Obat Herbal dari Asia Timur yang Tawarkan Manfaat Kesehatan

Obat Herbal dari Asia Timur yang Tawarkan Manfaat Kesehatan

Obat Herbal dari Asia Timur yang Tawarkan Manfaat Kesehatan – Herbal adalah tanaman atau tumbuhan yang mempunyai kegunaan atau nilai lebih dalam pengobatan. Dengan kata lain, semua jenis tanaman yang mengandung bahan atau zat aktif yang berguna untuk pengobatan bisa digolongkan sebagai herbal. Angelica sinensis atau dong quai adalah tanaman herbal yang berasal dari China, Korea, dan Jepang. Tanaman yang masih berkerabat dengan wortel dan seledri ini sudah dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional bahkan sejak 2.000 tahun lalu. 

Herbal kadang-kadang disebut juga sebagai tanaman obat, sehingga dalam perkembangannya dimasukkan sebagai salah satu bentuk pengobatan alternatif. Dong quai seringkali diresepkan pada wanita untuk mengatasi masalah khas kaum hawa, termasuk untuk meredakan gejala PMS (premenstrual syndrome) maupun menopause.

Untuk alasan ini, Dilansir dari Aplikasi IDN Poker77 dong quai mendapatkan julukan sebagai ginsengnya wanita. Namun, selain untuk masalah kesehatan wanita tersebut, ada sejumlah manfaat lain dari dong quai. Apa saja?

Ragam manfaat dong quai untuk kesehatan

Menjadi herbal yang termasyhur dari Asia Timur, dong quai menawarkan beberapa manfaat berikut ini:

1. Menghambat kerusakan akibat peradangan di sendi

6 Obat Herbal Nyeri Sendi yang Terbukti Ampuh

Kajian ilmiah terkait khasiat dong quai untuk kesehatan sebenarnya masih terbatas. Salah satu potensi yang mulai diteliti yakni manfaatnya untuk meredakan arthrtitis dan osteoarthritis.Sebuah studi isolasi pada sel tulang rawan manusia dan tikus menemukan, senyawa yang diekstrak dari dong quai dapat menghambat kerusakan tulang rawan akibat osteoarthritis. Namun, meskipun hasil ini menjanjikan, uji coba pada manusia yang menggunakan kontrol plasebo belum dilakukan.

2. Membantu melancarkan aliran darah

7 Makanan yang dapat Membantu Melancarkan Peredaran Darah - seruni.id

Dong quai berpotensi menjadi herbal yang dapat melancarkan aliran darah sekaligus meredakan nyeri. Ekstrak air dan etanol dari dong quai juga dilaporkan efektif untuk mengurangi penumpukan lemak. Efek ini tentunya menarik karena penumpukan jaringan lemak dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2.Tak sampai di situ saja, menurut European Medicines Agency, hewan yang menerima injeksi minyak dong quai mengalami peningkatan aliran darah sekaligus penurunan tekanan darah.

3. Meredakan kram saat menstruasi

Cara Meredakan Nyeri dan Kram Perut Saat Menstruasi, Gampang! Konsumsi  Makanan Ini - Banjarmasin Post

Dong quai memiliki kandungan yang disebut ligustilide. Kandungan ini dilaporkan dapat memberikan efek antispasmodik terutama pada otot-otot rahim. Menurut riset lain, 39% wanita yang mengonsumsi konsentrat dong quai dua kali sehari melaporkan penurunan nyeri di perut serta siklus menstruasi menjadi lebih teratur.

4. Meredakan hot flashes saat memasuki fase menopause

Inilah 7 Penyebab Hot Flash selain Menopause, Apa Saja?

Beberapa wanita juga mengonsumsi dong quai untuk menangani hot flashes, yakni kondisi tubuh terasa hangat saat melewati fase menopause. Hanya saja, riset ilmiah terkait klaim ini masih diperlukan lebih lanjut.

5. Berpotensi untuk melawan sel kanker kanker

Ada Terapi Baru Manfaatkan Sel Imun untuk Melawan Kanker - Bangka Pos

Layaknya herbal-herbal lain, dong quai juga berpotensi untuk menumpas sel-sel kanker. Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Chinese Medicine, ekstrak dong quai berpotensi untuk membunuh sel kanker dan tumor otak, leukemia, dan kanker usus besar. Hanya saja, riset lain gagal menemukan bukti signifikan sehingga studi lanjutan masih sangat diperlukan.