Tips yang bisa Dilakukan Generasi Muda Untuk Indonesia Pulih

Tips yang bisa Dilakukan Generasi Muda Untuk Indonesia Pulih

Tips yang bisa Dilakukan Generasi Muda Untuk Indonesia PulihGenerasi muda adalah generasi penerus bangsa Indonesia. Bangsa akan maju jika para pemuda memiliki karakter nasionalisme. Nasionalisme merupakan bagian penting bagi kehidupan bangsa dan negara. Untuk bisa mewujudkan #IndonesiaPulih kembali dari pandemik COVID-19 dibutuhkan peran aktif dari berbagai pihak yakni, Pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia termasuk generasi muda.

Pandemik yang berlangsung hampir 2 tahun ini efeknya telah mengguncang hampir seluruh sektor. Pada bulan kemerdekaan ke-76 tahun ini juga masyarakat tidak bisa merayakan 17-an dengan kondisi normal. Berjuang demi bertahan hidup di tengah masa pandemik memang bukanlah suatu hal yang mudah.

Namun perlu kita ingat dalam kondisi sulit sekalipun semangat Kemerdekaan masih tetap ada dan peran aktif tiap orang akan sangat berpengaruh dalam membantu #IndonesiaPulih dari pandemik ini. Dilansir dari idn poker ios Berikut ini lima cara sederhana yang bisa dilakukan oleh generasi muda demi ikut aktif memulihkan kembali Indonesia.

1. Ikut berempati dan peduli
5 Cara Sederhana bagi Generasi Muda Dukung Indonesia Pulih

Perayaan HUT RI tahun ini, masyarakat lebih memaknai kemerdekaan dengan rasa prihatin akan terjadinya pandemik COVID-19 yang melanda hampir seluruh Negara selama satu tahun lebih. Keadaan sulit yang dirasakan semua warga terutama masyarakat biasa ini tentu akan membuat siapa pun berada pada kondisi terpuruk.

Saat seperti inilah pentingnya untuk menumbuhkan sikap empati khususnya pada generasi muda. Dengan berempati seseorang juga akan merasa peduli terhadap sesama dan tergerak hati untuk membantu sesuai kemampuan. Kepedulian yang dimaksud adalah dengan mengerahkan komunitas untuk berbagi dengan menyediakan keperluan harian kepada warga yang membutuhkan. Hal ini merupakan cara benar yang bisa kamu lakukan untuk ikut aktif dalam mendukung pemulihan akibat pandemik ini.

2. Tetap mematuhi protokol kesehatan
5 Cara Sederhana bagi Generasi Muda Dukung Indonesia Pulih

Cara kedua adalah dengan tetap mematuhi kebijakan dan protokol kesehatan di mana pun kamu berada. Protokol kesehatan 5M seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas wajib diterapkan meskipun kamu sudah mendapatkan vaksin. Selain itu, kamu juga harus menjaga pola hidup yang sehat dan berolahraga secara teratur.

3. Membantu dengan membeli produk lokal
5 Cara Sederhana bagi Generasi Muda Dukung Indonesia Pulih

Di situasi sulit seperti sekarang ini tidak ada yang lebih baik dengan ikut membantu dan berbagi. Peran ketiga yang bisa kamu lakukan adalah memberikan dukungan penuh yakni dengan membeli produk lokal asli buatan Indonesia seperti produk dari UMKM.

Hal ini tentu bisa meringankan beban pemilik usaha yang sedang menghadapi masalah kondisi finansial. Selain membeli, kamu juga bisa membantu mereka dengan ikut mempromosikan produk lokal kepada anggota keluarga dan teman-teman melalui media sosial.

4. Weekend at home
5 Cara Sederhana bagi Generasi Muda Dukung Indonesia Pulih

Langkah keempat adalah menerapkan weekend at home. Dalam menangani pandemik dibutuhkan peran serta masyarakat untuk mengurangi mobilitas yakni dengan menghabiskan weekend di rumah aja jika tidak ada keperluan yang mendesak.

Untuk menyiasati rasa jenuh selama menjalankan weekend di rumah, ada beberapa kegiatan asyik yang bisa kamu coba di antaranya berkebun, melukis, memasak, atau menulis artikel di IDN Times sebagai Community Writer. Kamu bisa mencari rekomendasi kegiatan lainnya dan bebas menentukan sesuai dengan passion kamu, lho.

5. Doa dan harapan
5 Cara Sederhana bagi Generasi Muda Dukung Indonesia Pulih

Meski penuh dengan rasa khawatir dan hidup dalam kondisi sulit seperti sekarang, kita wajib untuk tetap bersyukur karena kita masih dapat merayakan HUT kemerdekaan tahun ini dalam kondisi sehat. Selain itu, Doa dan harapan banyak dipanjatkan pada Kemerdekaan RI tahun ini, semoga #IndonesiaPulih kembali serta pandemik COVID-19 ini bisa segera diatasi dan situasi dapat berjalan normal seperti sedia kala. Luangkan waktu lebih banyak untuk berdoa kepada Yang Maha Kuasa agar bumi ini bisa segera pulih dari wabah COVID-19.