Lima Juara Indonesia Terakhir di Turnamen Indonesia Masters

Lima Juara Indonesia Terakhir di Turnamen Indonesia Masters

Lima Juara Indonesia Terakhir di Turnamen Indonesia Masters – Indonesia Masters Grand Prix Gold adalah turnamen bulu tangkis internasional yang pertama kali diselenggarakan pada tahun 2010, tidak boleh disamakan dengan turnamen Super Series. Indonesia Masters 2021 tampaknya kurang berpihak kepada tuan rumah, Indonesia.

Turnamen pertama diselenggarakan di Samarinda, Kalimantan Timur dan menawarkan total hadiah uang senilai US$120.000.  Ajang turnamen BWF Super 750 yang digelar di Bali pekan lalu ini tidak memberikan gelar apa pun kepada Indonesia.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo bahkan gagal mempertahankan gelar setelah kalah dari pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi, pada partai final. Gagal di Indonesia Masters 2021, inilah daftar lima juara Indonesia terakhir di turnamen Indonesia Masters pada masing-masing sektor:

1. Anthony Sinisuka Ginting (2020)
5 Juara Indonesia Masters Terakhir dari Indonesia

Anthony Sinisuka Ginting menjadi wakil tunggal putra terakhir yang mampu meraih juara di Indonesia Masters. Pemain yang akrab disapa Ginting itu sukses menjadi juara di Indonesia Masters 2020.

Sayangnya, Ginting harus tersingkir pada babak pertama Indonesia Masters 2021 yang diselenggarakan di Bali. Ginting kalah atas pemain muda Thailand, Kunlavut Vitidsarn, melalui pertarungan tiga set dengan skor 21-19, 14-21, dan 13-21.

2. Adriyanti Firdasari
5 Juara Indonesia Masters Terakhir dari Indonesia

Tunggal putri Indonesia juga pernah meraih gelar Indonesia Masters. Adriyanti Firdasari menjadi wakil tunggal putri Indonesia yang pernah juara pada 2014. Kala itu, namanya masih Indonesia Masters Grand Prix Gold 2014.

Firdasari keluar sebagai juara setelah mengalahkan wakil muda Indonesia lainnya, Ruselli Hartawan, pada babak final. Sampai saat ini, Fidasari menjadi tunggal putri Indonesia terakhir yang berhasil menjuarai Indonesia Masters.

3. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo
5 Juara Indonesia Masters Terakhir dari Indonesia

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo kembali menjadi andalan Indonesia untuk menjadi juara di Indonesia Masters 2021. Mereka punya kesempatan mempertahankan gelar. Sayangnya, ganda putra terbaik dunia itu harus mengakui keunggulan pasangan Jepang, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Dengan hasil ini, Indonesia tanpa gelar di Indonesia Masters 2021. Marcus/Kevin menjadi satu-satunya wakil Indonesia terakhir yang berhasil menjuarai Indonesia Masters di sektor ganda putra.

4. Greysia Polii/Apriyani Rahayu
5 Juara Indonesia Masters Terakhir dari Indonesia

Juara bertahan lainnya yang juga gagal mempertahankan gelar Indonesia Masters adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu. Ganda putri terbaik Indonesia ini kalah pada babak delapan besar Indonesia Masters 2021.

Greysia/Apriyani kalah atas pasangan Thailand, Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai melalui pertarungan tiga set dengan skor 21-18,13-21, dan 19-21. Greysia/Apriyani juga menjadi ganda putri Indonesia terakhir yang berhasil meraih gelar juara di Indonesia Masters.

5. Ronald Alexander/Melati Daeva Oktavianti
5 Juara Indonesia Masters Terakhir dari Indonesia

Melati Daeva Oktavianti pernah menjadi juara di Indonesia Masters. Namun, ia tidak berpasangan dengan Praveen Jordan. Saat itu, Melati berpasangan dengan Ronald Alexander. Ronald/Melati sukses naik podium tertinggi di Indonesia Masters 2016.

Sampai saat ini, beberapa atlet di atas masih memberikan prestasi untuk Indonesia. Marcus/Kevin, yang selalu jadi andalan, juga cukup konsisten menganugerahkan gelar juara Indonesia Masters untuk negara. Namun, hal itu tidak terjadi di Indonesia Masters 2021. Semoga kekalahan wakil Merah Putih tahun ini bisa menjadi evaluasi untuk turnamen selanjutnya, ya!