Inilah Olahan Bebek Khas Asia Tenggara yang Memanjakan Lidah

Inilah Olahan Bebek Khas Asia Tenggara yang Memanjakan Lidah

Inilah Olahan Bebek Khas Asia Tenggara yang Memanjakan Lidah -Bebek  merupakan salah satu jenis daging yang digunakan sebagai bahan makanan yang berasal dari unggas selain ayam. Contoh pemanfaatannya sebagai hidangan antara lain dengan digoreng dan dipanggang. Selain itu telurnya pun dimanfaatkan sebagai telur asin.

Daging bebek merujuk kepada daging yang dihasilkan dari bagian tubuh bebek, terutama dada dan pahanya. Daging paha bebek berwarna gelap dan lebih berlemak dibandingkan dadanya. Daging dada bebek berwarna lebih gelap dibandingkan warna daging ayam dan daging kalkun.

Olahan bebek mungkin bisa menjadi hidangan utama yang sangat lezat bagi sebagian orang. Bebek ini bisa juga menjadi lauk idn poker versi lama sebagai pelengkap mi atau nasi.  Di negara-negara Asia Tenggara, makanan berbahan dasar bebek cukup populer. Banyak negara yang mempunyai olahan bebek yang khas dan sukses memanjakan  lidah.

1. Duck Rice
5 Olahan Bebek Khas Asia Tenggara, Ada Bebek Goreng Asal Indonesia!

Duck rice merupakan olahan bebek asal Singapura. Makanan ini memadukan nasi putih dan bebek panggang atau rebus. Jika dipanggang, berbagai bumbu seperti kayu manis, jahe, atau adas manis dicampurkan di dalam bebek, yang kemudian dipanggang hingga renyah.

Sedangkan versi yang direbus biasanya dimasak perlahan dalam kaldu yang dibumbui.

Bebek juga dapat disiapkan dan disajikan dengan dua cara, yaitu hokkien atau teochew. Yang pertama biasanya disiram dengan kecap asin yang kental dan beraroma. Sedangkan yang kedua biasanya dihidangkan dengan saus.

2. Bebek Goreng
5 Olahan Bebek Khas Asia Tenggara, Ada Bebek Goreng Asal Indonesia!

Bebek goreng merupakan salah satu makanan khas asal Indonesia yang paling populer. Cara pembuatannya, bebek biasanya dipotong-potong, direbus atau dikukus, lalu digoreng hingga garing. Sebelum digoreng, potongannya dilumuri dengan bumbu seperti bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, atau ketumbar.

Bebek goreng dimakan di seluruh negeri dan secara tradisional disertai dengan nasi. Biasanya bebek juga dimakan bersamaan dengan sayuran segar seperti mentimun atau kubis, dan sambal pedas yang disajikan di sampingnya.

3. Bún Măng Vịt
5 Olahan Bebek Khas Asia Tenggara, Ada Bebek Goreng Asal Indonesia!

Bún măng vịt merupakan sup tradisional yang berasal dari Vietnam. Sup ini menjadikan bebek dan rebung kering sebagai bahan utamanya. Bahan tambahan lainnya biasanya mi bihun, jahe, bawang bombay, kecap ikan, kol, bawang merah, cabai, dan rempah segar seperti daun ketumbar, mint, dan perilla.

Setelah disiapkan, daging bebek biasanya dicelupkan ke dalam saus ikan jahe yang secara tradisional disajikan sebagai pelengkap hidangan. Kemudian makanan ini biasanya dihiasi dengan irisan daun bawang dan ketumbar.

4. Chao Vit
5 Olahan Bebek Khas Asia Tenggara, Ada Bebek Goreng Asal Indonesia!

Chao vit adalah hidangan tradisional yang berasal dari Vietnam yang berupa bubur nasi. Bubur ini membutuhkan bahan yang mencakup daging bebek, nasi, bawang merah, daun bawang, wortel, kecap ikan, jahe, lada hitam dan ketumbar.

Cara pengolahannya, bebek dimasak atau dikukus terlebih dahulu. Kemudian semua bahan dicampur satu persatu dan terakhir dibumbui dengan rempah-rempah.

5. Tiet Canh Vit
5 Olahan Bebek Khas Asia Tenggara, Ada Bebek Goreng Asal Indonesia!

Tiet canh vit merupakan hidangan asal Vietnam yang berupa puding darah. Makanan ini terbuat dari darah bebek mentah, leher bebek rebus giling, dan jeroan bebek rebus.

Kemudian ditambahkan dengan kecap ikan, serta berbagai bumbu dan rempah-rempah seperti kemangi, cabai, daun jeruk. Campuran tersebut direbus dan dikukus hingga matang dan berwarna merah cerah.

Karena bebek merupakan salah satu jenis burung air, daging bebek memiliki lapisan lemak di bawah kulitnya untuk menjaga panas tubuh. Bebek yang dipaksakan gemuk dengan cara diberi makan secara paksa biasanya untuk menghasilkan foie gras, sebuah makanan yang terbuat dari hati bebek.

Jenis bebek yang dipelihara secara khusus untuk dijadikan bahan pangan di antaranya bebek Muscovy dan bebek Mulard. Mulard adalah bebek hasil persilangan bebek Peking dan Muscovy, dan bebek ini bersifat steril.

Olahan bebek khas Asia Tenggara ini kaya akan rasa dan bumbu. Jika berkesempatan untuk berkunjung ke negara-negara tersebut, sempatkanlah untuk mencicipi olahan bebek tersebut.