Lima Ragam Sandwich Khas Asia Tenggara yang Buat Ketagihan

Lima Ragam Sandwich Khas Asia Tenggara yang Buat Ketagihan

Lima Ragam Sandwich Khas Asia Tenggara yang Buat Ketagihan – Roti lapis atau roti isi  (bahasa Inggris: sandwich), adalah makanan yang biasanya terdiri dari sayuran, keju atau daging yang diiris, diletakkan di atas atau di antara irisan roti, atau lebih tepatnya makanan apa pun di mana dua atau lebih potongan roti berfungsi sebagai wadah atau pembungkus untuk jenis makanan lain. Sandwich adalah salah satu menu yang biasanya dapat dinikmati sebagai menu sarapan atau makan siang.

Roti lapis mulai sebagai makanan jinjing portabel yang praktis di dunia Barat, meski seiring waktu telah berkembang di seluruh dunia. Bahkan makanan ini juga dapat menjadi street food yang cukup mengenyangkan. Negara-negara di Asia Tenggara mempunyai banyak varian sandwich yang dapat membuat perut senang.

Makanan ini terkenal lezat dan juga mempunyai beragam isian yang sangat menggoda. Berikut lima ragam sandwich khas Asia Tenggara yang tak cukup sekali coba.

1. Roti John
5 Sandwich Khas Asia Tenggara yang Bikin Ngiler, Enak Semua!

Roti John merupakan jajanan kaki lima klasik yang tak hanya terkenal di Singapura, namun juga Indonesia dan Malaysia. Makanan ini dibuat dengan roti Prancis yang diiris memanjang dan kemudian disiram dengan campuran telur kocok ringan, daging cincang, bawang bombay.

Untuk memperkuat rasa, maka diberi dengan berbagai kombinasi rempah-rempah dan sayuran. Roti selanjutnya digoreng top-down, sampai topping dan roti menjadi renyah.

2. Kaya Toast
5 Sandwich Khas Asia Tenggara yang Bikin Ngiler, Enak Semua!

Kaya toast merupakan makanan yang biasanya menjadi menu sarapan terkenal di Malaysia dan Singapura. Makanan ini berupa dua potong roti panggang yang diisi dengan kaya, yang merupakan selai tradisional yang terbuat dari gula, telur, santan, dan bumbu pandan. Makanan ini umumnya dihidangkan dengan sepotong mentega dan dua telur setengah matang di sampingnya.

Lalu makanan juga didampingkan dengan secangkir teh susu atau kopi panas. Sekarang terdapat beragam roti panggang jenis ini, seperti roti panggang kaya cracker, roti panggang kaya kukus, dan roti panggang kaya Prancis.

3.  Bánh mì thịt
5 Sandwich Khas Asia Tenggara yang Bikin Ngiler, Enak Semua!

Bánh mì thịt merupakan variasi sandwich bánh mì tradisional Vietnam yang memiliki arti daging. Makanan ini terbuat dari berbagai potongan daging seperti irisan daging babi panggang, irisan perut babi, irisan ham, atau sosis babi chả lụa. Kemudian ditambahkan dengan mentimun, mayones, acar wortel dan daikon, dan pâté hati. Setelahnya dimasukkan ke dalam bánh mì roll.

Biasanya ketumbar, lada hitam, dan irisan cabai digunakan untuk menghiasi sandwich ini. Makanan ini umumnya disantap sebagai menu sarapan dan makan siang.

4. Bánh mì chả cá
5 Sandwich Khas Asia Tenggara yang Bikin Ngiler, Enak Semua!

Bánh mì chả cá merupakan sandwich yang menjadikan roti ikan sebagai bahan utamanya. Cara pembuatannya, bánh mì roll atau baguette Vietnam dibelah memanjang, kemudian diberi isian kue ikan goreng dan makanan bánh mì klasik seperti daun bawang, ketumbar, kecap, irisan cabai, atau acar daikon dan wortel.

Kue ikan ini bisa dibuat sebelumnya atau disiapkan dari awal. Kue ini terbuat dari dari fillet ikan yang ditumbuk, kecap ikan, bawang putih, minyak wijen, garam, dan lada putih. Pasta kemudian dibentuk menjadi roti, yang selanjutnya digoreng sampai berwarna keemasan.

5. Bánh mì xíu mại
5 Sandwich Khas Asia Tenggara yang Bikin Ngiler, Enak Semua!

Bánh mì xíu mại merupakan variasi sandwich bánh mì tradisional Vietnam yang menjadikan bakso babi giling sebagai bahan utamanya. Bakso umumnya terbuat dari campuran daging babi giling, tepung jagung, kecap ikan, bawang putih, lada hitam, daun bawang, dan bengkuang.

Semua bahan dicampur hingga merata dan dimasak dalam saus yang dibuat dengan tomat, bawang putih, minyak, gula, dan saus ikan. Selanjutnya bakso diletakkan ke dalam gulungan bánh mì yang diiris bersama dengan sausnya. Setelannya diberi ketumbar, acar daikon dan wortel, dan irisan cabai, untuk memperkaya rasa.