Berikut Lima Sajian Olahan Babi Terkenal di Asia Tenggara

Berikut Lima Sajian Olahan Babi Terkenal di Asia Tenggara

Berikut Lima Sajian Olahan Babi Terkenal di Asia Tenggara – Daging babiadalah daging yang diproduksi dari babi. Babi telah diternakkan dan dikonsumsi selama ribuan tahun oleh orang Eropa dan orang Asia. Babi dikenal memiliki kulit yang krispi serta daging yang empuk. Tak heran jika daging ini bisa diolah menjadi sajian lezat.

Babi merupakan hewan yang umum dimakan di Nusantara sebelum masuknya agama Islam dari Timur Tengah. Beberapa suku bangsa di Indonesia yang masih menjalankan tradisi aslinya selain suku Tionghoa-Indonesia masih mengonsumsi babi sebagai makanan keseharian, Dari seluruh penjuru dunia, rupanya terdapat sajian babi yang diolah sedemikian rupa hingga terkenal di lidah pecinta kuliner.

Sajian babi dari Asia Tenggara khususnya. Bagi kamu pecinta kuliner olahan babi, wajib coba makanan ini karena gak bakal bikin kecewa! Berikut ini sajian olahan babi terpopuler di Asia Tenggara, Dirangkum dari idn poker ios bahkan ada yang dari Indonesia, lho.

1. Lechon
5 Olahan Babi Terpopuler di Asia Tenggara, Ada Babi Guling Indonesia!

Berasal dari Filipina, lechon adalah hidangan berupa babi yang dipanggang dan diisi dengan serai, asam, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang. Biasanya, lechon disajikan saat perayaan Natal atau pesta pernikahan yang meriah.

Lechon juga termasuk makanan paling populer di Filipina. Gak heran jika banyak wisatawan yang menjajal lenchon saat berkunjung ke Filipina. Uniknya, babi akan disajikan utuh di atas piring dengan warna kulit yang cokelat kemerahan serta tekstur renyah.

2. Crispy Pata
5 Olahan Babi Terpopuler di Asia Tenggara, Ada Babi Guling Indonesia!

Masih datang dari Filipina, kali ini ada crispy pata. Sajian ini dibuat dari kaki babi utuh yang dimasak sampai empuk, dikeringkan, dan digoreng renyah. Saat proses masak, kaki babi dicampur dengan daun salam dan merica, rasanya jadi gurih!

Dalam penyajiannya, kuliner ini ditemani dengan acar pepaya serta saus asam yang dibuat dari cuka, kecap, serta aneka rempah.

3. Bún cha
5 Olahan Babi Terpopuler di Asia Tenggara, Ada Babi Guling Indonesia!

Berasal dari Vietnam, ada bún cha yang merupakan hindangan daging babi serta mie. Sajian ini sebenarnya adalah bakso yang dibuat dari daging babi panggang, lalu disajikan dengan kaldu dingin, bihun, serta aneka sayuran segar.

Meski di kota lain juga ditemukan bún cha, namun yang berasal dari Hanoi adalah paling mantap! Apalagi tahun 2016, makanan ini ditampilkan dalam acara Parts Unkown. Sang pembawa acara, Anthony Bourdain, menikmati bún cha bersama Barack Obama, mantan presiden Amerika Serikat, tentu saja makin populer.

4. Khao kha mu
5 Olahan Babi Terpopuler di Asia Tenggara, Ada Babi Guling Indonesia!

Thailand juga punya hidangan babi yang enak dan populer, lho, khao kha mu namanya. Khao kha mu adalah kaki babi yang dibakar sesaat kemudian direbus dengan kaldu rempah, dan diberi bumbu seperti ketumbar, kecap, gula merah, kayu manis, adas mansi, dan lain sebagainya.

Rempah-rempah tadi meresap ke dalam daging sampai menghasilkan hidangan lezat dan beraroma. Kemudian, bahan lain seperti telur rebus dan sawi juga ditambahkan ke dalam hidangan sebagai pelengkap.

5. Babi Guling
5 Olahan Babi Terpopuler di Asia Tenggara, Ada Babi Guling Indonesia!

Salah satu hidangan yang terkenal dan disukai masyarakat Bali adalah olahan daging babi, khususnya babi guling. Sebelum dipanggang, bagian kulit akan diolesi kunyit. Lalu untuk bagian dalam babi diisi dengan campuran bumbu basa gede yang terdiri dari kunyit, ketumbar, serai, bawang merah, lengkuas, cabai, terasi, dan bawang putih.

Wah, udah ngiler belum, nih? Dari daging babi guling ini, kulit babi yang kriuk adalah paling favorit! Kamu patut mencobanya!