Lima Kuliner Terkenal di Asia yang Terbuat dari Udang

Lima Kuliner Terkenal di Asia yang Terbuat dari Udang

Lima Kuliner Terkenal di Asia yang Terbuat dari Udang – Udang adalah binatang yang hidup di perairan, khususnya sungai, laut, atau danau. Udang dapat ditemukan di hampir semua “genangan” air yang berukuran besar baik air tawar, air payau, maupun air asin pada kedalaman bervariasi. Udang menjadi salah satu bahan makanan untuk dimasak menjadi berbagai hidangan menarik.

Makanan laut, boga bahari atau hidangan laut (bahasa Inggris: seafood) adalah sebutan untuk makanan berupa hewan dan tumbuhan laut yang ditangkap, dipancing, diambil dari laut maupun hasil budidaya. Makanan laut tersebut disukai lantaran memiliki kandungan protein yang melimpah serta karbohidratnya lebih rendah.

Setiap negara ternyata memiliki jagoan masing-masing dalam menyantap seafood tersebut. Bahkan, ada lima kuliner Asia yang terbuat dari udang. Cari tahu aneka hidangan tersebut berikut ini, yuk!

1. Gochujang saewu gui
5 Kuliner Udang Paling Populer di Asia, Ada dari Indonesia!

Mendengar nama gochujang kamu sudah dapat membayangkan dari mana kiranya olahan udang ini berasal. Terlebih jika kamu merupakan orang yang menyukai perpaduan makanan yang pedas dan manis.

Gochujang adalah sebutan bumbu berbentuk pasta dari Korea Selatan. Warnanya cenderung merah dan sering kali digunakan dalam aneka masakan, seperti sup, ramen, atau daging-dagingan.

Kali ini, gochujang bisa dicampur bersama bawang putih, bawang bombai, air lemon, lada dan garam. Tambahkan sedikit minyak untuk digunakan sebagai marinasi dari udang yang akan dijadikan sate.

2. Ebi tempura
5 Kuliner Udang Paling Populer di Asia, Ada dari Indonesia!

Ketika berkunjung ke restoran Jepang, daftar menu yang memuat gorengan menjadi halaman yang gak bisa dilewatkan. Sebab, di dalamnya selalu tertera hidangan menarik berbahan dasar udang, yakni tempura.

Olahan ini selalu menjadi kesukaan banyak orang berkat tekstur garing di bagian luar makanan. Lapisan tersebut biasanya diolah dari campuran tepung terigu dan telur yang dikocok dengan air dingin.

3. Thai shrimp curry
5 Kuliner Udang Paling Populer di Asia, Ada dari Indonesia!

Kalau ingin menyantap masakan yang mirip dengan hidangan di tanah air, maka thai shrimp curry bisa kamu pilih. Banyak hidangan menggunakan udang yang nikmat di Thailand.

Kuliner tersebut menjadi perpaduan antara seafood nikmat dengan kari. Isiannya didukung oleh santan, bawang-bawangan, pasta kari, jahe, dan sering kali disiram bersama kaldu kerang atau potongan jamur di dalamnya.

4. Udang balado
5 Kuliner Udang Paling Populer di Asia, Ada dari Indonesia!

Santapan yang satu ini tentu menjadi daftar wajib yang biasanya muncul di dapur sehari-hari. Cita rasa bumbu balado yang melekat di lidah membuatnya digemari untuk dimakan bersama sepiring nasi hangat.

Adonan balado memerlukan bawang putih, bawang merah, cabai, dan bumbu perasa untuk dihaluskan bersama. Tumis dengan daun jeruk dan salam, serai, hingga petai. Kemudian, masak dengan udang sampai matang secara merata.

5. Ginataang hipon
5 Kuliner Udang Paling Populer di Asia, Ada dari Indonesia!

Kalau kamu ingin menikmati udang bercita rasa gurih di balik kuah santan kental, cobalah makanan satu ini. Ginataang hipon adalah sajian nikmat yang berasal dari Filipina.

Meski berasal dari negara tetangga, namun bahan pembuatannya bisa kamu temukan dengan mudah. Tumis dulu bawang-bawangan, jahe, kecap ikan, dan lada. Kemudian, masukkan santan, disusul dengan udang serta irisan cabai.

Macam-macam hidangan serba udang yang berasal dari Asia tersebut dapat dijadikan ide dalam membuat lauk makan nikmat. Setelah menyimak satu-satu santapan tersebut, adakah olahan favoritmu di atas?