Lima Lokasi Favorit untuk Trekking di Asia yang Penuh Pesona

Lima Lokasi Favorit untuk Trekking di Asia yang Penuh Pesona

Lima Lokasi Favorit untuk Trekking di Asia yang Penuh Pesona – Jika hiking bisa disebut sebagai rekreasi berjalan jauh, trekking juga demikian adalah. Namun, medan yang dilalui ketika trekking tidak bisa diprediksi seperti hiking. Biasanya, trekking dilakukan di pedalaman suatu daerah yang masih kurang terjamah oleh wisatawan, bahkan penduduk aslinya pun sedikit. Bila sudah bosan berlibur ke pantai, maka dapat melakukan trekking di pegunungan yang akan menambah keseruan berlibur.

Jalur trekking lebih panjang dengan rute perjalanan di daerah yang masih minim sarana. Menempuh jalur dari satu daerah ke daerah lain tentu saja membuat waktu perjalanan trekking tidak bisa diprediksi, bisa beberapa hari hingga melebihi sepekan. Kamu bisa merasakan udara bersih dan segar sekaligus melakukan olahraga yang pasti bakal menyenangkan.

Di Asia terdapat berbagai lokasi trekking yang akan menyuguhkan panorama yang luar biasa indah. Ketika mencapai puncak, kelelahan akan terbayar dengan pemandangan alam yang mampu memanjakan mata. Berikut 5 lokasi favorit untuk trekking di Asia dengan panorama yang penuh pesona.

1. Mount Fuji, Jepang
5 Tempat Favorit untuk Trekking di Asia, Panoramanya Penuh Pesona!

Mount Fuji atau Gunung Fuji tak hanya terkenal di Jepang, namun populer juga di dunia. Gunung ini menjadi gunung berapi aktif dan dianggap sebagai puncak suci bagi penduduk Jepang. Selain itu, gunung ini terkenal dengan matahari terbitnya yang legendaris.

Terdapat banyak pendaki gunung yang gagal mencapai puncak dan malahan memutuskan berhenti di salah satu kamp. Namun tetap saja, gunung ini tidak pernah gagal menjadi salah satu puncak paling terkenal di Jepang.

2. Annapurna Circuit, Nepal
5 Tempat Favorit untuk Trekking di Asia, Panoramanya Penuh Pesona!

Nepal memang negara yang terkenal akan keindahan alamnya yang memukau. Jika ingin menikmatinya, maka bisa melakukan trekking di wilayah Annapurna Circuit. Ini merupakan sirkuit di dalam pegunungan Annapurna di Nepal.

Trekking ini mempunyai total rute antara 160-230 km dan untuk mencapai puncak, biasanya pendaki memerlukan waktu sekitar 17-21 hari. Titik tertinggi dari perjalanan yang memakan waktu cukup panjang ini adalah Pass Thorung La. Pendaki akan melalui dua lembah sungai dan Annapurna Massif.

Perjalanan ini tidak hanya akan membawa pendaki melintasi berbagai panorama yang spektakuler dan indah, namun juga memperkenalkan mereka pada budaya dan tradisi Nepal.

3. Gunung Bromo, Indonesia
5 Tempat Favorit untuk Trekking di Asia, Panoramanya Penuh Pesona!

Indonesia juga mempunyai banyak lokasi trekking yang terbaik. Salah satunya adalah Gunung Bromo. Gunung ini merupakan gunung berapi aktif dan menjadi bagian dari massif Tengger. Gunung yang berada di wilayah Jawa Timur ini tepatnya terletak di dataran “Lautan Pasir” yang merupakan sebuah cagar alam.

Gunung Bromo mempunyai panorama yang menakjubkan dan ditambah pula menjadi tempat sempurna untuk menyaksikan matahari terbit. Gunung ini menjadi salah satu destinasi wisata yang tak hanya mampu menarik minat wisatawan lokal, namun juga sukses menjadi jujugan turis dunia.

4. Gunung Rinjani, Indonesia
5 Tempat Favorit untuk Trekking di Asia, Panoramanya Penuh Pesona!

Satu lagi jalur trekking terbaik asal Indonesia, yaitu Gunung Rinjani. Gunung ini kembali menjadi gunung berapi aktif di Indonesia. Gunung yang terletak di Pulau Lombok ini mempunyai danau kawah yang dikenal dengan nama Sangar Anak yang berada di puncak gunung berapi.

Danau ini menjadi danau paling biru dan paling indah yang akan sukses membuat pengunjung kagum. Terdapat pula banyak sumber air panas yang dapat ditemukan di sini.

Suku lokal di sana menganggap danau ini sebagai danau keberuntungan. Hal ini terkadang membuat beberapa orang melakukan kegiatan keagamaan di sana.

5. Tiger Leaping Gorge, Tiongkok
5 Tempat Favorit untuk Trekking di Asia, Panoramanya Penuh Pesona!

Tiger Leaping Gorge adalah ngarai yang mempunyai panorama menakjubkan dan berada di Sungai Jinsha, yang merupakan anak sungai utama dari hulu Sungai Yangtze. Pendaki dapat melakukan jalur pendakian sepanjang 16 km, yang populer dikenal sebagai lompatan harimau setelah seekor harimau melompati ngarai yang melarikan diri dari seorang pemburu.

Tempat ini terkenal sebagai salah satu ngarai terdalam di dunia. Pendaki dapat melihat beragam flora dan fauna yang menawan, kemegahan air terjun yang memukau dan juga jika mereka menginap, maka terdapat pula penginapan. Tiger Leaping Gorge juga menjadi bagian dari situs Warisan Dunia sejak 2003.