Lima Makanan Populer dari Ubi Ungu Khas Filipina

Lima Makanan Populer dari Ubi Ungu Khas Filipina

Lima Makanan Populer dari Ubi Ungu Khas Filipina – Ubi jalar (Ipomoea batatas) adalah sejenis tanaman budidaya. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang membentuk umbi dengan kadar gizi (karbohidrat) yang tinggi. Ubi ungu merupakan salah satu keluarga umbi-umbian yang sangat populer di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Filipina.

Di Asia, selain dimanfaatkan umbinya, daun muda ubi jalar juga dibuat sayuran. Terdapat pula ubi jalar yang dijadikan tanaman hias karena keindahan daunnya. Negara dengan hasil padi yang mendunia ini ternyata memiliki aneka olahan unik dari ubi ungu yang tak kalah enak lho!

Selain mudah didapat, ubi ungu juga diklaim kaya akan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh bila dikonsumsi dengan rutin. Nah, Dilansir dari download idn play berikut ini terdapat lima olahan dari ubi ungu ala Filipina yang bisa jadi ide mengolah ubi di rumah atau sebagai inspirasi jualan. Apa saja hidangan-hidangan yang dimaksud?

1. Ube halaya
5 Kreasi Makanan Unik dari Ubi Ungu ala Filipina yang Menggugah Selera

Ube halaya atau halayang ube adalah hidangan penutup Filipina yang terbuat dari ubi ungu rebus dan dihaluskan. Ube halaya adalah basis utama dalam kue-kue rasa dan es krim ube / ungu yam.

Ubi yang telah dimasak biasanya akan dicampur dengan susu evaporasi, susu kental manis, dan santan, lalu lumatkan dengan menggunakan penghancur makanan atau bisa saja melalui cara manual.

2. Ube pandesal
5 Kreasi Makanan Unik dari Ubi Ungu ala Filipina yang Menggugah Selera

Pandesal adalah olahan berupa roti gulung yang menjadi salah satu kudapan ikonik dari Filipina, teksturnya sangat lembut dengan ragam isian yang membuat seseorang tidak bisa menyantap hanya satu buah saja.

Karena pandesal memiliki isian, maka hidangan yang cocok disandingkan dengan roti gulung ubi ungu ini bisa menggunakan keju, sehingga saat selesai dimasak, roti ini akan memiliki dua rasa utama, yaitu ubi dan lelehan keju yang menarik hati.

3. Ube kalamay
5 Kreasi Makanan Unik dari Ubi Ungu ala Filipina yang Menggugah Selera

Hidangan Filipina lainnya yang diolah dari ubi ungu datang dari ube kalamay, makanan ini acapkali disebut juga sebagai kue beras khas Filipina dengan tekstur yang agak lengket dan memiliki rasa manis.

Kalau di Indonesia, hidangan ini kurang lebih memiliki kemiripan dengan dodol. Hanya saja dalam versi Filipina, ube kalamay ini menggunakan ubi ungu sebagai bahan utama yang membuat tampilannya makin cantik.

4. Ube hopia
5 Kreasi Makanan Unik dari Ubi Ungu ala Filipina yang Menggugah Selera

Perhatikan bentuk kue yang satu ini, apakah ia mengingatkanmu pada salah satu kudapan dari dalam negeri yang sangat familier? Ya, hopia atau bakpia adalah makanan yang ternyata tidak hanya populer di Indonesia, negara tetangga seperti Filipina pun ternyata memiliki hidangan serupa.

Dari segi warna pun, sebetulnya ube hopia sama saja dengan bakpia yang biasa kita temui di tanah air, namun untuk membedakan satu isian dengan isian lain, ubi akan ditambahkan ke dalam adonan hopia sehingga kulitnya menjadi ikut ungu.

5. Ube turon
5 Kreasi Makanan Unik dari Ubi Ungu ala Filipina yang Menggugah Selera

Turon merupakan camilan dari Filipina yang terdiri dari kulit lumpia yang digoreng dalam rendaman minyak, dalam lumpia tersebut biasanya terdapat isian yang terdiri dari aneka ragam komponen mulai dari pisang, keju, sampai ubi.

Untuk varian ubinya sendiri, camilan ini dikenal dengan sebutan ube turon. Biasanya ubi yang digunakan sudah berbentuk halaya agar lebih mudah diproses. Turon sendiri biasanya dimakan dengan lelehan karamel agar semakin sedap.

Kalau disamakan dengan salah satu gorengan dari Indonesia, turon ini kurang lebih mirip dengan piscok yang merupakan kepanjangan dari pisang cokelat, kedua komponen tersebut dibalut kulit lumpia dan digoreng sampai kering.

Olahan dari ubi ungu ala Filipina yang tidak kalah sedap dan menggugah selera. Beberapa makanan ternyata ada yang mirip dengan olahan di Indonesia, jadi sepertinya kelima hidangan di atas akan sangat cocok dengan lidah masyarakat kita, ya.