Xi Jinping Sapa Joe Biden Sebagai Teman Lama Secara Virtual

Xi Jinping Sapa Joe Biden Sebagai Teman Lama Secara Virtual

Xi Jinping Sapa Joe Biden Sebagai Teman Lama Secara Virtual – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Pemimpin China Xi Jinping resmi mengadakan pertemuan secara virtual, waktu Washington atau sekitar pagi waktu Beijing. Dalam pertemuan itu, sejumlah hal dibahas mulai dari ekonomi hingga geopolitik.

Presiden China Xi Jinping menyapa Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sebagai teman lama saat keduanya bertemu secara virtual. Hal yang menarik adalah Biden memperlihatkan ekspresi yang tidak sependapat dengan sapaan Xi. Ungkapan yang disampaikan Xi adalah lao peng you, konotasi yang menunjukkan tingkat keakraban dan kepecayaan yang tinggi.

Keduanya pertama kali berinteraksi pada Agustus 2011, saat mengadakan percakapan selama berjam-jam dan melakukan perjalanan di Provinsi Sichuan. Kala itu Biden dan Xi belum mencapai jabatan tertingginya.

1. Xi ingin menunjukkan kedekatannya dengan Biden
Joe Biden Tak Mau Disebut Sebagai Teman Lama Xi Jinping

Presiden Center for China and Globalisation, Wang Huiyao, mengatakan ekspresi Xi menunjukkan niat baik yang tulus. Sementara Daniel Russel, diplomat tinggi AS untuk Asia di bawah mantan Presiden AS Barack Obama, menyebut ungkapan Xi sebagai upaya seorang pemimpin negara untuk membuka suatu pertemuan.

“Xi dengan sengaja menyapa Biden sebagai teman lama saya, setelah Biden selama musim panas menyangkal pertemanan mereka. Dia (isyarat Biden) seolah mengingatkan Xi supaya (China) bermain dengan aturan yang sama (sesuai hukum internasional,” kata Russel.

2. Makna teman lama di mata orang Tionghoa
Joe Biden Tak Mau Disebut Sebagai Teman Lama Xi Jinping

Pakar hubungan internasional di Renmin University of China, Shi Yinhong, mengartikan ungkapan Xi sebagai ekspresi keduanya memang telah mengenal sejak lama.

“Ketika orang Tionghoa menyebut seseorang sebagai teman lama, berarti kita sudah mengenalnya sejak lama. Tapi teman lama belum tentu dia masih teman sejati,” ujar Shi.

Di tengah ketegangan diplomatik Beijing-Washington, Biden sepertinya tidak ingin dilihat  sekutu AS dan lawan politiknya sebagai teman dekat China.

3. Biden tidak ingin disebut sebagai teman lama
Joe Biden Tak Mau Disebut Sebagai Teman Lama Xi Jinping

Dikutip dari The Straits Times, pada Juni lalu seorang reporter bertanya kepada Biden apakah dia akan berbicara dengan Xi selayaknya teman lama. Kala itu, keduanya bersitegang soal hasil penyelidikan Badan Kesehatan Dunia (WHO) terkait asal-usul COVID-19.

“Mari kita luruskan. Kami saling mengenal dengan baik, (tapi) kami bukan teman lama,” jawab Biden saat itu.

Menjelang pertemuan pada Senin (15/11/2021), juru bicara Gedung Putih Jen Psaki angkat bicara mengenai pertemuan virtual Biden-Xi.

“Bisa saya tegaskan, dia masih tidak menganggapnya sebagai teman lama, jadi tetap konsisten,” katanya

Kedua pemimpin telah berbicara melalui telepon dua kali sejak pelantikan Biden pada Januari. Meski begitu, Xi masih menolak untuk bepergian ke luar negeri karena pandemi. Sayangnya, pembukaan keduanya disusul dengan pembicaraan terutup. Belum diketahui rincian hasil pertemuan itu.

Sebelumnya China dilaporkan mengundang Biden datang untuk menghadiri Olimpiade musim Dingin di Beijing, Februari. Namun hal tersebut masih enggan dikomentari Gedung Putih.