Menteri BUMN mengklaim Vaksinasi RI ‘Top’ di Asia Tenggara

Menteri BUMN mengklaim Vaksinasi RI ‘Top’ di Asia Tenggara

Menteri BUMN mengklaim Vaksinasi RI ‘Top’ di Asia Tenggara – Vaksinasi disebut juga imunisasi adalah pemberian vaksin ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tersebut. Kata vaksinasi berasal dari bahasa Latin vacca yang berarti sapi – diistilahkan demikian karena vaksin pertama berasal dari virus yang menginfeksi sapi. Sebanyak 8 juta dosis vaksin Sinovac tiba di Indonesia hari ini, Senin (31/5/2021).

Vaksin tahap ke-14 yang tiba di Bandara Soekarno Hatta ini adalah vaksin jenis bulk (bahan), yang  akan diproduksi Bio Farma. Dengan kedatangan vaksin ini, sehingga total vaksin yang sudah diterima di Indonesia sebanyak 92.910.500 dosis, di mana 81,5 juta di antaranya merupakan jenis bulk.

Terkait program vaksinasi di Indonesia, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan, pemerintah akan terus meningkatkan program Deposit IDN Poker Pakai Dana vaksinasi dan juga suplai dosis vaksin.

1. Erick sebut jumlah vaksinasi di Indonesia masih di bawah Tiongkok dan AS
Tambah 8 Juta Vaksin, Erick Klaim Vaksinasi RI 'Top' di Asia Tenggara

Meski begitu, Erick menyebut pemerintah tak berpuas diri. Dia mengakui jumlah vaksinasi di Indonesia masih jauh di bawah Tiongkok dan Amerika Serikat.

“Ini yang harus kita tingkatkan. Karena kita tahu, dengan vaksinasi justru ini membantu kita mencegah dari pada penularan, mencegah dari kematian, dan yang terpenting juga untuk ekonominya sendiri kita bisa mengurangi tadi, pelepasan dari pengurangan tenaga kerja supaya kita bisa mempercepat ekonomi kita balik,” kata dia.

2. Vaksinasi merupakan program penting untuk tangani pandemik COVID-19
Tambah 8 Juta Vaksin, Erick Klaim Vaksinasi RI 'Top' di Asia Tenggara

Erick menerangkan, pemerintah sejak awal konsisten dengan program Indonesia Sehat, Indonesia Bekerja, dan Indonesia Tumbuh. Sehingga, lanjut dia, penanganan pandemik COVID-19 dengan vaksinasi merupakan program penting.

“Vaksinasi, game changer, tetapi vaksinasi tanpa didukung oleh protokol kesehatan oleh masyarakat ini menjadi sesuatu yang tidak bisa sustainability atau berkelanjutan,” kata dia.

3. Erick sebut pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun ini bisa kembali mencapai 5 persen
Tambah 8 Juta Vaksin, Erick Klaim Vaksinasi RI 'Top' di Asia Tenggara

Oleh karena itu, Erick berharap, kerja keras pemerintah ini bisa didukung juga oleh masyarakat. Ia juga berharap ekonomi Indonesia bisa tumbuh lagi.

“Prediksi pemerintah tahun ini kita akan mulai tumbuh lagi seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu 4 sampai 5 persen di akhir tahun ini. Kami berharap juga dukungan daripada masyarakat segala golongan, disiplin terhadap protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak dan juga mencuci tangan,” ucap dia.

Imunisasi aktif dapat timbul ketika seseorang bersinggungan dengan patogen. Sistem imun akan membentuk antibodi dan perlindungan/perlawanan lainnya terhadap mikrob. Di masa depan, respon imunitas terhadap mikrob ini dapat sangat efisien; ini adalah kasus di mana banyak anak-anak terinfeksi walaupun hanya sekali, tetapi kemudian kebal.

Imunisasi aktif buatan adalah di mana mikrob, atau bagian darinya, diinjeksikan kepada seseorang sebelum ia dapat melakukannya secara alami. Jika keseluruhan mikrob digunakan, maka perlu dilemahkan.