Fakta Rimar Callista Pemenang Indonesian Idol 2021

Fakta Rimar Callista Pemenang Indonesian Idol 2021

Fakta Rimar Callista Pemenang Indonesian Idol 2021Indonesia (NKRI), adalah negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis khatulistiwa dan berada di antara daratan benua Asia dan Australia, serta antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia.

Sosok Rimar Callista menyita perhatian publik setelah menjadi pemenang dalam ajang Indonesian Idol Special Season pada Senin (26/4/2021). Sepak terjangnya di dunia tarik suara bukan tanpa terjal. Rupanya, dara berusia 24 tahun ini sudah mengikuti berbagai audisi tarik suara sebelum menjadi juara.

Jiwa pejuang dalam diri Rimar seolah tak pernah menyerah dengan keadaan. Berulang kali gagal audisi, eliminasi hingga ditolak membuat Rimar tumbuh menjadi sosok penyanyi yang matang. Kini akhirnya kesempatan untuk tampil dan juara di panggung Indonesian Idol seolah titik balik semua usahanya.

Rimar, perempuan yang lahir pada 18 Januari 1997 ini berhasil mengalahkan 37.000 perserta Indonesian Idol dari tahap pertama hingga menang di babak final. Berkompetisi dengan rekan sejawatnya di kontes bernyanyi pun membuat Rimar tumbuh tak hanya sebagai penyanyi hebat, tetapi juga pribadi yang bisa menginspirasi anak-anak remaja.

Berikut Daftar Live22 rangkum informasi selengkapnya.

1. Senang bernyanyi dan membuat cover berbagai lagu di YouTube
1. Senang bernyanyi membuat cover berbagai lagu YouTube

Sepak terjang Rimar di dunia tarik suara tidak dibangun dalam semalam. Mengikuti ajang The Voice Indonesia hingga Indonesian Idol Special Season, ia sudah rajin menunjukkan bakatnya karena membuat cover dari berbagai lagu di channel YouTube pribadinya.

2. Menyanyi adalah bagian hidup Rimar yang tak bisa dipisahkan
2. Menyanyi adalah bagian hidup Rimar tak bisa dipisahkan

Bernyanyi seolah menjadi bagian hidup yang tak bisa dipisahkan dari perempuan yang memiliki Papa seorang pilot ini. Sebab, di dunia inilah ia menemukan sosok Rimar yang tak hanya bisa membanggakan dirinya tapi juga seluruh keluarganya.

Dikutip dari berbagai sumber, Rimar menjadikan bernyanyi adalah rutinitas yang menyenangkan di hidupnya hingga saat ini.

3. Mewakili Indonesia dalam kompetisi bernyanyi se-Asia Tenggara
3. Mewakili Indonesia dalam kompetisi bernyanyi se-Asia Tenggara

Ketika namanya belum sepamor sekarang, Rimar muda di tahun 2015 sudah bisa membanggakan Indonesia.

Lewat berbagai dukungan dari keluarga mengenai bakatnya, Rimar bisa mewakili Indonesia sebagai salah satu finalis di ASEAN ‘Be Our Rock & Pop Soul’ Music Competition di Vietnam. Saat itu, umur Rimar┬ámasih 18 tahun.

4. Membanggakan, Rimar diundang Dimash Kudaibergen untuk duet bareng
4. Membanggakan, Rimar diundang Dimash Kudaibergen duet bareng

Prestasi yang membanggakan selanjutnya adalah diajak berduet dengan Dimash Kudaibergen. Ia adalah sosok muda yang juga menginspirasi di dunia. Dimash sendiri merupakan seorang penyanyi, pencipta lagu, dan musisi yang berasal dari Kazakhstan.

Rimar bertandang ke St. Petersburg, Rusi tahun 2019. Ia diundang secara langsung oleh musisi muda itu untuk hadir di konser tunggalnya sekaligus menjadi teman duetnya di panggung. Penampilannya dengan Dimash ditonton sekitar 13 ribu orang.

5. Sering ikut kompetisi bernyanyi tapi kalah sebelum final
5. Sering ikut kompetisi bernyanyi tapi kalah sebelum final

Sebelum bertarung di ajang Indonesian Idol Special Season, Rimar menjadi kontestan The Voice Indonesia pada musim kedua pada tahun 2016 lalu. Sayang, kemampuan vokal Rimar saat itu belum sematang saat ini.

Ia tak bisa mencapai babak final dan tersisih di tengah perjalanan. Rimar bertahan hingga masuk Babak Knock Out dari tim Kaka. Namun, ia justru gagal lolos ke babak Live Show.

6. Membawa pulang golden ticket di Indonesian Idol
6. Membawa pulang golden ticket Indonesian Idol

Lolos ajang Indonesian Idol dan menjadi juara pertama mungkin tak pernah terbersit di benak Rimar pada awalnya. Kegagalan Rimar di The Voice Indonesia tak mematahkan hatinya untuk terus menampilkan yang terbaik kepada juri dan pemirsa.

Di Indonesian Idol, Rimar menunjukkan kemampuan vokal yang mengagumkan sejak awal. Saat babak audisi, ia berhasil membawa pulang golden ticket. Salah satu hadiah prestise dalam ajang pencarian bakat ini. Tak tanggung-tanggung, Rimar pun berhasil melangkah ke babak Showcase Final.

Setelah mengikuti berbagai ajang kompetisi, perjalanan Rimar sebagai penyanyi besar di Indonesia seolah mulai dari ini.

7. Rimar Callista sudah mencuri perhatian juri dari awal-awal penampilannya
7. Rimar Callista sudah mencuri perhatian juri dari awal-awal penampilannya

Seolah menjadi favorit pemirsa dari awal, langkah Rimar mengejar mimpinya sempat akan terhenti di babak Showcase di Indonesian Idol. Namun, Judika memberikan kesempatan dengan menyelamatkannya dengan wold card.

Sepanjang babak audisi hingga eliminasi 1-3, Rimar berhasil membuktikan kalau ia tak akan mengecewakan para juri. Lewat lagu All By My Self milik Celine Dion, penampilan Rimar di Indonesian Idol mulai diperhitungkan.

Sosok Rimar pun makin populer. Lagu milik Celince Dion itu disulap dan dibawakan oleh suara Rimar yang khas. Para juri menyebut ia berhasil memberi warna berbeda pada lagu All By My Self.

8. Giat berlatih, Rimar disebut punya kualitas suara internasional
8. Giat berlatih, Rimar disebut pu kualitas suara internasional

Dari waktu ke waktu, menyaksikkan penampilan Rimar di babak Eliminasi 3 juga tak kalah memukau. Ia membawakan lagu milik Kodaline berjudul All I Want dengan tenang dan percaya diri.

Penampilan Rimar saat Spektakuler Show 7, Rimar sukses menutup kompetisi Indonesian Idol 2021 Top 7 dengan mendapat lima standing ovation dari juri. Saat itu penampilannya disandingkan layaknya diva internasional.

Maia Estianty pun sampai terpukau kepada Rimar kala Spektakuler Show 7.

9. Perjuangan panjang Rimar membuahkan hasil dengan juara di Indonesian Idol
9. Perjuangan panjang Rimar membuahkan hasil juara Indonesian Idol

Bersama Mark Natama, Rimar bersaing memperbutkan gelar pemenang di Indonesian Idol Special Season ini. Menuju persiapan malam besar itu, Rimar makin giat untuk berlatih vokal dan fisiknya.

Ia pun mendalami lebih baik isi dari lirik lagu yang akan dibawakannya. Rimar ingin penonton dan juri bisa mendengarkan makna dan interpretasi lagu yang akan ia nyanyikan.

Usaha panjang untuk meraih mimpinya menjadi dari ia kecil terbayar. Gelar juara Indonesian Idol pun ia bawa pulang. Sebelumnya, Rimar sendiri tak pernah menyangka ia akan sampai di tahap ini.

Dalam konferensi pers setelah kemenangan Indonesian Idol Special Season, Rimar Callista berujar. ‘ini adalah suatu impian yang nyata‘ bagi dirinya. Setelah menjadi juara, langkah selanjutnya yang ingin ditapaki Rimar adalah menciptakan lagu yang bisa disukai dan dimaknai dalam oleh masyarakat.

Peran dan dukungan positif keluarga untuk kesuksesan anak di usia muda
Peran dukungan positif keluarga kesuksesan anak usia muda

Kesuksesan Rimar Callista di usia muda tentu tak lepas dari dukungan kedua orantua dan keluarga besarnya. Lingkungan yang mendukung, peran orangtua dalam mendidik anak menjadi salah satu penentu kesuksesan anak meski masih muda.

Kesuksesan anak ini tidak berarti ia menjadi populer, kaya atau pintar. Namun, anak tampil percaya diri serta memperjuangkan hal yang penting dalam hidupnya. Terutama berkaitan dengan impiannya dan hal yang membuat anak tersebut bahagia.

Dalam penelitian yang diterbitkan tahun 2002 berjudul A New Wave of Evidence: The Impact of School, Family, and Community Connections on Student Achievement oleh Anne T. Henderson dan Karen L. Mapp ada hubungan yang positif dan meyakinkan antara keterlibatan keluarga dan kesuksesan anak remaja di masa depan.

Terlepas dari tingkat ras/etnis, kelas, atau tingkat pendidikan orang tua karena ketika keluarga terlibat dalam pembelajaran dan hobi anak-anak mereka maka akan lebih berprestasi di berbagai bidang yang gelutinya.

Penelitian tersebut juga menunjukkan jenis keterlibatan tertentu sebagai hal yang sangat bermanfaat bagi kesuksesan anak di masa depan, yakni:

  • Orangtua yang terlibat langsung dalam kegiatan anak membuatnya lebih berprestasi.
  • Mendukung langsung anak-anak untuk berusaha mengejar impian mereka.
  • Tak hanya orangtua, keluarga besat juga berkontribusi pada kesuksesan anak remaja di masa depan. Peran keluarga besar ini karena mengajarkan anak pentingnya mengejar mimpi, hingga menjadi gawang terdepan untuk mendukung perkembangan hobi anak.
  • Pengaruh lingkungan dan teman bermain juga berpengaruh pada kesuksesan anak kelak.

Temuan yang disampaikan oleh Henderson dan Mapp ini memberikan kerangka kerja untuk memperkuat program keterlibatan orang tua/keluarga. Sebab, kesuksesan seoarang anak tak bisa dilihat dari satu faktor saja.

Seluruh aspek dalam kehidupannya turut serta membentuk karakter anak untuk mengejar impiannya.