Lima Sup Manis Khas Tiongkok yang Buat Ketagihan Sekali Coba

Lima Sup Manis Khas Tiongkok yang Buat Ketagihan Sekali Coba

Lima Sup Manis Khas Tiongkok yang Buat Ketagihan Sekali Coba – Sup atau sop (bentuk tidak baku) adalah masakan berkuah dari kaldu yang dibuat dengan cara mendidihkan bahan bisa berupa daging atau ayam untuk membuat kuah kaldu. Tiongkok mempunyai beragam menu yang terkenal dengan kelezatannya. Salah satu kuliner yang menjadi andalannya adalah sup yang memiliki rasa manis.

Terdapat beberapa sup manis yang sukses mencuri perhatian. Mulai dari yang terbuat dari olahan buah, santan, hingga jamur. Dilansir dari download aplikasi poker apk Berikut lima sup manis khas Tiongkok yang bikin jatuh hati saat sekali coba!

1. Tong Sui
5 Sup Manis Khas Tiongkok yang Bikin Jatuh Hati Saat Sekali Coba!

Tong sui secara harfiah diterjemahkan sebagai “air gula”, juga dikenal sebagai tim tong, adalah sebuah istilah kolektif untuk manisan apapun, sup hangat atau custard yang disajikan sebagai hidangan penutup pada akhir acara makan dalam hidangan Kanton.

Sup tersedia dalam berbagai warna berbeda dan pilihan rasa yang tidak terbatas. Mulai dari variasi buah sederhana dan puding hingga yang sangat aneh seperti guilinggao, yaitu bubuk jeli cangkang kura-kura.

2. Sup Wijen Hitam
5 Sup Manis Khas Tiongkok yang Bikin Jatuh Hati Saat Sekali Coba!

Sup wijen hitam adalah hidangan penutup timur-Asia dan Cina yang populer tersedia secara luas di seluruh Cina, Vietnam, Taiwan, Hong Kong, Malaysia, dan Singapura. Biasanya disajikan panas. Dalam masakan Kanton mengambil bentuk tong sui, atau sup manis, dengan viskositas yang lebih besar.

Sup yang sangat populer di Tiongkok ini menawarkan banyak manfaat kesehatan. Hal tersebut karena biji wijen hitam yang sangat bergizi yang kaya akan vitamin B, magnesium, kalsium, mangan, dan zat besi. Sup ini juga dikenal dapat memperbaiki pencernaan, fungsi ginjal, mencegah batu empedu, dan mengurangi lemak darah.

3. Sai Mai Lou
5 Sup Manis Khas Tiongkok yang Bikin Jatuh Hati Saat Sekali Coba!

Sup sagu atau Sai mai lou adalah jenis makanan penutup tong sui dalam masakan Kanton, yang juga merupakan varian dari puding tapioka. Ini pada dasarnya dibuat oleh mutiara tapioka, santan dan susu evaporasi. Hidangan ini secara tradisional disiapkan menggunakan tepung sagu, yang berasal dari empulur sagu.

Saat ini, sup sagu ditemukan di banyak negara Asia. Sai mai lou tersedia dalam berbagai variasi yang mungkin menggunakan elemen dan bahan yang berbeda.

4. Sup Kacang Merah
5 Sup Manis Khas Tiongkok yang Bikin Jatuh Hati Saat Sekali Coba!

Sup kacang merah adalah sebuah hidangan populer di Tiongkok daratan, Taiwan, Hong Kong dan negara-negara Asia lainnya. Hidangan tersebut disajikan dalam keadaan dingin pada musim panas dan dalam keadaan hangat pada musim dingin.

Sup ini dapat dihidangkan dalam keadaan panas di musim dingin atau dingin selama musim panas. Untuk menambah kelezatan pada sup, maka bisa ditambahkan dengan kurma, sagu, lengkeng, dan santan.

5. Sup Jamur Salju
5 Sup Manis Khas Tiongkok yang Bikin Jatuh Hati Saat Sekali Coba!

Sup jamur salju atau snow fungus soup merupakan sup manis yang menjadikan  jamur salju sebagai bahan utamanya. Jamur ini adalah jamur yang dapat dimakan yang tumbuh di pohon dan telah digunakan sejak zaman kuno sebagai obat. Jamur juga dipercaya dapat menyehatkan paru-paru, dan sangat bermanfaat bagi wanita.

Memasak sup jamur salju adalah proses yang memakan waktu yang lama karena perlu direndam setidaknya selama 4 jam sebelum dimasak dengan gula. Kemudian ditambahkan dengan kurma merah, biji teratai, kacang gingko, dan wolfberry. Sup ini umumnya dihidangkan sebagai makanan penutup dan sering disiapkan untuk Tahun Baru Imlek dan acara-acara perayaan lainnya.

Sup khas negara ini berhasil mencuri perhatian karena kelezatan yang dimilikinya. Selain itu, sup juga bisa disajikan pada saat musim panas atau musim dingin.