China Berlakukan Lockdown di 3 Kota Akibat Lonjakan Covid19

China Berlakukan Lockdown di 3 Kota Akibat Lonjakan Covid19

China Berlakukan Lockdown di 3 Kota Akibat Lonjakan Covid19 – Kasus infeksi Covid-19 di China kembali melonjak. Akibat lonjakan kasus Covid-19 tersebut, China telah me-lockdown tiga kota . Ketiga kota yang terpaksa di-lockdown yakni Kota Lanzhou, Kota Ejin di wilayah Mongolia dalam, serta kota Heihe di Provinsi Heilongjiang.

Lanzhou menjadi kota pertama yang di-lockdown. Langkah ini dilakukan untuk meredam lonjakan kasus Covid-19 domestik pada kota yang berpenduduk 4 juta orang ini. China memutuskan untuk melakukan  lockdown di tiga kota.

Karena kebijakan tersebut, sekitar 6 juta orang harus melakukan aktivitasnya di rumah lantaran lonjakan kasus COVID-19. Sebelumnya, China juga pernah melakukan lockdown saat COVID-19 pertama kali muncul pada 2019. Hal itu dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona lebih masif lagi.

1. Pemerintah lockdown Lanzhou, Ejin dan Heihe
Atasi Lonjakan Kasus COVID-19, China Lockdown Tiga Kota

Dilansir dari Channel News Asia, lonjakan kasus COVID-19 di China pekan ini mendorong pemerintah untuk me-lockdown kota Lanzhou yang berpopulasi lebih dari empat juta orang, dan Ejin di wilayah Mongolia Dalam.

Setelah dikonfirmasi adanya satu kasus baru, otoritas di Heihe provinsi Heilongjiang mengikuti lockdown pada Kamis, dengan memerintahkan warga untuk tetap di rumah dan dilarang meninggalkan kota kecuali dalam keadaan darurat.

2. Pemerintah lakukan kontak erat di kota yang berbatasan dengan Rusia di utara
Atasi Lonjakan Kasus COVID-19, China Lockdown Tiga Kota

Selain itu, pejabat di kota, yang berbatasan dengan Rusia di utara juga telah menguji 1,6 juta penduduk. Mereka telah melakukan kontak erat dari orang yang terinfeksi virus corona.

Tak hanya itu, layanan bus dan taksi juga ditangguhkan. Kendaraan-kendaraan tersebut tidak diizinkan untuk meninggalkan kota.

3. China laporkan 23 kasus domestik baru pada Kamis 28 Oktober 2021
Atasi Lonjakan Kasus COVID-19, China Lockdown Tiga Kota

China melaporkan 23 kasus domestik baru. Jumlah tersebut tidak sampai setengah dari jumlah hari sebelumnya. Lanzhou, yang sudah di-lockdown  sejak Selasa, mencatat hanya satu kasus baru, sementara Ejin yang dihuni sekitar 35.000 orang melaporkan tambahan tujuh kasus baru.

Tak hanya itu, puluhan ribu orang juga masih berada di bawah penguncian kompleks perumahan tertentu di beberapa kota, termasuk Beijing. Ibu kota China, yang akan menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Dingin pada Februari 2022, juga membatasi akses ke lokasi wisata dan mendesak penduduk untuk tidak pergi kecuali mendesak.

Di sisi lain, dikutip dari AFP, otoritas di Heihe langsung melakukan lockdown  setelah mengonfirmasi adanya satu kasus baru Covid-19. Warga diminta untuk tetap di rumah dan dilarang meninggalkan kota kecuali dalam keadaan darurat.

Pejabat di Kota Heihe juga mulai melakukan tes pada 1,6 juta penduduk dan tracing dari orang yang terinfeksi, kata pernyataan itu. Selain itu, media pemerintah melaporkan bahwa layanan bus dan taksi ditangguhkan, kemudian kendaraan tidak diizinkan meninggalkan kota yang berbatasan dengan Rusia tersebut.