Tempat Kuliner Asia Ini Bisa Jadi Produk Makanan Musim Panas

Tempat Kuliner Asia Ini Bisa Jadi Produk Makanan Musim Panas

Tempat Kuliner Asia Ini Bisa Jadi Produk Makanan Musim Panas – Makanan adalah zat yang dimakan oleh makhluk hidup untuk mendapatkan nutrisi yang kemudian diolah menjadi energi. Karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral merupakan nutrien dalam makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa negara selain Indonesia memiliki kualifikasi makanan berdasarkan musim.

Ada makanan yang biasanya disajikan saat musim dingin seperti sup, ada pula makanan yang biasanya muncul ketika musim kemarau seperti  Dilansir dari Daftar Slot Live22 beberapa contoh kuliner Asia berikut ini.

1. Hiyashi chukka

Hiyashi chūka adalah hidangan Jepang gaya mie Cina yang terdiri dari mie ramen dingin dengan berbagai topping disajikan di musim panas.

Bila mi ayam di Indonesia umumnya disajikan dengan kuah panas, hiyashi chukka dinikmati dalam keadaan dingin. Sajian musim panas di Jepang ini tak lain adalah ramen yang disajikan bersama irisan ham, timun, wortel, dan nori.

Bukan kuah yang memenuhi mangkuk, hiyashi chukka disajikan dengan kuah tipis sekaligus perasa yang berwarna gelap terbuat dari kecap asin, gula, cuka, dan kaldu.

2. Pyeonsu 

Pyeonsu adalah jenis masakan Korea yang terdiri atas pangsit yang berbentuk persegi. Pyeonsu berisi sayur dan daging sapi yang disajikan dengan kuah kecap dingin pada saat musim panas.

Masih satu keluarga dengan mandu, pyeonsu adalah sejenis pangsit khas Korea Selatan yang memiliki keunikan. Keunikan pyeonsu terletak pada bentuknya yaitu persegi. Selain itu, pyeonsu dihidangkan dengan kuah yang dingin.

Pyeonsu sendiri pangsit yang berisikan daging sapi dan sayuran cincang. Agar makin mantap jiwa, masyarakat di sana menikmati pyeonsu bersama lezatnya kimchi.

3. Liangfen 

Liangfen, juga dieja liang fen, adalah hidangan Cina yang terdiri dari jelly pati yang biasanya disajikan dingin, dengan saus gurih, sering kali di musim panas.

Seperti namanya, liangfen bentuknya menyerupai jeli yang dihidangkan bersama racikan bumbu terbuat dari kecap kedelai, cabai, bawang putih, dan gula.

Liangfen sendiri terbuat dari tepung saripati kacang hijau yang direbus dalam panci kemudian dituang pada wadah, kemudian dimasukkan pada lemari pendingin.

4. Tian bu la 

Berasal dari Taiwan, tian bu la serupa dengan otak-otak di Indonesia. Bedanya, tian bu la disajikan dalam keadaan garing alias digoreng. Selain punya rasa gurih yang khas, tian bu la lekat sekali dengan rasa serta aroma ketumbar.

Bila otak-otak punya saus pendamping berupa saus kacang, tian bu la dihadirkan bersama saus campuran kecap dan saus tomat.

5. Goi cuon

Gỏi cuốn, Lumpia Vietnam, lumpia musim panas, atau lumpia salad, hidangan tradisional dalam masakan Vietnam yang terdiri dari daging babi, udang, sayuran, bún, dan bahan lainnya yang dibungkus dalam bánh tráng Vietnam

Musim kemarau harus dilalui dengan banyak-banyak makanan sehat seperti sayuran. Disajikan bersama nuoc leo atau sambal kacang, goi cuan bisa dijadikan sebagai inspirasi makanan selama musim kemarau.

Kuliner asal Vietnam ini merupakan sejenis lumpia berisi bihun dan sayuran yang dibungkus dengan rice paper. Membuatnya cukup mudah. Kamu tinggal menyatukan sayuran mentah dengan bihun yang telah direndam pada air panas.

Gak cuma musim hujan saja kita dituntut menjaga kesehatan, di musim kemarau pun kita tak boleh mengabaikan kesehatan tubuh. Selain olahraga, perlu ditunjang juga dengan mengonsumsi makanan sehat dari sayuran maupun hewani seperti lima rekomendasi makanan Asia yang disebutkan tadi.