Resep Buko Pandan Asal Filipina yang Bisa Dibuat Sendiri

Resep Buko Pandan Asal Filipina yang Bisa Dibuat Sendiri

Resep Buko Pandan Asal Filipina yang Bisa Dibuat Sendiri – Buko Pandan ini adalah hidangan penutup khas Filipina. Buko sendiri itu artinya kelapa muda. Jadi buko pandan itu adalah hidangan penutup yg dibuat dari kelapa muda dan aroma daun pandan. Disajikan dalam keadaan dingin atau beku.

Nama buko pandan sendiri sebenarnya berarti pandan kelapa muda, di mana buko artinya kelapa muda. Hidangan penutup yang identik dengan warna hijau ini biasanya disajikan dalam keadaan dingin atau beku dan dibuat dari kelapa muda serta daun pandan. Buko pandan dikenal sebagai  dessert dari Filipina yang menyegarkan. Buko pandan sendiri memiliki arti pandan kelapa muda. Biasanya disajikan dingin dengan es batu.

Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan resep buko pandan berikut ini! Tak perlu jauh-jauh ke Filipina untuk mencicipinya.

1. Bahan-bahan yang diperlukan
Resep Buko Pandan Khas Filipina, Segarnya Bisa Bikin Semangat

Bahan-bahan:

  • 1,5 liter air kelapa muda
  • 160 gram gula
  • 2 kaleng susu evaporasi
  • 4 bungkus kental manis
  • 2 bungkus agar-agar rasa tawar
  • nata de coco secukupnya
  • daging kelapa muda secukupnya
  • keju parut secukupnya
  • pasta pandan secukupnya
2. Masak agar-agar sampai matang
Resep Buko Pandan Khas Filipina, Segarnya Bisa Bikin Semangat

Siapkan panci yang telah diberi air kelapa muda, lalu masukkan agar-agar, gula, dan pasta pandan. Aduk semua bahan sampai mendidih. Tuang ke dalam cetakan, dinginkan dahulu. Barulah masukkan kulkas selama beberapa jam.

3. Potong agar-agar, campurkan dengan bahan lainnya
Resep Buko Pandan Khas Filipina, Segarnya Bisa Bikin Semangat

Keluarkan agar-agar dari kulkas, kemudian potong jadi kecil-kecil. Sisihkan kalau sudah. Ambil daging kelapa muda dan nata de coco tanpa air, lalu campurkan dengan agar-agar di dalam wadah.

4. Tuang susu dan aduk kembali
Resep Buko Pandan Khas Filipina, Segarnya Bisa Bikin Semangat

Tuang susu evaporasi dan kental manis ke dalamnya, aduk sampai merata. Cicipi dahulu biar rasanya pas.

Masukkan ke dalam kulkas kembali untuk didinginkan. Kalau ingin langsung diminum, tambahkan es batu. Sajikan bersama parutan keju!

Itulah cara membuat dan resep buko khas Filipina yang bisa menyegarkan hari-harimu. Selamat mempraktikkan resep masakan lezat tersebut ya

Download aplikasi resep masakan terbaru Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi bahan makanan dan masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.