Inilah Beberapa Tempat Wisata di Kepulauan Bangka Belitung

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Kepulauan Bangka Belitung

Inilah Beberapa Tempat Wisata di Kepulauan Bangka BelitungLokawisata, tempat wisata atau objek wisata adalah sebuah tempat rekreasi/tempat berwisata. Objek wisata dapat berupa objek wisata alam seperti gunung, danau, sungai, pantai, laut, atau berupa objek wisata bangunan seperti museum, benteng, situs peninggalan sejarah, dll.

Masih ingatkah kamu dengan tempat yang dijadikan sebagai lokasi syuting film ternama Laskar Pelangi? Ya, benar sekali, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Untuk diketahui, dahulunya provinsi ini tergabung dalam wilayah Provinsi Sumatera Selatan. Namun, pada tahun 2000 Kepulauan Bangka Belitung menjadi provinsi sendiri berdasarkan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2000.

Kepulauan Bangka Belitung merupakan sebuah provinsi yang terdiri dari dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Selain itu, di provinsi ini terdapat pulau-pulau kecil dengan total pulau yang telah bernama sejumlah 470 buah pulau.

Untuk kamu yang ingin menikmati waktu libur panjang, berikut Club388 Indonesia berikan informasi 7 tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang harus kamu datangi.

1. Pantai Tanjung Tinggi

Destinasi wisata terkenal pertama di Kepulaun Bangka Belitung adalah Pantai Tanjung Tinggi yang berada di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung. Pantai ini pernah digunkaan sebagai lokasi syuting film Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi.

Nama tanjung tinggi diambil dari 2 kata yaitu tanjung yang artinya semenanjung dan tinggi. Oleh karenanya, tanjung tinggi berarti pantai yang memiliki bebatuan yang tinggi. Benar saja, di pantai ini kamu akan disuguhkan pemandangan yang luar biasa.

Pantai ini sangat unik karena terdiri dari susunan-sunan batuan granit yang memiliki ukuran beraneka ragam.

Pantai ini juga memiliki air yang jernih dengan pasir bewarna putih. Gelombang laut yang kecil dan lambatnya arus laut memungkinkan kamu untuk berenang-renang di Pantai Tanjung Tinggi ini.

2. Pantai Parai Tenggiri

Pantai ini ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau. Alasannya karena pengelola memiliki rasa kepedulian yang besar terhadap upaya penyelamatan lingkungan. Di sini Kamu tidak hanya menikmati pemandangan indah hamparan pasir putih dan batu granit. Akan tetapi, Kamu yang memiliki hobi memancing bisa menyewa perahu lengkap dengan peralatan memancingnya. Selain itu, Kamu juga bisa menikmati banana boat, parasailing, snorkeling dan bisa melakukan penyelaman untuk melihat terumbu karang yang berbatasan langsung dengan Laut Cina Selatan.

3. Pulau Lengkuas

Destinasi wisata selanjutnya adalah Pulau Lengkuas. Pulau ini memiliki daya tarik berupa mercusuar tua yang dibangun pemerintah kolonial Belanda yang hingga saat ini masih berfungsi dengan baik.

Kamu juga bisa menaiki mercusuar ini dengan melewati ratusan anak tangga terlebih dahulu. Dari atas mercusuar, Kamu bisa melihat pemadangan hamparan batuan granit.

Pulau Lengkuas merupakan pulau yang terbilang kecil, sehingga kamu bisa mengelilingi pulau ini dengan waktu sekitar 20 menit. Kamu juga jangan sampai melewatkan pemandangan bawah laut Pulau Lengkuas yang dapat dinikmati dengan cara snorkeling dan diving.

Selain karena spot-spot diving yang bagus, di pulau ini terdapat juga situs arkelogi yaitu bangkai kapal di bawah laut.

4. Pulau Pasir

Sebenarnya Pulau Pasir bukanlah sebuah pulau. Lho, terus apa? Destinasi wisata yang satu ini adalah sebuah gosong yaitu tumpukan daratan yang hanya terdiri atas pasir. Namun, yang menarik adalah tumpukan pasir yang membentuk pulau ini hanya akan muncul pada saat air surut. Jadi, ketika air laut pasang, hampir seluruh daratan wilayah ini akan tenggelam di bawah laut.

Di Pulau Pasir, Kamu bisa menemukan bintang laut besar, lho.

Pemandangan di sekitar Pulau Pasir pun sangat bagus, karena lokasinya yang terletak di antara beberapa pulau yang berdekatan seperti Pulau Kepayang, Pulau Babi, Pulau Tukong Kelayang dan Batu Berlayar.

5. Museum Kata Andrea Hirata

Didirikan sejak tahun 2010, Museum Kata merupakan museum sastra pertama di Indonesia. Museum ini berlokasi di Jl Laskar Pelangi 10 Gantong, Belitong Island, Indonesia 33462. Di sini, Kamu bisa melihat lebih dari 200 literatur dari berbagai genre, seperti literatur musik, literatur film, literatur anak, literatur seni, hingga literatur arsitektur.

Untuk Kamu ketahui, Museum Kata merupakan pemenuhan janji dari Andrea Hirata yang akan mengalokasikan royaltinya untuk membuat sesuatu berbau pendidikan. Bagi kamu yang ingin berkunjung, museum ini dibuka dari pukul 09.30 -17.00 WIB dan tidak dipungut biaya alias gratis.

6. Museum Timah Indonesia

Museum ini berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 8, Kelurahan Taman Sari, Kota Pangkalpinang 33126. Museum ini memiliki nilai sejarah yang tinggi bagi kemerdekaan Republik Indonesia karena dulunya museum ini dijadikan sebagai tempat pra perundingan Roem Royen. Selain itu, museum ini menyimpan catatan perjalanan panjang sejarah pertimahan di Bangka Belitung dan dunia.

7. Pesanggrahan Menumbing

Pesanggrahan Menumbing dulunya digunakan sebagai lokasi pengasingan Bung Karno dan Bung Hatta. Bangunan ini berada di puncak Gunung Menumbing dengan ketinggian 445 meter di atas permukaan laut. Museum ini banyak memperlihatkan benda-benda bersejarah, termasuk surat cinta Bung Karno untuk istrinya, Fatmawati.

Kepulauan Bangka Belitung ternyata sangat menarik, bukan? Provinsi ini bisa banget nih dijadikan sebagai tujuan wisata bagi kamu yang ingin rehat sejenak dari penatnya pekerjaan. Itulah 7 tempat wisata di Kepulauan Bangka Belitung yang bisa kamu datangi.