Lima Olahan Kepiting Khas Asia Tenggara yang Istimewa

Lima Olahan Kepiting Khas Asia Tenggara yang Istimewa

Lima Olahan Kepiting Khas Asia Tenggara yang Istimewa – Kepiting adalah binatang anggota krustasea berkaki sepuluh dari upabangsa (infraordo) Brachyura, yang dikenal mempunyai “ekor” yang sangat pendek (bahasa Yunani: brachy = pendek, ura = ekor), Olahan kepiting menjadi salah satu makanan favorit para pencinta seafood.

Tubuh kepiting dilindungi oleh cangkang yang sangat keras, tersusun dari kitin, dan dipersenjatai dengan sepasang capit. Ketam adalah nama lain bagi kepiting. Selain bermanfaat bagi kesehatan, kepiting juga terasa lezat. Banyak negara di Asia Tenggara punya beragam olahan kepiting yang rasanya sangat lezat.

Olahan kepiting ini diberi beragam bumbu yang membuatnya makin menggugah selera. Pencinta seafood wajib coba, berikut lima olahan kepiting khas Asia Tenggara yang istimewa.

1. Chilli crab
5 Olahan Kepiting Khas Asia Tenggara yang Sedap, Cobain!

Pada awalnya, chilli crab adalah street food, namun kini dianggap sebagai hidangan nasional khas Singapura. Makanan ini terdiri dari kepiting tumis yang dilumuri saus pedas. Saat disajikan, biasanya diberikan taburan daun bawang dan potongan jeruk nipis.

Hidangan ini dapat dinikmati dengan mi, nasi, hingga roti, lho. Berkat kepopulerannya, makanan ini sangat mudah ditemukan di restoran seafood di Singapura.

2. Kepiting saus padang
5 Olahan Kepiting Khas Asia Tenggara yang Sedap, Cobain!

Indonesia juga punya olahan kepiting nikmat, yakni kepiting saus padang. Makanan ini dibuat dengan kepiting yang dicampur saus padang yang pedas.

Kepiting lumpur atau kepiting biru paling umum digunakan dalam makanan ini. Mereka kemudian direbus dalam air panas sampai matang. Kalau sudah matang, biasanya ditandai dengan warnanya yang berubah jadi merah. Kemudian, kepiting dicampur bumbu.

Saus padang pedas terbuat dari campuran bawang merah, bawang putih, jahe, kemiri, cabai, kunyit, bawang bombay, daun jeruk purut, daun salam, kecap, dan saus tiram. Untuk memperkaya rasa, biasanya diberikan kocokan telur.

3. Miến xào cua
5 Olahan Kepiting Khas Asia Tenggara yang Sedap, Cobain!

Miến xào cua merupakan makanan khas dari Vietnam. Hidangan ini dibuat dengan mi kaca goreng dan daging kepiting. Bahan pendukung lainnya adalah jamur kuping kayu, jamur shiitake, wortel, dan taoge.

Semua bahan tersebut ditumis dalam wajan besar, lalu dicampur dengan air jeruk nipis, bawang putih cincang, gula, air, dan kecap ikan. Sudah kebayang nikmatnya belum, nih?

Setelah semua proses selesai, makanan ini ditaburi daun bawang cincang dan daun ketumbar. Olahan kepiting satu ini kerap hadir dalam acara spesial, lho.

4. Poo cha
5 Olahan Kepiting Khas Asia Tenggara yang Sedap, Cobain!

Berasal dari Thailand, poo cha terdiri dari kepiting goreng dengan isian. Kuliner ini paling lezat disiapkan dengan kepiting segar kukus. Kemudian, dagingnya dikeluarkan dan dipipihkan sebelum dicampur dengan daging babi, udang, kecap, bawang putih, kecap ikan, dan bumbu lainnya.

Campuran adonan tersebut dimasukkan ke cangkang kepiting yang terkadang dikukus sebelum digoreng. Makanan ini paling nikmat ketika dihidangkan dengan saus celup di sampingnya, lho.

5. Crab bee hoon soup
5 Olahan Kepiting Khas Asia Tenggara yang Sedap, Cobain!

Lagi-lagi dari Singapura, crabbee hoon soup dibuat dengan bihun beras dan daging kepiting nikmat yang dibasahi kaldu. Kepiting lumpur Sri Lanka paling sering digunakan dalam pembuatan makanan ini.

Sementara itu, kaldu umumnya terbuat dari campuran daging ayam, mentega, susu evaporasi, jahe, bawang putih, lada putih, minyak wijen, saus ikan atau saus tiram, dan juga sedikit saus tiram. Aromanya dijamin sungguh nikmat, deh.

Untuk membuatnya semakin kaya rasa, kaldu dapat ditambahkan sayuran berdaun, seperti baby bok choy atau chye sim, daun bawang, dan daun ketumbar. Hidangan ini makin nikmat kala disantap dengan saus celup berbahan dasar cabai.