kemudian ditemukan oleh Sir Thomas Stamford Raffles di tahun 1814.

Candi Borobudur diyakini sudah dibangun sejak tahun 824. Bangunannya tersusun dari balok vulkanik dan membentuk 504 arca Buddha, 72 stupa dan sebuah stupa induk tepat di puncak candi.

Di sini, Anda juga bisa membeli bermacam suvenir mulai dari kaos, gantungan kunci, kipas sampai miniatur Candi Borobudur. di Borobudur ada mitos yang di percaya apabila memasukkan tangan ke lubang stupa dan berhasil menyentuh arca yang ada di dalamnya, maka keinginan Anda akan terkabul.

12. Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah

Taman Mini Indonesia Indah merupalan sebuah tempat wisata museum raksasa untuk mengenal kebudayaan Indonesia. Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Indonesia yang digagas oleh Tien Soeharto ini menjadi tempat untuk melihat kebudayaan Indonesia dalam versi mini.

Anda bisa berkeliling danau ini dengan menggunakan perahu angsa yang telah disediakan. Terdapat juga Pulau buatan yang menyerupai pulau-pulau di Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Selain miniatur kepulauan Indonesia dan anjungan daerah, Taman Mini Indonesia Indah juga masih memiliki banyak museum dan wahana rekreasi untuk keluarga. Tempat wisata di Indonesia ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mengenalkan Indonesia pada anak-anak dengan cara yang menyenangkan.

13. Kepulauan Anambas Riau

Kepulauan Anambas Riau

Kepulauan Anambas di Riau adalah destinasi wisata pertama yang wajib dimasukkan ke dalam bucket list-mu. Tempat ini menyajikan pemandangan alam yang super cantik dan memesona.

Di sini, Anda akan dimanjakan dengan panorama pantai berpasir putih berpadu dengan air laut berwarna hijau toska. Bebatuan karang raksasa yang tersebar di seluruh pulau juga menambah daya tarik tempat ini sebagai tempat wisata di indonesia. Begitu eksotisnya, Kepulauan Anambas dinobatkan sebagai Kepulauan Tropis Terbaik di Asia pada tahun 2013.

14. Kepulauan Belitung

Kepulauan Belitung

Nama Belitung makin populer sejak munculnya novel “Laskar Pelangi” karya Andrea Hirata. Pulau yang terkenal sebagai penghasil timah ini menawarkan surga wisata yang dijamin akan membuatmu terpukau.

Ciri khas pantai di Kepulauan Belitung adalah batu granit raksasa yang tersebar di segala penjuru. Air laut yang biru jernih, pasir putih, dan pepohonan kelapa di bibir pantai adalah kombinasi sempurna untuk ciptakan momen liburan tak terlupakan.

15. Dieng Plateau

Dieng Plateau

Bergeser ke Jawa Tengah, ada tempat wisata menarik di Dataran Tinggi Dieng yang selalu jadi tujuan favorit wisatawan sepanjang tahun. Berada di ketinggian 2.000 mdpl, objek wisata yang juga dikenal sebagai Dieng Plateau ini merupakan sebuah kaldera yang dikelilingi gunung aktif.

Hawa di Dataran Tinggi Dieng sangat dingin. Pada waktu-waktu tertentu, suhunya bisa mencapai minus. Kalau beruntung, kamu bahkan bisa melihat salju. Ada banyak spot menarik yang bisa kamu temui di sini, seperti Telaga Warna, Kawah Candradimuka, Kompleks Candi Arjuna, Bukit Sikunir, dan lainnya.