Inilah Hidangan Asia yang Enak Dinikmati Saat Cuaca Dingin

Inilah Hidangan Asia yang Enak Dinikmati Saat Cuaca Dingin

Inilah Hidangan Asia yang Enak Dinikmati Saat Cuaca Dingin – Gaya masakan Asia dapat dipecah menjadi beberapa gaya daerah kecil yang telah berakar masyarakat dan budaya dari daerah tersebut. Jenis utama secara kasar dapat didefinisikan sebagai Asia Timur dengan asal-usulnya di Kekaisaran Cina dan sekarang meliputi Jepang modern dan semenanjung Korea, Asia Tenggara  yang meliputi Kamboja, Laos, Thailand, Vietnam,  Brunei,  Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Filipina.

Asia Selatan negara yang terdiri dari India,  Burma, Sri Lanka, Bangladesh dan Pakistan serta beberapa negara lain di wilayah benua, Asia Tengah dan Timur Tengah. Akhir-akhir ini hujan sudah mulai mengguyur di beberapa kota, sehingga cuaca pun kian dingin. Hawa dingin sering kali membuat kita pengin makan makanan berkuah hangat.

Bayangkan, kamu sedang bersantai menghadap ke jendela ditemani semangkuk makanan berkuah dengan asap yang masih mengepul. Wah, memikirkannya saja sudah bikin perut keroncongan, ya kan? Kira-kira, sudah tahu makanan apa yang enak dinikmati saat memasuki cuaca dingin?

1. Bakso
5 Rekomendasi Makanan Asia yang Cocok Dikonsumsi saat Cuaca Dingin

Siapa yang gak kenal bakso? Makanan berkuah ini sudah jadi favorit sejuta umat di Indonesia. Generasi tua maupun muda sudah pasti menyukainya.

Perpaduan antara bakso dan kuah kaldu yang gurih nan hangat membuat siapa saja jatuh cinta dengan kuliner satu ini. Terlebih makannya saat cuaca dingin. kelezatannya makin juara, deh.

Bakso terbilang mudah ditemukan di mana pun. Kamu bisa membuat sendiri di rumah karena membuat bakso cukup mudah, lho. Bahan-bahannya pun relatif gampang ditemukan di pasar. Jadi gak harus terus jajan bakso di luar, nih.

2. Pho
5 Rekomendasi Makanan Asia yang Cocok Dikonsumsi saat Cuaca Dingin

Kamu sudah pernah mencicipi pho belum, nih? Makanan berkuah satu ini berasal dari Vietnam. Kuahnya yang hangat dengan tambahan aneka rempah cocok banget disantap saat cuaca mendung dan dingin.

Pho gak melulu disajikan bersama irisan daging, bisa juga dengan daging ayam, telur rebus, atau bakso. Jika menginginkan sensasi segar, tambahkan air perasan jeruk nipis. Wah, siap-siap ngiler, ya!

3. Tom yam
5 Rekomendasi Makanan Asia yang Cocok Dikonsumsi saat Cuaca Dingin

Kamu tentu sudah gak asing dengan tom yam, ya kan? Yap, sajian satu ini sangat terkenal dari negara asalnya, Thailand. Makanan yang tergolong sup ini menawarkan cita rasa yang cukup kaya.

Makanan ini diracik dengan beraneka ragam bahan dan bumbu rempah. Dalam semangkuk tom, yam kamu akan dimanjakan dengan rasa pedas, asam, dan segar.

Banyak yang gak tahu, di Thailand ada banyak macam tom yam lho. Tom yum goong untuk sup yang berisi bahan-bahan boga bahari, tom yum pla berbahan dasar ikan, tom yum gai berbahan dasar daging ayam, dan tom yum talay berbahan dasar boga bahari dan jamur.

4. Odeng
5 Rekomendasi Makanan Asia yang Cocok Dikonsumsi saat Cuaca Dingin

Para pecinta KPop dan drama Korea pasti tau dengan menu makanan satu ini. Odeng atau eomuk biasanya disajikan dengan kuah bening berbahan dasar ikan giling. Soal rasa, kurang lebih sama seperti bakso ikan di Indonesia.

Menyantap odeng paling nikmat saat cuaca sedang dingin. Di Korea Selatan, odeng sama seperti bakso di Indonesia yang bisa ditemui di mana saja. Sebut saja pochajjang alias warung pinggir jalan yang selalu dipastikan menyediakan menu satu ini.

5. Udon
5 Rekomendasi Makanan Asia yang Cocok Dikonsumsi saat Cuaca Dingin

Siapa yang tidak tahu udon? Salah satu sajian mi yang terkenal di Jepang ini bertekstur kenyal karena berbahan dasar terigu. Ukuran minya pun berbeda dari biasanya, yakni bulat dan cukup besar. Udon sering disajikan bersama kuah panas dengan bermacam varian topping yang pas banget disantap ketika cuaca dingin.

Saat ini, udon sudah banyak dijual di Indonesia dalam bentuk kering dalam kemasan maupun beku lho. Masakan Asia adalah salah satu kuliner yang populer di dunia. Setiap negara di Asia mempunyai masakan khas sendiri yang berbeda dengan negara lain.

Faktor yang membedakan masakan-masakan di Asia adalah bumbu dan rempah yang digunakan, cara memasak, dan juga bahan-bahan lain yang digunakan. Ciri khas ini yang membuat masakan Asia menjadi spesial dan banyak dicari orang.

Nah, kira-kira makanan Asia mana yang jadi pilihan kamu, nih? Semuanya enak-enak, ya. Cocok banget disantap di kala cuaca dingin, bikin tubuh langsung terasa hangat dan rileks banget, deh!