Berikut Lima Wisata Sawah Terasiring Terindah di Tiongkok

Berikut Lima Wisata Sawah Terasiring Terindah di Tiongkok

Berikut Lima Wisata Sawah Terasiring Terindah di Tiongkok – Terasering adalah penanaman dengan membuat teras-teras yang dilakukan untuk mengurangi panjang lereng dan menahan atau memperkecil aliran permukaan agar air dapat meresap ke dalam tanah. Terasiring sawah bukan sekadar wilayah yang digunakan sebagai tempat menanam padi.

Bentang sawah yang menempati area seluas 16.630 hektar di Selatan Yunnan, Tiongkok yang berada di kaki gunung Ailao hingga daerah aliran sungai Hong. Namun, tempat ini ternyata bisa menjadi destinasi wisata yang menarik. Tiongkok adalah salah satu negara yang menjadikan sawah terasiring sebagai wisatanya.

Terasiring sawah tertata begitu rapi yang membuatnya makin memukau. Selain itu, diantaranya juga mempunyai background berupa pegunungan yang melengkapinya. Berikut lima wisata sawah terasiring terindah di Tiongkok, jadi wisata unggulan!

1. Yunhe Rice Terraces
5 Wisata Sawah Terasiring di Tiongkok, Destinasi Unggulan!

Yunhe Rice Terraces adalah sawah terasiring yang berlokasi di Zhejiang, 5 kilometer dari kota Lishui, di wilayah Yunhe.

Yunhe menjadi tanah air dari penduduk etnis minoritas She, merupakan sebuah kelompok Cina timur yang memiliki sekitar 700.000 anggota.

Di sini, sawah tampak lebih hidup ketika berwarna hijau segar. Pemandangan sawah makin sempurna saat background gunung yang menawan melengkapinya.

2. Longji Terraces
5 Wisata Sawah Terasiring di Tiongkok, Destinasi Unggulan!

Longji Terraces berlokasi sekitar 80 kilometer di utara Guilin, tepatnya di wilayah Longsheng. Tempat ini biasanya disebut sebagai teras ‘Longji’ yang secara harfiah memiliki arti ‘tulang punggung naga’.

Di sekitar sawah menjadi tempat tinggal penduduk etnis Zhuang dan Yao. Mereka tinggal di rumah-rumah kayu.

Tak hanya kemegahan terasiring sawah yang akan didapatkan pengunjung, namun juga panorama pegunungan Karst yang menjadi latar belakang sawah. Menakjubkan!

3. Ziquejie Terraces
5 Wisata Sawah Terasiring di Tiongkok, Destinasi Unggulan!

Ziquejie Terraces adalah sawah terasiring yang berada di Hunan, 285 kilometer sebelah barat Changsha, di wilayah Xinhua, distrik Shuiche.

Lokasi sawah ini agak terpencil dan jarang dilalui daripada teras Longji dan Yuanyang yang lebih terkenal. Namun, meskipun demikian, sawah ini juga mempunyai pemandangan yang begitu memesona.

Hamparan sawah yang tertata rapi, tentu menjadi daya tariknya tersendiri. Apalagi dengan background pegunungan yang mendukungnya. Serasa di negeri dongeng!

4. Yuanyang Terraces
5 Wisata Sawah Terasiring di Tiongkok, Destinasi Unggulan!

Yuanyang Terraces merupakan sawah dengan pemandangan menawan yang berada di daerah Yuanyang.

Yuanyang mempunyai banyak sawah terasiring yang menarik untuk dikunjungi. Area sawah makin indah saat menerima cahaya matahari. Pada saat itu, sawah tampak bersinar dan mengeluarkan cahaya.

Apalagi pada saat matahari akan tenggelam, sawah akan memantulkan sinar matahari yang berwarna keemasan, tentu membuatnya semakin memukau.

5. Jiabang Rice Terraces
5 Wisata Sawah Terasiring di Tiongkok, Destinasi Unggulan!

Jiabang Rice Terraces merupakan terasiring sawah yang terletak di Guizhou, sekitar 80 kilometer dari kota kabupaten Congjiang. Di sekitar sawah, menjadi pemukiman bagi penduduk etnis Miao. Padi-padi di sini dibudidayakan oleh Miao.

Pengunjung dapat menikmati keindahannya yang seperti cermin dari April hingga Juni dan juga sawah dengan warna keemasan dari September hingga Oktober. Cuaca basah memberikan pemandangan misterius pada sawah dengan awan dan kabut hampir di setiap paginya.

Sawah terasiring dapat menjadi destinasi wisata yang menarik dan anti mainstream. Oleh karena itu, saat berkunjung ke Tiongkok, destinasi terasiring ini bisa kamu jadikan alternatif untuk berwisata, ya!