Biden Mengklarifikasi Makna Dari Ungkapan Taiwan Independen

Biden Mengklarifikasi Makna Dari Ungkapan Taiwan Independen

Biden Mengklarifikasi Makna Dari Ungkapan Taiwan Independen – Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, mengklarifikasi pernyataannya terkait Taiwan yang ‘merdeka’ dan mengatakan posisi AS tak berubah soal kedaulatan China.

Namun, pernyataan Biden soal Taiwan ‘merdeka’ dinilai masih ambigu. Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden, mengklarifikasi ungkapan ‘Taiwan independen’ yang disampaikan pada pertemuan virtualnya dengan Presiden China Xi Jinping.

Makna ‘independen’ yang diutarakan Biden berarti Taiwan bisa membuat kebijakan sesuai kepentingan dalam negerinya tanpa intervensi negara lain, bukan independen yang berarti merdeka dan berdaulat.

1. AS tetap mengakui Beijing sebagai satu-satunya China yang berdaulat
Biden Klarifikasi Makna 'Taiwan Independen' yang Dikecam Xi Jinping

Pada kesempatan itu, Biden menegaskan bahwa komitmen Washington terhadap kedaulatan China tidak berubah. Biden mengaku tidak ada kemajuan tentang hubungan AS-Taiwan. Namun, dia juga menegaskan bahwa Gedung Putih tetap berpegang teguh terhadap undang-undang AS.

Regulasi yang dimaksud Biden adalah undang-undang Taiwan, yang mewajibkan AS membantu kepulauan tersebut untuk mempertahankan diri namun tidak mengakui kemerdekaannya.

“Kami tidak akan mengubah kebijakan kami,” ucap Presiden ke-46 AS itu.

2. Sudah tiga kali pemerintahan Biden menegaskan dukungan terhadap Taiwan
Biden Klarifikasi Makna 'Taiwan Independen' yang Dikecam Xi Jinping

Setidaknya sudah tiga kali pemerintahan Biden menegaskan dukungan AS terhadap Taiwan. Pada Oktober lalu, ketika ditanya apakah AS akan membela Taiwan jika China menyerang, dia berkata, “ya, kami memiliki komitmen (melindungi Taiwan).”

Pada Agustus, Gedung Putih turut menyampaikan bahwa kebijakan AS untuk Taipei tidak akan berubah. Sekali pun AS memberikan bantuan kepada Taiwan dalam membela diri, ia mempertahankan apa yang disebut Washington sebagai “ambiguitas strategis”, yaitu kebijakan yang mendukung Taiwan tapi tetap mengadopsi rezim one-China policy.

3. China peringatkan AS untuk tidak bermain api
Biden Klarifikasi Makna 'Taiwan Independen' yang Dikecam Xi Jinping

Sebelumnya, ketika dua pemimpin bertemu secara virtual, Xi mengingatkan Biden untuk ‘tidak bermain api’ dengan menyatakan dukungannya terhadap Taiwan. Xi kemudian mewanti-wanti, siapa pun yang bermain api pasti akan terbakar.

Di sisi lain, kedua pemimpin sepakat untuk saling menahan diri, supaya persaingan tidak berubah menjadi konflik. Xi juga menyebut, upaya mempertahankan perdamaian global adalah tanggung jawab AS-China sebagai kekuatan ekonomi dunia dan anggota Dewan Keamanan PBB.

Ini merupakan kali ketiga, Biden bertentangan dengan kebijakan AS. Sikap presiden Negeri Paman Sam itu memberi kesan dukungan untuk Taiwan.
Oktober lalu, Biden menunjukkan dukunganannya saat ditanya mengenai AS apakah akan datang ke Taiwan guna melawan China. “Iya, kami punya komitmen,” tegas Biden. Di bulan sebelumnya, Biden juga menyatakan hal serupa. Namun, tak lama kemudian, Gedung Putih mengklarifikasi bahwa AS tak berubah.