Inilah Fakta Palangka Raya Adalah Kota Terluas di Indonesia

Inilah Fakta Palangka Raya Adalah Kota Terluas di Indonesia

Inilah Fakta Palangka Raya Adalah Kota Terluas di Indonesia – KotaPalangka Raya adalah sebuah kota sekaligus merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah. Kota ini memiliki luas wilayah 2.853,12 km² dan berpenduduk sebanyak 266.020 jiwa (2020) dengan kepadatan penduduk rata-rata 93,24 jiwa/km². Palangka Raya adalah kota terbesar sekaligus ibu kota provinsi Kalimantan Tengah. Kota ini berlokasi di dalam daratan Kalimantan yang jauh dari laut. Walaupun demikian, terdapat sebuah sungai yang bermuara di kota ini, yaitu Sungai Kahayan.

Kota ini mungkin sempat terkenal sampai ke seluruh Nusantara karena pernah diisukan menjadi ibu kota baru Indonesia menggantikan Jakarta yang sangat padat. Palangka Raya pun sebenarnya memiliki pariwisata yang cukup memadai karena sudah banyak sekali tempat wisata di sana, serta kuliner-kuliner yang khas.

Itulah pemaparan singkat kota ini. Dikutip dari Deposit IDN Poker Pakai Dana Masih ada beberapa fakta Palangka Raya yang mungkin jarang didengar orang seperti fakta berikut.

1. Kota ini namanya berasal dari Bahasa Dayak Ngaju
5 Fakta Palangka Raya yang Jarang Didengar, Kota Terluas di Indonesia

Bahasa Ngaju adalah sebuah bahasa Austronesia yang dituturkan oleh suku Dayak Ngaju di daerah aliran sungai Kapuas, Kahayan, Katingan, dan Mentaya di Provinsi Kalimantan Tengah.

Nama kota Palangka Raya dapat dipecah menjadi dua kata yaitu “Palangka” dan “Raya”. Dalam bahasa Dayak Ngaju, “Palangka” memiliki arti tempat atau wadah, sedangkan “Raya” berarti besar.

Menurut kepercayaan tradisional Dayak, mereka diturunkan ke bumi ini oleh Yang Maha Esa dengan “wahana” Palangka Raya Bulau ( kata “Bulau” berarti mulia ). Maka dari itu, Palangka Raya dapat diartikan sebagai tempat yang mulia dan besar di Indonesia.

2. Kota dengan wilayah terluas di Indonesia
5 Fakta Palangka Raya yang Jarang Didengar, Kota Terluas di Indonesia

Kota Palangka Raya memiliki wilayah seluas 2.853 km persegi dan menjadikannya kota dengan wilayah terluas di Indonesia. Sesungguhnya, kota ini pun masih sekitar 4 kali lipat lebih luas daripada Jakarta dengan jumlah penduduk yang terbilang sedikit.

Pada tahun 2017 silam, terhitung jumlah penduduknya hanya sekitar 275 ribu jiwa, berbeda dengan Jakarta yang sudah berjuta-juta. Terlebih lagi, sebagian besar wilayah Palangka Raya masih diisi oleh kawasan hutan.

3. Diresmikan langsung oleh Soekarno
5 Fakta Palangka Raya yang Jarang Didengar, Kota Terluas di IndonesiaFoto udara suasana sepi di Taman Pasuk Kameloh (kiri) dan Taman Tugu Soekarno (kanan), Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Selasa (11/5/2021). (ANTARA FOTO/Makna Zaezar/foc)

Pembangunan kota Palangka Raya diprakarsai langsung oleh presiden pertama Ir. Sukarno. Beliau meresmikan Tugu Ibukota Provinsi Kalimantan Tengah pada 17 Juli 1957, yang menandakan dimulainya pembangunan kota Palangka Raya.

Kini, monumen bersejarah tersebut lebih umum disebut sebagai Tugu Sukarno yang berlokasi di samping Taman Pasuk Kameloh, dekat dengan Sungai Kahayan.

4. Kaya akan wisata alam yang memberikan pengalaman liburan unik
5 Fakta Palangka Raya yang Jarang Didengar, Kota Terluas di Indonesia

Palangka Raya memiliki banyak sekali wisata alam, baik yang sudah terkenal dan populer maupun yang masih “tersembunyi”. Taman Wisata Kumkum, Sungai Kahayan, dan Bukit Tangkiling adalah beberapa contohnya.

Agak jauh dari kota Palangka Raya terdapat Taman Nasional Tanjung Puting, tempat wisata yang memberikan pengalaman bertemu langsung dengan satwa, khususnya orangutan dan beragam spesies monyet dan kera lainnya, di alam terbuka.

Di samping itu, memang masih ada banyak wisata alam tersembunyi di sana yang menunggu untuk ditemukan dan dipopulerkan.

5. Memiliki motif batik yang khas
5 Fakta Palangka Raya yang Jarang Didengar, Kota Terluas di IndonesiaPerajin Batik Bahalap merapikan kain batik tulis motif khas Kalteng yang dijual di kiosnya, di Jalan Thamrin, Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Senin (5/10/2020). (ANTARA FOTO/Makna Zaezar/pras)

Banyak ditemukan perajin di kota Palangka Raya yang menyuguhkan karya-karya kain dan pakaian batik dengan desain yang unik. Batik tersebut yang dinamakan Benang Bintik memiliki ragam motif khas suku Dayak. Terdapat bermacam-macam motif Benang Bintik yang menarik, seperti motif Batang Garing, motif Balanga, motif ukiran, dan sebagainya.

Nah, itulah beberapa fakta kota Palangka Raya yang mungkin masih belum kamu ketahui. Semoga artikel ini menambah pengetahuan kamu, ya!